Gunung Tertinggi di Indonesia, Menjadi Impian Banyak Pendaki Untuk di Daki

oleh

Berbicara gunung tertinggi di Indonesia erat kaitanya dengan seven summit Indonesia yang mana setiap pulau memiliki atapnya masing-masing misalnya di Sumatera ada Gunung Kerinci yang megah yang paling tinggi dan di Jawa ada gunung semeru yang memiliki ketinggian yang luar biasa dengan berbagai daya tarik disekelilingnya.

Gunung di Indonesia sendiri memang cukup banyak ada yang gunung berapi ada pulau gunung yang sudah mati atau bahkan ada yang lagi istirahat sewaktu-waktu bakal bisa aktif, dari sekian banyak gunung yang tersebar dari sabang sampai merauke mana saja sih gunung tertinggi di Indonesia? yuk kita ulas sedikit perihal gunung yang memiliki ketinggian yang luar biasa di Indonesia. Yang pertama kita mulai dengan yang paling tinggi yaitu:

  • Gunung Jayawijaya (4.884 Mdpl)

Sudah pada tahu kan gunung satu ini? gunung jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia serta merupakan seven summit dunia dengan ketinggian 4.884 Mdpl.

  • Gunung Yamin (4.595 Mdpl
Image: santaiarea.com

Gunung satu ini masih dalam wilayah Papua yang mana letaknya berbatasan langsung dengan Papua Nugini, gunung yamin memiliki ketinggian 4.595 Mdpl

  • Gunung Kerinci (3.805 Mdpl)
Image:sandysarif.blogspot.com

Gunung kerinci adalah gunung tertinggi di pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 Mdpl serta masuk seven summit Indonesia

  • Gunung Rinjani (3.726 Mdpl)
Foto:didik3999

Gunung rinjani adalah satu satu gunung paling tenar di Indonesia bahkan gunung ini banyak orang bule nya, keindahan gunung ini menjadi daya tarik para pendaki lokal maupun mancanegara untuk mendaki puncak anjani, selain puncak ada Segara anak yang menjadi magnet bagi para pendaki.

  • Gunung Semeru (3.676 Mdpl)
Suasana Camping di Ranu Kumbolo Gunung Semeru (Foto@qibaqib)

Gunung semeru berlokasi di Jawa timur dimana untuk mendaki gunung ini bisa via Malang atau Probolinggo nanti ketemu di Ranu Pane, yang menjadi icon gunung ini adalah adanya ranu kumbolo dan dibulan tertentu ada bunga verbana yang bermekaran menambah indahnya jalur oro-oro ombo gunung semeru.

  • Gunung Sanggar (3.564 Mdpl)
Via :masterplesir.com

Berada di komplek pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani, Gunung Sanggar memiliki ketinggian 3.492 mdpl. Meski merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun Gunung Sanggar ini tidaklah seterkenal Rinjani. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena Gunung Sanggar ini amat sangat layak didaki buat kamu yang rindu dengan atap-atap langit tertinggi.

  • Gunung Latimojong (3.478 Mdpl)
Image:otonomi.co.id

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi dengan ketinggian 3.478 Mdpl

  • Gunung Leuser (3.445 Mdpl)
Via: @infogunungindonesia

Gunung Leuser merupakan gunung yang memiliki medan trekking paling panjang di Indonesia hampir 30 hari kamu baru bisa menggapai puncak Leuser itupun kamu harus dengan porter.

  • Gunung Slamet (3.428 Mdpl)
via:@eugboni

Yang suka dengan trek yang panjang plus jarang sumber air bisa mencoba gunung slamer via Guci .

  • Gunung Sumbing (3.371 Mdpl)

 

via @boby Yogama

Gunung sumbing berada di Jawa Tengah tepatnya berada di Magelang, Temanggung, Wonosobo biasanya orang luar jawa gunung ini menjadi target dengan sebutan tripel S (Slamet, Sindoro,Sumbing)

  • Gunung Raung (3.344 Mdpl)
Foto: Baskara NoVasa

Gunung raung adalah salah satu gunung extrem, medan untuk menggapai punca Sejati butuh nyali besar, gunung ini berada di 3 wilayah yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember namun kebanyakan pendaki jika ingin melakukan pendakian melalui Banyuwangi.

  • Gunung Arjuno (3.339 Mdpl)
via:@gunung_id

Gunung Arjuno merupakan salah satu gunung yang tidak begitu banyak pendaki, mungkin kalah tenar sama Semeru, Raung dan Argopuro.

  • Gunung Lawu (3.265 Mdpl)
Image:tripjalanjalan.com

Gunung lawu merupakan gunung yang berada di perbatasan Jatim dan Jateng yang mana untuk melakukan pendakian biasanya pendaki melalui jalur Cemoro Sewu, Cemoro Kandang dan Cetho. Gunung lawu juga memiliki misteri yang cukup tenar di kalangan pendaki dan yang membuat unik di puncak lawu ada sebuah warung , warung tersebut merupakan warung milik seorang wanita bernama Mbok yem.

  • Gunung Dempo (3.173 Mdpl)
Image:info-indo.blogspot.com

Gunung dempo menjadi salah satu tujuan bagi para pendaki luar Sumatera setelah gunung kerinci.

  • Gunung Wilirang (3.156 Mdpl)
Via:@gunung_indonesia

Gunung Welirang dengan ketinggian 3.156 Mdpl masuk daftar gunung tertinggi di Indonesia, gunung berlokasi di Jawa Timur masuk kawasan Malang, Pasuruan dan Mojokerto satu lokasi dengan Gunung Arjuno

  • Gunung Merbabu (3.142 Mdpl)

Gunung merbabu salah satu menu wajib saat mendaki gunung area jawa tengah biasanya ini paketan sama gunung merapi karena jalur pendaki kedua gunung ini sama berada di daerah Selo.

  • Gunung Sindoro (3.136 Mdpl)
Via:@gunung_id

Gunung sindoro juga menjadi incaran bagi para pendaki loh, jalur traknya juga tidak kalah sama gunung lain yang ada di Jawa Tengah

  • Gunung Argopuro (3.088 Mdpl)
Danau Taman Hidup Gunung Argopuro (Foto:@vika_srsw)

Gunung argopuro terkenal dengan jalur terpanjang se jawa, gunung ini memiliki danau taman hidup yang melegenda.

  • Gunung Ciremai (3.084)
Foto:rivai21

Gunung satu ini tenar dengan cerita kalo kencing harus di Botol namun belakangan cerita ini pun hilang dengan sendirinya, jalur yang paling enak adalah via linggar. Gunung Ciremai masuk dalam daftar gunung tertinggi kawasan Jabar.

  • Gunung Kepolo (3.035 Mdpl)
Vi:@kridaadi

Gunung Kepolo adalah salah satu gunung yang masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kalo secara kasat mata jika ke semeru pasti tidak melihat gunung ini namun kalo sudah mendaki semeru apalagi summit kamu akan melhat gunung kepolo dengan jelas membahana berada di belakang kamu.

  • Gunung Agung (3.031 Mdpl)
Image: https://sundaribalitour.blogspot.co.id

Gunung Agung berada di Bali dan meruapakn gunung yang dikramatkan oleh warga Bali khususnya kamu yang mendaki gunung ini harus mendapatkan izin dari pihak terkait dan membawa porter.

  • Gunung Sojol (3.030 Mdpl)
Foto:Haris Mulyadi

Gunung Sojol berada di Sulawesi lebih tepatnya berada di daerah Donggala dan Parigi Moutong.

  • Gunung Bandahara (3.030 Mdpl)
Via:PendakiIndoesia

Gunung Bandahara dengan ketinggian 3.030 Mdpl berlokasi di Gayo Lues, Aceh

  • Gunung Binaiya (3.027 Mdpl)
Image:KMPUNJ

Gunung Binaiaya merupakan gunung tertinggi di Maluku, selain binaiya kamu juga bisa mendaki gunung gamalama

  • Gunung Pangrango (3.019 Mdpl)

Untuk gunung satu ini pasti sudah pada tahu kan iaa, satu lokasi dengan tetangganya gunung gede, gunung pangrango kurang minat pendaki kalah sama gunung gede namun bisa kamu pilih swaktu gede rame bisa mlipir saja ke pangrango karena cuma beda jalur doang setelah kandang badak.

Demikian deretan gunung tertinggi di Indonesia yang dapat kita informasikan, semoga dengan daftar gunung yang menjadi atapnya Indonesia ini selalu terjaga kelestariannya.

Please rate this