Jalur Pendakian Gunung Lawu Via Singolangu Magetan

oleh

Setelah sekian lama jalur pendakian gunung lawu via Singolangu atau disebut juga dengan jalur klasik lawu kini dibuka kembali secara simbolis oleh karang taruna Desa Singolangu, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Baca Juga: 7 Jalur Pendakian Gunung Slamet, Atapnya Jawa Tengah

Sebenarnya jalur singo langu sudah dibenahi dari tahun kemarin tepatnya oktober 2018 selama kurang lebih setengah tahun para pemuda-pemudi desa singo langu memperbaiki jalur singo lawu, tidak hanya jalur yang menjadi fokus para karang taruna, mereka juga membuat segala keperluan untuk menunjang kegiatan pendakian gunung lawu lewat jalur ini tegas, Andry salah satu pemuda Singo Langu.

Loading...

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Ciremai, Suka Yang Mana?

Secara garis besar jalur singo langu memiliki 5 Pos dimana kamu bisa camping di pos pertama atau pos 4 dan untuk bisa sampai puncak hargo dumilah dari bascame dibutuhkan waktu kurang lebih 10 jam pendakian, untuk lebih jelasnya bisa sobat gunung amati tiap jalur berapa waktu yang dihabiskan tiap pos berikut ini:

Pendakian Via Singo Langu (0822 3248 5979)
1 Bascame – Pos 1 (Kerun-Kerun) 60 menit
2 Pos 1 – Pos 2 (Banyu Urip) 60 menit
3 Pos 2- Pos 3 (Hutan Cemara) 90menit
4 Pos 3 – Pos 4 (Taman Edelwis) 105 menit
5 Pos 4 – Pos 5  (Paninggalan) 120menit
6 Pos 5 -Puncak Hargo Dumilah 45  menit
7 Hargo Dalem – Hargo Dalem 30 menit

Setelah kamu tahu estimasi waktu pendakian gunung lawu dari singolangu memakan waktu berapa langkah selanjutnya adalah berapa waktu dan biaya yang dihabiskan untuk sampai ke bascame singo langu, Sarangan. Untuk kamu yang tinggal di Surabaya atau Jakarta bisa naik kereta saja ia untuk transportasi menuju pos pendakian gunung langu via singo langu dengan tiket kereta kurang lebih paling murah 88k (sri tanjung) sedangkan bagi yang tinggal di Jakarta untuk tiket kereta ke Magetan sebesar 84 (brantas), Gaya Baru malam (104k) dan Singasari (350k-400k). Setelah sampai di st.barat, Maospati bisa dilanjutkan dengan naik ojek saja biar lebih cepat dengan jarak kurang lebih 37km waktu tempuh 40 menitan karena tidak macet , saat ojek atau naik grab car patokan adalah Taman Sarangan ia pas mau masuk wisata keren yaitu telaga sarangan.

Sudah sampai di taman sarangan bisa dilanjut dengan jalan kaki menuju desa singo langu lore taman rodok munggah sitik terus ngalor 😀 mung sekilo karo taman sarangan mas broo, Untuk retribusi sebesar 15k/pendaki dapat welcome drink susu pagi dan sore hari jadi datang pada waktu yang tepat agar kebagian 😀 .

Demikian informasi update untuk jalur baru yang ada di gunung lawu , buka baru sih tapi sejak 1987 jalur singo langu baru dibuka lagi artinya sudah 32 tahun lamanya sunyi sepi jalur ini. Yang suka misteri dan serem-serem bisa mendaki lewak jalur klasik singo langu, katanya banyak petilasan Raja Brajwija di jalur ini.

Please rate this