Kebakaran di Gunung Sumbing Meluas Hingga ke Area Magelang

oleh

Gunung.id, Temanggung – Kebakaran yang terhadi di Gunung Sumbing belum sepenuhnya padam ,pada tanggal 10/09 memang terjadi kebakrang di area petak 23 yang masuk Resor Pemangku HUtan (RPH) Kemloko, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Temanggung. Petugas menyisir ke lokasi pada tanggal 11/09 namun terjadi kebakaran lagi dengan titik api yang cukup parah dimana kemungkinan besar terjadinya kebakaran hari ini adalah sisa dari sebelumnya yang belum padam sepenuhnya yang di bawa angin serta terjadi gesekan sehingga menimbulkan percikan dan terjadi kebakaran lagi.

Kebakaran di gunung sumbing terus meluas hingga ke petak 20, kedu Utara petugas berupaya memadamkan api dengan cara mengepyok pakai ranting dan menaburkan tanah ke lokasi terbakar karena medan terjal dan susah untuk di gapai oleh alat sehingga pemadaman dilakukan secara tradisional.

Karena kebakaran ini masih ada beberapa pendaki yang berada di puncak Gunung Sumbing pihak bascame sudah meminta untuk segera turun bagi para pendaki yang masih berada di puncak gunung sumbing. Hingga saat ini kebakaran meluas hingga ke petak 2 dimana lokasi ini masuk dalam administrasi daerah Magelang ,diperkiarakan kebakaran yang terjadi di Hutan Gunung Sumbing menghanguskan hingga 10 hektar.

Para pendaki yang dievakuasi semua dalam keadaan selamat ada sekitar 500 an pendaki dengan melewati jalur Kaliangkrik, Magelang.

Please rate this