Gunung Singgalang, Sepercik Panorama Alam Nan Eksotis di Sumbar

oleh
Jalur Pendakian Gunung Singgalang (Foto:@muhammad_rinandar )

Gunung Singgalang merupakan salah satu deretan gunung tertinggi yang ada di Sumatera Barta dengan ketinggian 2.887 Mdpl dimana suhu di gunung ini cukup lembab sehingga pohon-pohon di jalur pendakian ditumbuhi lumut. Jalur pendakian gunung singgalang yang paling banyak digunakan adalah via Pandai Koto Baru.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Beberapa bulan lalu gunung singgalang dihebohkan dengan adanya pemberitaan seorang pendaki melakukan hal yang diluar nalarnya yaitu menyetubuhi temanya sendiri hingga meninggal di lokasi, beritanya langsung viral di kalangan pendaki bahkan kalayak umum. Untuk perihal ini jangan di tiru ia sob karena perbuatan tersebut adalah hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pendaki, percayalah semua permbuatan kamu didunia itu ada timbal baliknya.

Kembali ke topik utama tentang gunung singgalang, bagaimana sih untuk mendaki gunung ini? bagaimana transportasi menuju bascame pendakian singgalang? kita mencoba memberikan informasi sedikit siapa tahu ada sobat gunung yang nyamber ulasan kita nanti. Untuk dapat menuju gunung satu ini tentunya kamu yang dari Jakarta, Surabaya atau Bandung kamu harus menuju Sumbar dulu tepatnya di Kabupaten Agam , untuk di luar Sumatera tentunya kamu harus naik pesawat dengan tujuan Padang kemudian dilanjut ke Agam dimana untuk tiket Jakarta -Padang sekitar 650k -750k sekali jalan.

Baca Juga: Berikut Daftar Gunung Berapi di Pulau Sumatera Yang Perlu Kamu Tahu

Setelah kamu sampai di Agam untuk bisa sampai ke titik awal pendakian bisa naik angkot atau sewa mobil, oia gunung singgalang sendiri memiliki 3 jalur pendakian diantaranya Jalur Toboh, Jalur Balingka dan Jalur Koto Baru. Untuk menuju titik awal jalur Koto kamu dari Padang naik saja Travel biar cepet sampai dimana biaya naik travel dikenakan biaya 35k dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam dari pangakalan Grand Mall. Biasanya travel hanya sampai di Pasar Koto nah dari sini kamu bisa lanjut menggunakan angkot dengan ongkos 5k dan minta turun abangnya di Rumah Tenun Pandai Sikek, dari sini kita berjalan kaki menuju pos pendakian Koto Baru yang berjarak kurang lebih 2km.

Sunrise Telaga Dewi Gunung Singgalang (Foto: @mistersuu)

Simaksi untuk pendakian gunung singgalang sebesar 7k/user, jalur Koto yang paling di ingat adanya berbagai antena pemancar televisi. Waktu tempuh pendakian melalui jalur Koto cukup singkat karena jalurnya cukup jelas sekitar 4-6 jam kamu sudah sampai di puncak gunung singgalang. Area camping gunung singgalang berada di Cadas dimana dari pos pendakian kurang lebih kamu harus trekking 3-4 jam , area ini cukup luas untuk mendirikan tenda dan untuk bisa sampai ke Telaga Dewi hanya membutuhkan kurang lebih sejam an dan dari telaga dewi sampai puncak membutuhkan waktu kurang lebih 3o menit untuk bisa sampai puncak Gunung Singgalang.

Rute pendakian gunung singgalang kurang lebih Pos Pendakian – Cadas – Hutan Lumut – Telaga Dewi – Puncak Gunung Singgalang.

Semoga dengan informasi dikit ini dapat membantu teman-teman pendaki khususnya apabila dalam waktu dekat ingin mendaki gunung singgalang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *