Misteri Gunung Slamet Hinga Adanya Pasar Hantu di Dalamnya

oleh
Ilustrasi:werewolves.com

Gunung slamet adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Ketinggian yang dimilikinya kurang lebih 3425 mdpl. Untuk melakukan pendakian ke Gunung Slamet, ada beberapa jalur yang dapat dilewatinya yaitu jalur bambangan, jalur guci, jalur baturaden, dan jalur dukuhliwung. Gunung slamet ini termasuk salah satu gunung berapi aktif. Hal ini ditandai dengan adanya kawah yang mengeluarkan asap di bagian puncak gunung. Sekalipun banyak jalur pendakian yang bisa anda lewati, namun Gunung Slamet ini juga menyimpan banyak misteri. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi karena banyak masyarakat dan pendaki yang sudah merasakan juga mempercayainya.

Makhluk Kerdil di Jalur Guci

Misteri Gunung Slamet yang sudah banyak dipercaya masyarakat adalah adanya makhluk kecil atau kerdil di jalur pendakian Guci. Menurut sebagian masyarakat, makhluk kerdil tersebut dulunya adalah seorang manusia, lalu ia tersesat dan tak bisa kembali. Untuk bertahan hidup, ia kemudian memakan dedaunan dan tumbuhan lainnya di sekitar gunung layaknya binatang. Karena terlalu lama berada di hutan, akhirnya ia pun kehilangan jati diri sebagai manusia dan perilakunya pun mirip seperti binatang. Jika ada pendaki lewat, makhluk kerdil ini akan ketakutan. Makanan yang biasanya diletakkan di depan tenda biasanya akan menghilang tanpa disadari oleh pendaki tersebut. Menurut kepercayaan, makhluk kerdil inilah yang mengambilnya.

Misteri air terjun Guci

Selain adanya misteri makhluk kerdil, misteri lainnya yaitu terkait dengan air terjun Guci yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit kulit, Tidak hanya itu, air terjun ini juga dipercaya dapat meningkatkan daya tarik seksual bagi kaum hawa. Organ sex seorang wanita bisa muda kembali hanya dengan berendam di air terjun tersebut. Jadi, wajar saja jika kebanyakan pengunjung air terjun ini adalah wanita. Lebih dari itu, air terjun guci ini juga banyak dimanfaatkan

sebagai tempat untuk mencari pesugihan. Menurut kepercayaan masyarakat, dibalik suara gemuruh air terjun tersebut terdapat siluman Naga Cerek.

Misteri Pos Samarantu di Jalur Bambangan

Misteri lainnya terkait Gunung Slamet adalah di Pos Samarantu yang terletak di jalur Bambangan. Jalur ini adalah jalur pendakian yang paling terkenal bagi pendaki. Mengapa? karena jalur ini adalah yang paling pendek dibanding jalur lainnya. Jika anda melewati Jalur Bambangan ini, maka anda akan bertemu dan melewati tempat sakral. Konon, tempat ini adalah pintu masuk menuju kerajaan ghaib yang ada di Gunung Slamet. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua pohon besar layaknya pintu gerbang. Selain itu, anda juga akan melalui pos pendakian Samarantu. Ini termasuk tempat paling angker di sepanjang jalur pendakian. “Samarantu” sendiri terdiri dari dua kata yaitu”samar” dan “hantu” yang artinya hantu tak kasat mata/ tak terlihat. Menurut cerita masyarakat, diusahakan tidak mendirikan tenda di tempat ini karena nantinya dapat diganggu makhluk ghaib.

Pasar hantu Gunung Slamet

Misteri Gunung Slamet juga terkait pasar hantu yang berlokasi di punggung bukit. Tempat ini angin bertiup kencang saat malam hari. Saat angin melewati punggung bukit, suara angin akan terdengar berisik seperti riuh sehingga suara ini dianggap seperti suara di pasar. Karena kondisi inilah akhirnya area ini dianggap layaknya pasar setan. Dianggap pasar setan karena hanya suara saja yang terdengar, sementara lokasinya sepi tak ada orang. Di lokasi ini juga sering dikabarkan banyak memakan korban. Sebenarnya korban tersebut bukan karena setan atau makhluk ghaib apapun. Realitanya, banyak pendaki yang memilih tempat ini untuk beristirahat karena dianggap paling nyaman. Namun, saat istirahat pendaki tersebut biasanya kedinginan dan mengalami hirpotemia. Akhirnya tidak dapat bertahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *