7 Jalur Pendakian Gunung Slamet, Atapnya Jawa Tengah

oleh

Membahas jalur pendakian gunung Slamet itu ada berapa sih? yang pasti banyak karena gunung ini masuk kawasan atau daerah yang meliputi Purbalingga, Brebes, Pemalang, Tegal dan Kabupaten Banyumas jadi disetiap daerah tersebut pasti ada jalurnya.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Jawa Yang Perlu Kamu Tahu

Berbicara jalur pendakian gunung Slamet mungkin yang paling sering dilalui adalah jalur Bambangan karena track jalur ini terbilang masih kondosif untuk para pemula akan tetapi bila kamu ingin merasakan kesahduan Slamet bisa melewati Baturaden atau Guci.

Loading...

Berikut beberapa Jalur Pendakian Gunung Slamet:

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Guci
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Bambangan
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Baturaden
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Sawangan
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Kaligua
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Kaliwadas
  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Dipajaya

Nah setelah tahu beberapa jalur yang bisa menggapai puncak Slamet selanjutnya kita akan bahas jalur tersebut satu persatu dan bagaimana sih jalur itu apakah sulit medanya atau landai atau memang sudah legal atau ilegal, akan tetapi bahasnya tidak terlalu detailnya pokoknya saja biar saat ditanya ke Slamet lewat mana tahu 😀 .

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Memiliki hobby mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat menikmati segala keindahannya, tentu sensasi dan tantangan saat melakukan proses pendakian menjadi hal yang paling seru. Indonesia yang dikelilingi oleh jajaran gunung-gunung tinggi, membuat aktivitas mendaki menjadi pilihan tepat untuk kamu lakukan.

Baca Juga: Peraturan Tentang Simaksi Yang Perlu Kamu Tahu Sobat Gunung

Mungkin bagi para pendaki, aktivitas yang satu ini sudah sering dilakukan. Namun bagaimana dengan kamu? Salah satu gunung yang ada di Jawa Tengah ini bisa menjadi pilihannya. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah sekaligus tertinggi nomor dua setelah Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur. Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Slamet, maka berikut jalur pendakian yang perlu kamu ketahui :

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Guci

Yang dibahas pertama adalah jalur Guci, yang perlu sobat gunung perhatikan adalah jalur ini adalah jalur cukup bagus karena dari awal pos Guci sampai Pelawangan jarang sumber ari,  dimana kamu harus persiapkan dari awal dengan cara membawa air dari bawah yang cukup ia dan ingat saling kerjasama karena masalah air ini cukup serius agar nantinya bisa sampai puncak bareng-bareng bukan saling meninggalkan.

Pertama yang harus kamu lakukan untuk menggapai pos pendakian gunung slamet lewat Guci yaitu dengan mengandalkan mobil bak karena medan ke guci tahu sendiri cukup aduhai jadi mobil bak adalah pilihan tepat, angkot sebenarnya bisa cuma harus benar-benar fit loh ia . Begini pola alur moda transportasi bila kamu dari Jakarta, Bekasi atau kota lain bisa menuju ke Brebes turun di Alun-alun nanti bisa cari angkot atau kenalan di Brebes kemudian lanjut carter ke Guci , Guci adalah sebuah tempat wisata yang cukup terkenal seperti ini wujud Guci:

Pemandian Air Panas Guci via @bobbyalhabsyi

Estimasi waktu alun-alun Brebes ke Guci kurang lebih 1,5 jam ia sob dan untuk pendakian memakan waktu kurang lebih 10 -12 jam pendakian teragntung fisik kamu saat melewati traack Guci

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Bambangan
pos pendakian gunung slamet via bambangan via @biieefebry

Jalur ini adalah jalur yang paling banyak dipakai para pendaki dibanding dengan jalur lain untuk menggapai puncak gunung slamet karena medanya cukup bersahabat, bagi kamu yang ingin mendaki gunung Slamet via Bambangan bisa langsung datang ke Desa Bambangan, Pemalang dimana untuk estimasi pendakian dari pos ini kurang lebih  memakan waktu 10 -12 jam pendakian.

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Baturaden
Pemandian Air Panas Baturaden via @pancuran7baturraden

Jalur Baturaden merupakan jalur pendakian paling ekstrim di antara jalur lainnya. Sebab itu, bila kamu baru pertama kali melakukan pendakian di gunung Slamet, sebaiknya tidak memakai jalur yang satu ini. Sepanjang perjalanan, medan didominasi oleh track terjal nan menanjak, banyak bercabang dan licin. Basecamp-nya sendiri terletak di kabupaten Purwokerto.

Sebelum mencapai puncak, kamu harus melewati 3 pos pendakian, termasuk Plawangan. Waktu tempuh di jalur satu ini sekitar 11 jam perjalanan.

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Sawangan
jalur pendakian gunung slamet via sawangan (Hery Setyawan)

Jalur Sawangan berada di Kabupaten Tegal, dimana lokasi bascame berada di Desa Sigedong, Kec. Bumijaya. Untuk bisa sampai di titik awal pendakian tentunya kamu harus menuju Desa Sigedong dari pusat Kota Tegal. Waktu untuk bisa sampai ke puncak jika melewati jalur ini kurang lebih 8 -10 jam perjalananan.

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Kaligua

Jalur ini memang agak jarang diminati orang pendaki sangat cocok buat kamu yang ingin merasakan keasrian alam khas Gunung Slamet , bisa melewati jalur Kaligua. Untuk bisa sampai di titik awal pendakian kamu harus menuju ke sebuah kampung yaitu Dukuh Kaligua, Desa Pandansari, Kec.Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Waktu tempuh untuk bisa sampai puncak gunung slamet dari jalur Kaligua kurang lebih memakan waktu 8 -10 jam perjalanan.

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Kaliwadas

Untuk kamu yang baru naik gunung mungkin jalur kaliwadas adalah sebuah pilihan jika ingin mendaki gunung Slamet karena jalur ini terbilang cukup bersahabat dengan pendaki pemula. Lokasi bascame berada di Desa Dawehan, Kec.Sirampong, Kabupaten Brebes. Jalu ini bisa ditempuh dari bascame sampai puncak gunung slamet kurang lebih 10 -12 jam perjalanan.

  • Jalur Pendakian Gunung Slamet Dipajaya Pemalang

Jalur ini mungkin belum begitu tenar dari jalur lain seperti lewat Bambangan, Baturaden, Guci, Kaliwadas dan Kaligua, yang ingin beda dengan pendaki lain mungkin jalur Dipajaya bisa menjadi pilihan kamu saat mendaki gunung Slamet. Jalur Dipajaya berada di Pulosari, Pemalang.

Berikut Estimasi Waktu Pendakian Gunung Slamet dari beberapa Jalur Yang Ada:

No Pos Gunung Slamet Waktu Mendaki
Pendakian Via Guci
1 Bascame Guci – Pos 1 (Pinus) 80 menit
2 Pos 1 – Pos 2 (Pondok Cemara) 50 menit
3 Pos 2 – Pos 3 (Pondok Pasang) 55  menit
4 Pos 3 – Pos 4 (Kematus) 90 menit
5 Pos 4 – Pos 5 (Pelawangan) 90 menit
6 Pos 5 – Puncak Gunung Slamet 80 menit
Pendakian Via Bambangan
8 Bascam Bambangan- Pos 1 (Gardu Pandandang) 90 menit
9 Pos 1 – Pos 2 (Pondok Walang) 60 menit
10 Pos 2- Pos 3 70 menit
11 Pos 3 – Pos 4 50menit
12 Pos 4 – Pos 5 40 menit
13 Pos 5 -Pos 6 30 menit
Pos 6 – Pos 7 20 Menit
Pos 7 _ Pos 8 10 Menit
Pos 8 – Pelawangan 30 Menit
14 Pelawangan – Puncak 60 menit
Pendakian Via Kaliwadas
15 Bascame-(Tuk Suci) 40 menit
Tuk Suci – Pos 1 30 Menit
16 Pos 1 – Pos 2 60 menit
17 Pos 2- Pos 3 130 menit
18 Pos 3 – Pos 4 60 menit
19 Pos 4 – Pos 5 110 menit
20 Pos 5 -Pelawangan 90 menit
21 Pelawangan – Puncak 110 menit
Pendakian Via Baturaden
22 Bascame – Pos 1 60 menit
23 Pos 1 – Pos (Patok) 180 menit
24 Pos 2 – Pos 3 120 menit
25 Pos 3 – Pelawangan 150 menit
26 Pelawangan – Puncak 70 menit

Dengan informasi sedikit ini semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi para pecinta ketinggian khususnya yang ingin melakukan pendakian gunung Slamet dalam waktu dekat ini, dan ingat ia jangan membuat hal yang negatif misalnya membuang sampah sembarangan atau berbuat Vandalisme. Mari jaga keasrian gunung bersama-sama dengan udara Indonesia dan masa depan bangsa.