Informasi Pendakian Gunung Batusibela Maluku Utara Lengkap Disini

oleh
Image: @jalanwisata.id

Gunung Batusibela, Maluku – Mendaki saat ini menjadi salah satu trend di kalangan remaja. Selain menjadi hobi yang menyenangkan, mendaki juga bisa memberikan rasa bahagia karena melihat pemandangan yang indah di atas gunung dan juga memacu adrenalin.

Baca Juga: Gunung Binaiya, Salah Satu Seven Summits Of Indonesia

Anda bisa memilih berbagai gunung di Indonesia untuk objek mendaki Anda. Mulai dari gunung yang memiliki ketinggian paling rendah hingga yang paling tinggi. Anda bisa memilih berbagai gunung di daerah Anda sebagai pilihan sebelum akhirnya menuju gunung di daerah lain sebagai objek untuk mendaki.

Loading...

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendakian Gunung Gamalama Ternate

Bagi Anda yang sudah terbiasa untuk mendaki dan mulai merasa bosan dengan gunung yang selalu Anda daki di sekitar, Anda bisa memilih gunung lain untuk Anda daki. Gunung yang terletak di daerah provinsi Maluku Utara ini menjadi salah satu gunung tidak berapi yang bisa Anda jadikan objek mendaki. Gunung Batusibela​ namanya. Gunung ini memiliki​ ketinggian hingga 2.111 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Batusibela​ tepatnya​ berada di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Gunung yang mungkin tidak terlalu tinggi sebagai Medan bagi pendaki, namun akan memberikan rasa senang karena kesejukannya dan pemandangan yang indah.

Namun sebelum Anda mulai mendaki gunung yang satu ini, ada baiknya Anda mengetahui berbagai hal yang tidak bisa Anda lakukan sembarangan. Ada mitos yang berkembang mengenai perjalanan pendakian di Gunung Batusibela. Bagaimanapun itu, Anda harus menghargai mitos yang telah berkembang agar Anda lebih berhati-hati dan menjaga diri. Ini dia berbagai informasi yang harus Anda ketahui mengenai gunung Batusibela​.​

Mengucapkan kata lelah 

Ada anggapan bahwa seseorang yang mendaki di Gunung Batusibela tidak boleh mengucapkan kata lelah. Anda pastinya akan merasa lelah ketika mendaki gunung, semua orang pun juga merasakan hal yang sama. Namun ketika Anda berada di gunung ini, jangan sesekali mengucapkan kata lelah, karena hal tersebut akan membuat perjalanan Anda menuju puncak akan semakin lama. Layaknya sebuah doa yang membuatnya tak kunjung sampai. Bahkan kata-kata tersebut masih menjadi kepercayaan bagi masyarakat hingga saat ini.

Terkenal memiliki aura mistis 

Gunung Batusibela maluku
Image: @jalanwisata.id

Gunung yang satu ini terkenal dengan aura mistisnya. Banyak pendaki yang sering merasa merinding ketika mendaki gunung ini. Bahkan pendaki merasa bulu kuduknya berdiri karena aura mistis yang kental terasa saat pendakian. Banyak pendaki yang sering mengeluhkan mendengar suara yang tak tahu dari mana datangnya. Mungkin hal tersebut biasa saja bagi Anda yang memiliki nyali besar, namun ini bukan menjadi hal biasa bagi mereka yang memiliki nyali kecil. Jika Anda seorang pendaki, tentu saja Anda sudah mempersiapkan diri untuk berbagai kemungkinan yang ada, termasuk berbagai hal mistis yang akan terjadi.

Sering membuat tersesat 

Anda mungkin akan berpikir akan cepat sampai di puncak karena ketinggian gunung tidak terlalu tinggi. Anda pasti juga akan berpikir bahwa sangat kecil kemungkinan seseorang untuk tersesat karena gunung terbilang tidak terlalu tinggi. Namun tanpa disadari ketika Anda mendaki di gunung Batusibela​, Anda bisa saja tersesat, apalagi jika Anda seorang​ pemula. Banyak dari pendaki yang kehilangan arah ketika menuju puncak. Mereka berkata bahwa rute yang dibuat terlalu sulit. Namun ada banyak orang yang percaya bahwa orang-orang yang tersesat tersebut berkaitan dengan hal-hal mistis yang ada di gunung, atau bahkan diganggu oleh penunggu gunung. Ketika pendaki mulai lelah, penunggu gunung akan lebih mudah mengganggu pendaki.

Kehilangan nyawa 

Ada anggapan bahwa pendaki dapat kehilangan nyawa ketika sedang mendaki. Meski tidak sering terjadi namun ada pendaki yang meninggal ketika mendaki gunung Batusibela. Pendaki bisa saja kelelahan ketika melakukan perjalanan namun tetap diteruskan dan akhirnya merenggut nyawa. Namun ada pula yang beranggapan bahwa pendaki yang mendaki sendirian akan bertemu dengan orang lain dan ditemani kemudian orang tersebut menghilang. Ternyata orang tersebut adalah makhluk halus. Seseorang akan dibawa menuju jurang, dan akan tergelincir ketika orang yang diduga sebagai makhluk halus itu pergi.

Jangan sembarangan kencing atau yang lainnya 

Sepertinya sudah menjadi kebiasaan warga Indonesia yang sering meludah atau buang air sembarangan. Namun Anda juga harus tahu mengenai etika ketika berkunjung ke tempat orang. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi atau mengenai hal-hal mistis lainnya. Ketika berkunjung ke gunung yang satu ini, Anda juga harus menjaga adab dan etika sebagai tamu. Anda tidak bisa kencing atau meludah secara sembarangan.

Ketika mendaki Anda akan lebih sulit menemukan kamar mandi, tidak seperti piknik yang lain. Maka dari itu Anda harus bisa menahan kencing atau yang lainnya. Anda harus menunggu untuk tiba di pos selanjutnya agar bisa buang air atau meludah. Jangan sesekali buang air sembarangan atau meludah sembarangan ketika melakukan pendakian di gunung Batusibela karena penjaganya akan merasa tidak dihormati. Jika Anda melakukannya ketika​ sedang melakukan pendakian, mungkin Anda akan merasa kesakitan di bagian vital Anda jika kencing sembarangan dan sulit untuk berbicara ketika meludah sembarangan.

Maka dari itu Anda harus berhati-hati ketika melakukan perjalanan atau pendakian di daerah lain karena Anda pasti belum mengenali secara keseluruhan mengenai tempat tersebut. Jangan sampai momen menyenangkan Anda berubah menjadi momen menegangkan karena tidak bisa menjaga perilaku. Informasi tersebut bukan untuk menakuti Anda, namun sebagai informasi bagi Anda yang ingin melakukan pendakian di gunung Batusibela​ agar​ terus menjaga perilaku. Selamat menikmati perjalanan bagi Anda yang ingin mencoba mendaki gunung Batusibela​.​

Please rate this