5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

oleh -862 views
Foto: @ipin_cibow

Gunung.id, Lombok – Indonesia memang memiliki tradisi serta sejarah yang paling lengkap didunia ini berbagai suku,ras dan bahasa di setipa daerah memiliki keunikan masing-masing, tidak hanya itu hamparan pegunungan di Indonesia yang memukau sampai orang bule rela datang ke Indonesia khususnya Gunung Rinjani. Jalur pendakian gunung rinjani terkenal dengan hamparan padang savana serta hutan belantara dan yang paling di gemari karena disini ada yang namanya segara anak serta pemandian air hangat di kawasan segara anak.

Pendakian gunung Rinjani dapat dilakukan melalui 5 jalur pendakian di antaranya:

  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Sembalun
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Senaru
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Timbanuh
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Berik
  • Jalur Pendakian Gunung Rinjani via Torean ( Bukan Jalur Resmi)

Dari kelima jalur pendakian gunung rinjani diatas hanya 1 yang belum resmi yaitu jalur torean bila kamu ingin mendaki dari jalur ini harus mendapatkan izin khusus dari TNGR dan jalur ini hanya digunakan untuk kegiatan tertentu. Barang siapa yang melakukan pendakian gunung rinjani via torean secara ilegal pihak pengelola tidak tanggung jawab atas segala resiko yang ditimbulkan misalnya kecelakaan atau hilang di jalur, kamu yang nekat mendaki lewat sini akan dikenakan sanksi tegas dari pengelola.

Loading...

Misteri Gunung Rinjani memiliki cerita yang cukup unik yang berkaitan dengan Dewi Anjani, dengan balutan misteri serta kemolekan Rinjani makin menantang untuk melakukan pendakian ke puncak Rinjani. Untuk kamu yang ingin mendaki gunung rinjani tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikir estimasi biaya pendakian gunung rinjani terbilang cukup mahal bila kamu dari Jakarta atau Bandung karena kamu harus datang ke Lombok dulu untuk bisa mendaki Rinjani kemudian dilanjut dengan naik bus/angkot menuju post pendakian gunung rinjani.

Berikut estimasi waktu pendakian gunung rinjani:

No Pos Pendakian Waktu
Pendakian Via Senaru
1 Senaru – Plawangan 410 menit (-+ 7 Jam)
2 Plawangan – Segara Anak 180 menit (3 jam)
3 Segara Anak – Plawangan 140 menit (2,5 jam)
4 Plawangan – Puncak 180menit (3 jam)
Pendakian Via Sembalun
1 Sembalun – Plawangan 410 menit (-+ 7 Jam)
2 Plawangan – Puncak 180 menit (3 jam)
3 Plawangan- Segara Anak 140 menit (2,5 jam)
Segara Anak – Plawangan 180 menit (3 jam)
4 Plawangan -Senaru 5 jam
Pendakian Via Timbanuh
1 Dusun Djati – Puncak Selatan 410 menit (-+ 7 Jam)
Pendakian Via Berik
1 Berik – Puncak 410 menit (-+ 7 Jam)

Jalur pendakian pendakian gunung rinjani via senaru dan sembalun mungkin sudah familiar di kalangan pendaki lain hal dengan dua jalur yang bawah yaitu Timabunuh dan Beriek hanya warga lokal yang memakai jalur ini kebanyakan akan tetapi setelah resmi dibuka kemungkinan ke depan jalur ini akan seramai dua jalur yang telah dulu ada yaitu Senaru dan Sembalun.

Dok.Irwan

Gambar diatas adalah puncak gunung rinjani dari jalur Timbanuh, secara garis besar jalur Timba Nuh sama seperti jalur senaru didominasi hutan lebat namun lebih sunyi dan paling di incer bila mendaki via desa Djati ini kamu bisa ke Gunung Baru dan puncak rinjani sisi selatan tentunya. Untuk jalur berik didominasi hutan lebat juga namun satawa di jalur ini sangat banyak meliputi Rusa, Baby Hutan, Sesengahan, Landak, Burung berbagai macam berasa di Afrika bila mendaki rinjani via Berik, tidak hanya itu jalur ini juga memiliki sumber mata air yang banyak diantaranya Sungai Tereng, Sungai Geres, Pondok Amak Ros, Monte, Sungai Umar Maye jadi kamu tidak akan kehausan bila melakukan pendakian via Berik.

Tips Pendakian Gunung Rinjani:

  • Selalu Izin Orang di Rumah
  • Selalu Mengutamakan Keselamatan
  • Jangan mendaki via jalur ilegal
  • Daftarkan diri kamu ke TNGR
  • Patuhi Aturan yang berlaku
  • Jangan Buang Sampah Sembarangan
  • Jangan VANDALISME
  • Yuk jaga bareng-bareng Gunung Rinjani biar tetap cantik seperti Anjani

Demikian informasi tentang jalur pendakian gunung rinjani yang bisa kita informasikan, semoga informasi ini dapat membantu buat para pendaki khususnya yang dalam waktu dekat ingin melakukan expedisi pendakian gunung rinjani. Salam lestari