Gunung Sumbing Terbakar, Seluruh Jalur Pendakian di Tutup

oleh

Kebakaran hutan terjadi di Lereng Gunung Sumbing, masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, Minggu (11/8) petang. Terpantau api terus meluas hingga petang ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun sobat Gunung, lokasi yang terbakar berada di jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Sumbing, Heli Jenis Kamov 32A11BC Membantu Proses Pemadaman

Hal itu dibenarkan Anggota Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sabarno. Ia mengaku baru mendapat informasi dari sukarelawan di wilayah Desa Banyumudal mengenai bencana kebakaran tersebut. “Menurut informasi dari temanku di Banyumudal sekarang belum padam,” ungkapnya, Minggu (11/8) petang.

Loading...

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendakian Gunung Andong Magelang

Mengenai kejadian kebakaran tersebut, pihaknya sudah melaporan ke Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Wonosobo, guna melakukan upaya tindak lanjut yang diperlukan. Pihaknya juga terus berupaya memantau perkembangan informasi sembari menunggu interuksi pimpinan. “Kita masih terus pantau sambil nunggu interuksi,” beber pria yang karib disapa Mondleng itu.

Sebelumnya, peristiwa serupa pernah terjadi pada 11 Oktober 2018. Ketika itu Kebakaran di petak 23-2 Resor Pemangku Hutan Kemloko. Kebakaran tahun lalu itu diawali dari petak 23-10, namun kemudian terus bergeser karena tiupan angin dan saat ini kebakaran terjadi di petak 23-2 RPH Kemloko, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung. Sampai saat ini pemadaman dilakukan BPBD dan bersama team relawan, Untuk itu semua jalur pendakian gunung sumbing resmi di tutup untuk aktifitas pendakian.

Please rate this