Rekomendasi Gunung Untuk Upacara 17 Agutusan 2018

oleh
Suasana Upacara 17 Agustus di Puncak Gunung Slamet, Foto By @malik

Gunung.id, Bagi para pengiat aktifitas luar ruang mungkin upacara 17 Agustus di lapangan sudah hal wajar namun bagi mereka ingin merasakan suasana yang lain dengan cara upacara di gunung-gunung yang sudah di incar dari target tahun sebelumnya,  tentunya upacara yang dilakukan didasari semangat 45 dengan penuh khidmat dan memiliki moment yang spesial bagi para pendaki. Upacara HUT RI di puncak gunung merupakan agenda wajib tahunan yang diminati para pengiat alam bebas dalam hal ini para pendaki Indonesia.

Upacara bendera HUT RI di gunung untuk tahun ini mungkin agak beda ia karena untuk gunung tertentu diberlakukan penutupan semisal Gunung Gede Pangrango, Gunung Merapi, Gunung Argopuro , Anak Krakatau dan Gunung Rinjani karena Lombok di landa musibah Gempa. Akan tetapi bagi kamu para pendaki bisa mencoba beberapa gunung rekomendasi dari kita untuk melakukan ucapara HUT RI di Puncak Gunung. Berikut daftar gunung yang bisa kamu gunakan untuk upacara HUT RI ke 73:

  • Gunung Semeru
Foto:naturalsunricetour.com

Gunung yang pertama adalah Gunung Semeru yang mana ini adalah gunung paling favorit para pendaki jika ingin melakukan upacata bendera di gunung, namun bagi kamu yang akan kesini harus mempersiapkan jauh-jauh hari karena quota pasti penuh jika sudah masuk bulan Agustus.

  • Gunung Lawu

Gunung yang selanjutnya adalah Gunung lawu yang masuk dalam kawasan Jatim dan Jateng mungkin lawu bisa jadi rekomendasi buat kamu upacara 17 agustua mengingat quota pendakian di lawu masih banyak. Jalur pendakian gunung lawu bisa kamu pilih mau lewat yang mana ada jalur cemoro sewu, cemoro kandang, dan Cetho.

  • Gunung Arjuno
Foto:@uaziz402

Karena gunung argopuro di tutup mungkin gunung arjuno bisa menjadi alternatif pendakian kamu untuk memperingat HUT RI ke 73 karena lokasi dan letanknya tidak juah berbeda tentunya masih di jawa timur:D . Tapi gunung arjuno banyak misterinya heee

  • Gunung Wilis

Gunung Wilis yang memiliki banyak puncak serta jalur pendakian dan masuk banyak wilayah administrasi ini juga bisa jadi rekomendasi peringatn HUT RI ke 73.

  • Gunung Penanggungan

Ingin mengenai kerajaan Majapahit pas banget kamu bisa memperingati HUT RI ke gunung penanggungan sob.

  • Gunung Raung
Via@infoRaung

Gunung yang memiliki medan tracking terseram ini mungkin bisa jadi pilihan yang mengiurkan untuk memperngati HUT RI, namun jangan di puncak ia karena puncak gunung raung sempit, kamu bisa upacara bendera di bascame sama teman-teman baru melakukan pendakin dan pengibaran sang sangka merah putih di puncak gunung raung.

  • Gunung Tambora
foto:Deni Sugandi

Bagi kamu yang mau ke Gunung Tambora lagi ada event dari Taman Nasional Gunung Tambora yaitu pengibaran bendera sepanjang 73m.

  • Gunung Sangeang
Foto: Stefa_ardi

Gunung Sangiang masuk dalam wilayan NTB namun untuk bisa sampai di titik awal pendakian kamu harus menyebrang, bisa baca disini pendakian gunung sangiang.

  • Gunung Merbabu

Untuk gunung satu ini sepertinya masuk dalam kategori hits bila ingin melakukan upacara bendera, karena tempat camp lumayan luas dan banyak sehingga bisa menampung pendaki yang volumenya ratusan. Untuk jalur pendakian gunung merbabu sangat banyak kamu bisa menggunakan jalur selo untuk mendapatkan moment yang spesial.

  • Gunung Slamet

Gunung slamet menjadi gunung paling maksyur di Jawa Tengah, kamu bisa mencoba pendakian gunung ini via Guci biar mantap bawa air banyak.

  • Gunung Sindiro

Gunung sindoro sering dikaitkan dengan Triper S (Slamet, SIndoro dan Sumbing) kalo orang jauh pasti ngejar ini .

  • Gunung Sumbing
via @boby Yogama

Gunung Sumbing bisa jadi pilihan pendaki bila ingin merasakan keheningan karena Merbabu atau Prau yang sudah penuh orang.

  • Gunung Andong
Image:Piknikasik.com

Mungkin Gunung Andong nasibnya seperti gunung prau , dengan ketinggian yang tidak terlalu waktu tracking otomatis cepat bisa jadi gunung ini ramai saat 17 Agustus.

  • Gunung Prau

Salah satu gunung favorit di Indonesia karena pemandangan yang disuguhkan sangat memukai, Gunung Prau bisa jadi pilihan kamu untuk pengibaran bendara merah putih tahun ini.

  • Gunung Muria

Pengen kesini? mencoba jalur natas angin? yuk ke gunung muria kamu akan merasa bahagia karena masih sedikit mendaki gunung satu ini.

  • Gunung Ciremai

Gunung paling extrem Jawa Barat , mau kesini 17 agustus? coba via linggar nanti turun Apuy biar nikmat karena jalur linggar terkenal cukup menantang bila kamu ingin mendaki gunung ciremai.

  • Gunung Guntur

Gunung Guntur juga lagi ada gawe jika mau kesini bascame pendakian gunung guntur akan melakuakn acara pengibaran sang saka merah putih.

  • Gunung Cikuray

Dahulu kala gunung ini selalu memberikan panorama awan yang menajubkan akan tetapi semakin kesini susah mendapatkan moemntnya, tertarik untuk melakuakn pendakian gunung cikuray di HUT RI ke 73?

  • Gunung Papadayan

Dahulu juga gunung satu ini menajdi primadona para pendaki namun semenjak dikelola swasta tiket masuk gunung papadayan tergolong mahal maka dari itu sekarang mungkin sepi yang hendak melakukan pendakian gunung papadayan.

  • Gunung Dempo
Image:info-indo.blogspot.com

Gunung satu ini juga bisa kamu pilih untuk pengibaran sang saka merah putih atau upacara untuk kamu para pendaki wilayah bara Indonesia. Gunung Dempo cukup memajakan mata bila kamu sampai puncak dengan ciri khas puncaknya memiliki kawah warna tosca

  • Gunung Kerinci

 

Image:sandysarif.blogspot.com

Gunung api tertinggi di Indonesia adalah gunung kerinci ini, kamu pasti ingin merasakan jalur pendakian gunung satu ini yang penuh susah payah bila ingin menggapai puncaknya. Gunung Kerinci bisa jadi rekomendasi pengibaran merah putih tahun ini buat kamu para pendaki keren.

  • Gunung Leuser

Mungkin dari ribuan pendaki Indonesia ini yang sudah menjajal Gunung Leuser baru 10% mungkin ia, tidak salah karena informasi jalur pendakian gunung leuser memang belum begitu familiar namun pihak taman nasional Leuser juga sudah mulai mempromosikan ke kalayak tentang keberadan jalur tracking gunung leuser. Biaya pendakian gunung leuser tergolong kelas menengah kamu harus berkelompok jika ingin mendaki gunung satu ini, waktu pendakian kurang lebih memakan waktu 14 -20 hari .

  • Gunung Jayawijaya
Dok.BNP

Mau merayakan HUT RI kesini? kamu haru mempersiapkan segala hal bila bertekad melakukan pendakian ke gunung jayawijaya yang notebenya masuk jajaran gunung paling di incer di Dunia serta masuk Seven Summit dunia jadi kamu harus siap fisik dan uang tentunya karena biaya pendakian gunung Cartenz tergolong sangat mahal.

Demikian deretan pegunungan yang bisa kamu jadikan untuk memperingati HUT RI ke 73 dengan cara upacara bendera, semoga informasi tentang pengibaran bendera merah putih di puncak gunung indonesia ini bermanfaat dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya.

Please rate this