Gunung Binaiya, Salah Satu Seven Summits Of Indonesia

oleh
Image:KMPUNJ

Gunung.id, Ambon – Gunung satu ini adalah salah satu seven summitnya Indonesia yang masuk pulau Ambon dengan ketinggian 3.055Mdpl, bagi kamu yang ingin melakukan pendakian ke gunung binaiya harus mengeluarkan uang lebih mengingat biaya pendakian gunung binaiya terbilang mahal dikarenakan lokasinya Bro.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Transportasi menuju gunung binaiya dari Jakarta misalnya kamu harus naik pesawat dengan biaya kurang lebih 1200k sekali landas untuk sampai ke Bandara Pattimura Kota Ambon, perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju Pelabuhan Tuhelu yang berada di sisi sebelah timur Kota Ambon. Untuk bisa sampai ke sana kamu bisa menggunakan angkutan umum atau ojek setempat, untuk biayanya sendiri kamu bisa melakukan negosiasi agar penawaran tarif dapat diminimalisir. Setelah sampai sampai di Pelabuhan Tuhelu, kamu bisa menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai, Pulau Seram. Tarif kapal cepat ekonomi sekitar Rp 125.000.

Kamu akan menuju Pelabuhan Amahai, Kota Mosahi yang merupakan pintu masuk Taman Nasional Manusela Gunung Binaiya. Perjalanan masih harus dilanjutkan menuju gardu pendaftaran Simaksi, kamu bisa jalan kaki saja karena jaraknya yang tidak terlalu jauh. Di sana para pendaki harus melakukan pendaftaran di Simaksi. Untuk tiket pendakian Gunung Binaiya sebesar Rp 25.000/pendaki.

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendakian Gunung Gamalama Ternate

Estimasi waktu pendakian gunung binaiya kurang lebih memakan waktu 17 – 20 jam tergantung visik dan mental pendaki, di gunung ini sebenarnya puncak tertinggi di ketinggian 3.055 Mdpl namun kamu tidak dapat summit dipuncak ini karena sejak tahun 1993 puncak ini menjadi puncak konservasi sehingga para pendaki hanya bisa summit sampai puncak kedua yaitu di ketinggian 3.027 Mdlp.

Berikut estimasi waktu pendakian gunung binaiya dari Desa Piliana:

No  Via Desa Piliana Waktu
Pendakian Gunung Bianiya
1 Basecamp – Pos 1(Yamitala) 150 menit
2 Pos 1 – Pos II – aimoto 180 menit
3 Pos II – Pos III- Highcamp 310 menit
4 Pos III -Pos IV – Isilale 120 menit
5 Pos IV – Pos V – Nasapeha 140 menit
6 Pos V  – Pos VI – Waifuku 90 menit
7 Pos VI – Puncak 30 menit

Estimasi biaya pendakian gunung Binaiaya :

Estimasi Biaya Pendakian Binaiya
1 Jakarta – Ambon 1600k
2 Bandara Pattimura – Pelabuhan Tulehu 30k
3 Tulehu – Pelabuhan Amahai 130k
4 Amahai – Sungai Kawanua (carter) 100k
5 Penyebrangan Sungai Kawanua 10k
6 Kawanua – Desa Piliana (Carter) 50k
7 Retribusi Pendakian 25k
Total 1945

Demikian informasi tentang gunung binaiya mulai dari transportasi, waktu pendakian dan estimasi biaya pendakian dari asal sampai ke puncak gunung binaiay, semoga informasi ini dapat membantu bagi kamu para pendaki yang ingin melakukan pendakian gunung tertiggi di Maluku ini. Ingat selalu jaga kelestarian alam ia sobat Gunung. Salam Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *