Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung dan Sikatok

oleh
Foto: @thoriqalmadnur

Bagi kamu yang sudah mengenal Gunung Sumbing. pasti kamu setidaknya pernah mendengar mengenai Gunung Sindoro ini. Pasti bagi para pendaki gunung kedua gunung tersebut sudahlah terkenal di kalangan mereka. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai letak geografis hingga jalur pendakian Gunung Sindoro.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

 

Foto: @sandi.petualang

Letak Geografis Gunung Sindoro
Gunung Sindoro ini berdekatan dengan Gunung Sumbing. Bahkan jika dilihat dari daerah Temanggung kamu akan melihat bahwa Gunung Sindoro ini berkembaran dengan Gunung Sumbing. Karena jaraknya dekat maka tentu saja Gunung Sindoro ini sama seperti Gunung Sumbing yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Gunung ini merupakan gunung yang memiliki status aktif dan memiliki ketinggian sekitar 3.136 mdpl. Gunung Sindoro atau yang biasa juga disebut dengan Gunung Sindara ini akan dapat kamu lihat jelas dari tempat yang bernama Puncak Sikunir Dieng.

Loading...

Gunung Sindara ini juga memiliki keunikan di bagian puncaknya loh. Keunikan itu ialah ukuran puncaknya sangat luas bahkan digadang-gadang luasnya disebut dua kali luas stadion sepak bola. Di puncaknya juga terdapat jurang yang diberi nama Jurang Grawah yang tingginya kurang lebih dua puluh meter. Nah jurang ini dulunya terisi oleh air hujan. Seiring berjalannya waktu air ini habis dan membentuk sebuah kawah.

Gunung Sindoro ini terkenal juga dengan negeri atas awan dan pemandangan alam ketika sunrisenya yang sangat indah. Golden risenya ituloh yang buat kamu tidak bisa melupakan Gunung Sindoro. Waktu yang sangat indah melihat sunrise ini ialah ketika di musim penghujan. Karena di musim penghujam ini kamu akan mendapatkan pagi yang sangat cerah, lalu di bawah gunung terlihat awan cantok yang memutari Gunung sindoro ini.

Jalur Pendakian Gunung Sindoro
Tertarik untuk mendaki Gunung Sindoro ini?. Ada dua jalur pendakian yang bisa kamu pilih. Diantaranya yakni Jalur Kledung dan Jalur Sikatok. Kedua jalur ini terletak di tempat yang berbeda. Untuk Jalur Kledung, berada di Desa Kledung, Kota wonosobo. Sedangkan Jalur Sikatok ini terletak di Desa Sigedang, Kota Temanggung.
Jalur pendakian yang pertama ialah Jalur Kledung. Jalur ini sangatlah ramai digunakan oleh para pendaki. Perjalanan awal dari jalur ini ialah dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan jasa gojek menuju pos 1. Dengan berjalan kaki kamu bisa menempuh jarak waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Apabila kamu melewati jalur ini setelah kamu melewati batas lahan pertanian penduduk dan hutan maka kamu akan sampai di Watu gede yang memiliki ketinggian 1.900 mdpl.

Perjalanan lalu dilanjutkan hingga ke pos 2. Jalur menuju pos 2 ini landai dan bertanah padat. Butuh sekitar dua jam dari pos 1 hingga pos 2. Pos 2 ini memiliki ketinggian 2.120 mdpl. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan ke pos 3. Jalur dari pos 2 hingga pos 3 ini trekingnya cukuplah sulit. Trekingnya menanjak dan tanahnya merupakan campuran dari tanah padat dan bebatuan terjal. Waktu yang ditempuh untuk sampai ke pos 3 dari pos 2 ialah kurang lebih 3 Jam. Dengan ketinggian pos 3 yakni 2.530 mdpl. Lalu kamu bisa membangun tenda di pos 3 ini. Lalu keesokan harinya melanjutkan perjalanan ke pos 4 hingga ke puncak gunungnya.

Jalur pendakian kedua atau yang terakhir ialah Jalur Sikatok. Jalur ini merupakan jalur dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibanding jalur yang pertama. Setelah kamu sampai pintu masuk jalur pendakian ini selanjutnya ke pos 1. Waktu tempuhnya yakni 20 menit. Dari pintu masuk hingga pos 1, kamu akan melewati kebun teh yang cantik.
Setelah sampai ke pos 1 kamu bisa melanjutkan pendakian ke pos 2 yang dapat ditempuh dengan waktu 30 menit. Di perjalanan hingga pos 2 ini kamu tetap melewati kebun teh. Selanjutnya dari pos 2 ke pos 3. Jalur yang ditempuh ialah jalur terbuka dan menanjak. Waktu tempuhnya yakni 3 jam. Setelah itu kamu akan tiba di Watu Susu atau juga dikenal dengan Tebing Jeblungan Alit. Setelah dari Watu Susu kamu melanjutkan perjalanan hingga ke sabana, dalam waktu 1,5 jam. Setelah dari sabana kami menuju ke pasar setan, dengan jarak tempuh 10 menit. Dari sini ke puncak gunung memerlukan waktu 20 menit.

Berikut Estimasi Pendakian Gunung Sindoro dari Jalur Kledung dan Sikatok:

No Pendaki Gunung Sindoro Waktu Mendaki
Pendakian Via Kledung
1 Bascame  – Pos 1 30 menit
2 Pos 1 – Pos 2 80 menit
3 Pos 2 – Pos 3 180  menit
4 Pos 3 –  Sunrise Camp 20menit
5 Sunrise Camp – Pos 4 20 Menit
6 Pos 4 – Puncak 80 Menit
Via Sikatok
7 Bascame  – Pos 1 25 menit
8 Pos 1 – Pos 2 70 menit
9 Pos 2 – Pos 3 120 menit
10 Pos 3 –  Pos 4 130 menit
11 Pos 4 – Ladang Batu 110 Menit
12 Ladang Batu – Sabana 30 Menit
13 Sabana – Puncak 10 Menit

 

Foto: @luckman_rasyid

Akses Menuju Gunung Sindoro
Gunung Sindoro memiliki dua jalur yang berbeda. Maka ada dua rute yang bisa kamu pilih. Apabila kamu ingin mendaki melewati jalur Kledung. Kamu bisa kesana dengan menaiki bus tujuan Magelang – Wonosobo dan setelah itu turun di Desa kledung.  Apabila kamu ingin melalui jalur Sikatok kamu naik bis jurusan Temanggung. Lalu turun di Desa Sigedang. Dari sana menuju ke pintu masuk pendakian kamu bisa menggunakan gojek ataupun bisa juga dengan berjalan kaki.

Untuk kamu yang dari Jakarta estimasi biaya kurang lebih seperti ini, sobat bisa naik bus jurusan wonosobo dengan ongkos kurang lebih 80-100k sampai ke terminal mendolo kemudian dilanjut dengan naik mini bus ke bascame kledung dengan ongkos 20k, biaya registrasi pendakian dibebankan setiap pendaki sebesar 15k. Sedangkan untuk jalur pendakian Sikatok kurang lebih sama hanya saja jika sudah sampai terminal mendolo kamu lanjut ojek atau minibus turun di pertigaan rejosari ongkos kurang lebih 20-30k lanjut retribusi pendaki sebesar 15k.

Tempat Wisata Sekitar Gunung Sindoro
Tempat wisata di sekitar Gunung Sindoro ini cukup banyak loh. Diantaranya Gunung Sikunir, Gunung Prau, Batu Ratapan Angin, Posong, Dataran Tinggi Dieng, Telaga Warna, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Menjer, dan lain lain. Banyak sekali loh pilihannya.

Nah, itu adalah penjelasan sedikit mengenai Gunung Sindoro dari Jalur Pendakian Gunung Sindoro hingga tempat wisata di sekitar Gunung Sindoro ini. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan mu sehingga kamu bisa berhati-hati pada saat mendaki gunung apapun. Karena keselamatan kamu ialah hal yang terpenting dalam pendakian ini.

Please rate this