5 Jalur Pendakian Gunung Sumbing Yang Perlu Kamu Coba

oleh
Foto: @wahyu_noris

Bagi kamu yang merupakan seorang pendaki pasti sudah tahu mengenai Gunung Sumbing. Gunung yang memiliki berbagai macam jalur pendakian ini, sudah sangat terkenal diantara para pendaki. Banyak pendaki yang berharap bisa menampakkan kakinya di puncak gunung ini. Apakah kamu salah satunya?. Jika iya, sebelum kamu mendaki gunung ini ada baiknya kamu mengenal jalur pendakian Gunung Sumbing hingga tempat wisata di sekitar areanya.

Baca Juga: 6 Jalur Pendakian Gunung Prau Yang Siap Kamu Coba

Letak Geografis Gunung Sumbing
Gunung Sumbing merupakan gunung yang masih berstatus aktif. Untuk mengenai letak geografisnya gunung ini terletak di Provinsi Jawa Tengah. Secara Administrasi, gunung ini terletak diantara tiga wilayah kabupaten yakni Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. For Your Information, Gunung Sumbing ini merupakan gunung tertinggi ketiga sepulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Tinggi dari gunung ini ialah 3.371 Mdpl. Sedangkan tinggi Gunung Semeru ialah 3.676 mdpl lalu Gunung Slamet memiliki tinggi sekitar 3.428 mdpl.

Loading...

Nah, Gunung Sumbing ini dikatakan sebagai gunung kembar dengan Gunung Sindoro loh. Yang mana mereka akan terlihat kembar apabila dilihat dari Daerah Temanggung. Hal ini seperti hubungan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang juga disebut sebagai Gunung Kembar. Tambahan informasi juga, kalau ada jalan yang diberi nama dengan Kledung Pass. Jalan ini merupakan jalan yang diantara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Yang mana jalan ini merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kota Temanggung dan Kota Wonosobo.

Gunung Sumbing ini terkenal dikalangan para pendaki dengan keindahan alamnya. Dimulai dari kaki hingga puncak gunungnya mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan berudara segar. Dan seperti yang kamu tau, puncaknya ini memiliki keindahan yang sangat indah. Bayangkan, kamu menikmati segelas kopi hangat ditemani dengan proses matahari bangun dari tidurnya. Dibayangkan saja sudah sangat indah bukan? Apalagi merasakan sensasi hal tersebut secara langsung.

Jalur Pendakian Gunung Sumbing

Foto: @hilmanimanuddin

Gunung sumbing memiliki beberapa jalur pendakian. Diantaranya yaitu Jalur Capit Parakan atau Jalur Punggungan Timur, Jalur Bowongso atau Jalir Pungungang Barat, Jalur Kali Angkrik, Jalur Sipetung dan Jalur Desa Garung yang disebut juga dengan Jalur Pungungan Utara. Diantara kelima jalur pendakian ini, ada salah satu jalur yang sangat difavoritkan para pendaki Gunung Sumbing. Yakni Jalur Desa Garung atau Pungungan Utara. Alasannya ialah dikarenakan jalurnya yang lebih pendek serta dari segi pemandangan alamnya, jalur ini lebih indah dibandingkan ketiga jalur yang lain.

Jalur Desa Garung ini juga sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam dunia pendakian. Hal ini dikarenakan jalannya yang tidak terlalu menanjak, basecamp mudah ditemukan karena terletak di sisi jalan, dan jalur ini cukup ramai oleh para pendaki. Waktu tempuh sampai ke puncak apabila kalian melalui jalur ini ialah 8-9 Jam. Selama perjalanan kalian akan menemukan tiga pos.

Jika yang cukup mudah adalah Jalur Desa Garung maka Jalur Sipitung merupakan jalur yang cukup menantang. Waktu tempuh dari jalur ini hingga sampai puncak ialah 7-8 jam. Jalur ini dimulai dari Desa Jambu, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Apabila kamu ingin mencoba jalur yang terkenal namun yang sepi pendaki jalur Bowongso ini merupakan pilihan yang tepat. Jalur ini juga merupakan jalur dengan treking yang sulit dan menantang. Waktu tempuhnya kira-kira 7 – 8jam.

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Sumbing dari beberapa jalur yang ada:

No Pendaki Gunung Sumbing Waktu Mendaki
Pendakian Via Garung
1 Bascame  – Pos 1 120 menit
2 Pos 1 – Pos 2 120 menit
3 Pos 2 – Pos 3 50  menit
4 Pos 3 –  Pestan 30menit
5 Pestan – Watu Kotak 90 Menit
6 Watu Kotak – Puncak Buntu/Kawah 120 Menit
7 Puncak Kawah – Puncak Sejati 15 Menit
Via Sikatok
8 Bascame  – Pos 1 60menit
9 Pos 1 – Pos 2 70 menit
10 Pos 2 – Pos 3 60 menit
11 Pos 3 –  Kawah 240 menit
12 Kawah – Puncak Buntu 20 Menit
Via Kaliangkrik
13 Bascame  – Pos 1 60Menit
14 Pos 1 – Pos 2 70 menit
15 Pos 2 – Pos 3 60 menit
16 Pos 3 – Pos 4 (Pohon Tunggal) 50 Menit
17 Pohon Tunggal – Puncak 120 menit
Bowongso
18 Bascame – Gardu Pandang 30 Menit
19 Gardu Pandang – Pos 1 (Taman Asmara) 30 Menit
20 Taman Asmara – Pos 2 Bogel 190 Menit
21 Bogel – Pos 3 60 menit
22 Pos 3 – Puncak Buntu 120 menit
Sipetung
23 Bascame – Pos 1 90 Menit
24 Pos 1 – Kyai Santri 120 Menit
25 Kyai Santri – Pos 2 30 Menit
26 Pos 2 – Lembah Suci 190 Menit
27 Lembah Suci – Pos 3 100 Menit
28 Pos 3 – Lemah Putih 50 menit
29 Lemah Putih – Puncak Buntu 30 Menit

Akses Menuju Gunung Sumbing
Agar kamu sampai ke awal pendakian Gunung Sumbing, bisa melalui arah barat yakni melewati Kota Wonosobo dan dari arah timur melewati Kota Temanggung. Ada beberapa transportasi yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tempat pendakian dimulai. Jika dengan kendaraan pribadi, kamu cukup dengan mengikuti jalur yang telah ada menuju pos pendakian Gunung sumbing. Jika dengan menggunakan transportasi massal, kamu bisa menggunakan kereta dengan tujuan Stasiun Yogyakarta. Dari sana kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan tujuan Magelang ataupun Temanggung. Setelah itu, kamu bisa naik angkutan umum dengan tujuan Wonosobo atau secara simpelnya kamu tinggal bilang arah Gunung sumbing ke supir angkotnya. Mudah bukan?

Tempat Wisata Sekitar Gunung Sumbing
Setelah beristirahat sebentar sehabis pendakian, ada baiknya kamu juga mencoba beberapa tempat wisata di sekitar Gunung Sumbing ini loh. Bahkan ada tempat wisata yang digandang gandang setara dengan Namche Bazaar di Nepal. Tempat wisata seperti itu bisa kamu dapatkan di Desa Butuh loh. Jadi tak usah jauh-jauh ke luar negri. Pemandangan alamnya yang indah dan menikmati pemandangan desa yang mirip dengan Namche Bazaar. Selain itu, fasilitas di tempat wisata ini juga sudah baik loh dimulai dari toilet hingga mushola, jadi bisa membuatmu nyaman berlama-lama disana.

Tempat wisata yang kedua ini sebenarnya cocok sebagai liburan keluarga. Nama tempat wisata ini ialah Sinsu Taman Bermain dan Edukasi yang letaknya di Desa Reco, Kecamatan Kertek, Wonosobo. Dari sini kamu bersama keluarga akan bisa menikmati gunung Sindoro-Sumbing yang sangat indah. Disini kamu akan menemui spot-spot cantik untuk berfoto dan wisata yang cocok untuk anak.

Semoga dengan artikel ini menambah wawasan mu dan menambah kamu untuk mengenal dekat dengan gunung ini. Dimulai dari Jalur Pendakian Gunung Sumbing hingga tempat wisata di Sekitarnya. Apabila kamu tertarik untuk mendaki gunung ini, pastikan persiapan dari fisik, mental, peralatan sudah memadai yah. Agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Please rate this