Jalur Pendakian Gunung Muria

oleh
Foto: Yogi Pratama – Jalur Naga Gunung Muria menuju Puncak Natas Angin

Gunung.id, Kudus – Bagi kamu para pendaki yang ingin mendapatkan ketenangan jiwa layaknya di film ”Pulp of Fiction” maka Gunung Muria bisa menjadi rekomendasi pendakian kamu minggu ini. Jalur pendakian gunung muria terbilang cukup unik walau gunung ini hanya 1602 Mdpl jangan salah tracknya cukup menantanga apalagi jika sudah mulai menggapai puncak gunung muria.

Gunung muria berada di wilayah 3 Kabupaten yaitu Kudus, Jepara, dan Pati namun jika kamu ingin melakukan pendakian gunung ini jalur pendakianya lewat Rahwatu, Kudus dimana untuk biaya simaksi pendakian gunung muria dikenakan Rp.5.000/orang sedangkan untuk parkir motor dikenakanĀ  digrastikan untuk sampai saat ini biaya 5k termasuk parkir.

Desa rahwatu juga sudah terkenal lebih dulu sebagai destinasi wisata di Kudus karena lokasinya sendiri berada di area pegunungan jadi banyak spot-spot ciamik di desa rahwatu, Gebog ini misalnya pemandangan gunung wukir, Air terjun Gonggomino, Puncak Songolikur (B29), Mata air Gelis dll.

Misteri Gunung Muria juga terkenal di kalangan orang dulu serta yang paling berkaitan dengan gunung ini adalah adanya wisata religi sunan Muria, jadi jika kamu berniat mendaki gunung ini sepertinya lengkap banget dari gunun, wisata air terjun, religi bahkan pantaipun ada tapi tahu sendiri pantau utara kurang begitu menarik .

Transportasi menuju pendakian gunung murai dari Jakarta atau surabaya bisa menggunakan kereta api atau bus yang menuju Kudus jika kamu lebih memilih menggunakan armada kereta apiĀ  kamu harus ke Semarang dulu dengan tiket termurah 135k ”Kertajaya” jika sudah sampai ke Semarang bisa di lanjut naik bus atau ojek online saja menuju Kudus, jika kamu ingin sampai langsung ke kudus kamu bisa menggunakan jasa angkutan Bus dari Jakarta range harga 180 – 350 harga normal bila dari Surabaya berkisar 100 – 150.

Setelah kamu sampai dikudus segera menuju desa titik pendakian yaitu Rahwatu, Gebog. Perjalanan dari pusat kota ke rahwaktu kurang lebih 20 km bisa ditempuh dengan waktu 30 menit dengan kendaraan baik roda dua mapun roda empat.

Berikut estimasi waktu pendakian gunung muria:

  • Bascame (parkiran) – Pos 1 : 20 menit
  • Pos 1 – Pos 2 : 30 Menit
  • Pos 3 – Pos 3 : 20 menit
  • Pos 3 – Petilasan Abiyasa: 30 menit
  • Petilasan Abiyasa – Jalur Naga: 10 menit
  • Jalur naga – Puncak Natas Angin : 30 menit

Waktu yang kamu habiskan untuk mendaki gunung muria kurang lebih 2 jam perjalanan, jalur track yang paling hati-hati adalah saat kamu di petilasan Abiyasa sampai ke puncak Natas Angin apalagi di track jalur naga itu kanan kiri jurang dan melihat kanan-kiri view yang cukup menawan seperti foto diatas. Selain kamu mendaki gunung muria kamu juga bisa mencoba gunung andong yang tidak kalah keren pemandanganya karena masih satu area Jawa Tengah.

Demikian informasi tentang jalur pendakian gunung muria via kudus, semoga informasi ini dapat membantu teman-teman yang mau camping ceria di puncak natas angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *