Hutan di Gunung Bawakaraeng dan Lompobattang Sulsel Terbakar

oleh
Dok. BPBD Sulsel

Kebakaran hutan terjadi di Gunung Bawakaraeng, Sulsel. Angin kencang menjadi kendala pemadaman. “Angin kencang jadi kendala,” kata Kepala BPBD Sulsel Syamsibar saat memberikan klarifikasi ke pihak media, Selasa(22/10/2019).

Baca Juga: Wisata Religi Patung Yesus dan Jembatan Kaca Buntu Burake, Tana Toraja

Kebakaran menurut Syamsibar juga terjadi di kaki Gunung Lompobattang, Gowa. Lokasi Bawakaraeng dan Lompobattang memang berdekatan. “Masih upaya pemadaman, dari tim TNI-Polri, Manggala Agni, BPBD,” sambung Syamsibar.Sementara itu Kepala tim pemadam Kahutla Manggala Agni Daops KLHK Gowa Ishak Andi Kunna mengatakan kebakaran hutan sudah memasuki hari ketiga. Pihaknya belum mengidentifikasi luas lahan yang terbakar.

“Saat ini kita masih berjuang memadamkan kebakaran, dengan kondisi angin kencang yang menyebabkan api mudah menyebar, termasuk sulitnya mencari sumber air untuk memadamkan api,” ujar Ishak dihubungi terpisah.

Tim pemadam Kahutla Manggala Agni berkoordinasi dengan aparat Polri-TNI dan warga setempat, untuk bersama-sama memadamkan api. “Kondisi kebakaran ini seperti bentuk cincin yang terus melebar, jadi cara pemadaman yang kami lakukan dengan menyisir dari pinggir,” kata Ishak.

Please rate this