Pasar Ghoib di Gunung Indonesia Ini, Bikin Kamu Lemas Melangkahkan Kaki

oleh
Ilustrasi:werewolves.com

Keberadaan makhluk ghaib memang menjadi misteri namun sebagai seorang muslim makhluk ghaib kita harus mempercayai keberadaanya karena sebagian dari iman seperti diterangkan dalam Al-Qur’an bahwa, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribdaha kepada-Ku” (QS. Adz Dzariyat [51]: 56).

Baca Juga: Danau Taman Hidup Gunung Argopuro, Yang Penuh Misteri Namun Menggoda

Oleh karena itu, kita harus menjaga sikap agar tidak mengganggu penghuni lain. Buat kita yang mengaku pecinta alam selain wajib menjaga kebersihan juga wajib jaga sikap supaya nyaman selama melakukan aktifitas misalnya mendaki gunung. Kalau sudah nyaman pasti hati juga tentram. Pernahkah diantara kamu melihat atau merasakan hal ghiab saat mendaki gunung?  kita akan memberikan informasi tentang hal-hal ghaib di gunung indonesia yaitu adanya pasar ghaib di deretan pegunungan Indonesia, kita mulai dari Gunung Merapi.

Loading...
  • Pasar Bubrah Gunung Merapi

Pasar bubrah merapi tempat perdangan para mkhluk halus di gunung merapi menurut cerita , pasar bubrah juga terkenal paling angker karena kawasan ini adalah istana para setan berkumpul. Setiap malam bagi orang yang memiliki keistimewaan bisa melihat keramaian pasar ini, bagi yang tidak bisa melihat biasanya akan mendengar suara gamelan kemudian suara gaduh dari keramaian pasar dan paling terkenal adalah adanya sosok mak lampir dalam dongeng cerita di masyarakat sekitar.

  • Pasar Dieng Gunung Merbabu
Ilustrasi Misteri Gunung Merbabu

Pasar setan di gunung merbabu disebut pasar dieng, sudah banyak mitos beredar perihal ini, lokasi pasar dieng berada di kawasan menuju puncak ketheng songo. Kisah misteri disini adalah adanya sosok gadis yang sering dijupai oleh para pendaki diyakini bahwa gadis tersebut adalah penunggu kawasan puncak ketheng songo.

  • Pasar Watu Gunung Sumbing

Pasar watu atau pasar setan di gunung sumbing posisinya berada di Batu Kotak, posisi batu ini sangat terjal serta aneh menurut cerita di kawaan jalur ini sering terjadi penampakan kakek tua dan mkhluk ghoib yang naik turun dengan cara berlarian.

  • Pasar Setan Gunung Arjuno

Gunung arjuno memiliki hamparan sabana yang sangat luas, menurut cerita masyarakat setempat dulu ada seorang pendaki yang melakukan transaksi jual beli alat-alat outdoor di kawasan hutan gunung arjuno namun itu hanya ilusi setelah selesai melakukan pendakian si pendaki pulang ke rumah dan akhirnya meninggal dunia.

  • Pasar Setan Gunung Lawu
Foto:AFP/Getty Image

Pasar setan di gunung lawu berada di pos 5 pendakian gunung lawu, saat kamu melintar pos 5 via cemoro kandang jika ada suara dengan nada ”beli apa dik” menurut cerita pendaki harus menjawab dan membeli barang seakan sekan membeli dengan cara ambil barang yanga da didekat kita misalnya tanah, daun, ranting dan meliparkan uang ke arah suara tadi. Selain pasar setan gunung lawu juga menjadi semedi terakhir Raja Brawija.

  • Pasar Anjaya Gunung Lompobat
Ilustrasi: Anis

Pasar sanjaya adalah sebutan dari pasar setan yang berada di Sulawesi Selatan, lokasi pasar setan ini berada di Gunung Lompobat dan Bawakaraeng, jika kamu melakukan camping di gunung ini kamu akan mendegar suara keramaian laykaknya pasar, namun sebenarnya itu adalah suatu kawasan hutan yang luas dan punya panorama indah namun seakan-akan seperti pasar yang penuh hiruk pinguk dan suara gaduh.

  • Pasar Setan Gunung Salak

Keberadaan pasar setan di gunung salak memang tidak usah diragukan lagi karena sering kali pendaki diberi tanda saat melakukan pendakian gunung salak, hal mistis yang ada di salak salah satunya adalah jatuhnya pesawat sukhoi dan kerajaan siluman di puncak gunung salak.

Please rate this