9 Gunung di Magetan Yang Siap Kamu Daki

oleh
Gunung Lawu kala itu setelah kebakaran hebat, cantik ia sob 😀

Gunung.id, Magetan – Sudah pernah ke Magetan? mungkin sebagian orang khsusnya orang Jabar belum begitu familiar dengan kata ”Magetan” apalagi di luar Jawa. Kali ini kita akan memberikan sedikit gambaran Kabupaten Magetan ini namun sedikit saja ia jangan banyak-banyak sejatinya kita akan memberikan informasi tentang Gunung di Magetan tapi alangkah baiknya kamu harus mengenal dulu Magetan itu dimana dan makanan khasnya apa serta kerajinan disini Kabupaten ini apa agar menambah info sedikit nanti pas di Magetan kan bisa explore sesuka kamu.

Magetan adalah sebuah kabupetan yang ada di Jawa Timur, kota ini berada di paling barat Jatim dimana berbatasan langsung dengan Jateng yaitu dengan Kabupaten Karanganyar, Wonogiri sisi selatan dengan Ngawi, sisi timur dengan Kota Madiun dan Ponorogo. Wisata andalah magetan adalah Telaga Sarangan kalo wong timuran pasti sudah kenal dengan wisata satu ini, untuk makanan khasnya pecel ya karena satu karesidenya dengan Madiun jadi sama sama pecel, Cemue juga menjadi makanan khas Magetan namun di hari Ramadhan biasanya yang juga super banyak, sedangkan untuk hasil kerajinan Magetan adalah sepatu kulir, sendal, tas, jaket pokoknya yang berbau kulit kamu bisa menuju ke Jl.Sawo Kota Magetan untuk bisa melihat hasil karya putra-putri daerah Magetan.

Dari gambaran diatas mungkin sudah cukup ia tentang Magetan kalo dijelasin tentang asal usul magetan ia jadi ribet panjang nanti bisa selenco pembahasanya, nah kita ke pokok bahasan mengenai gunung yang ada di Magetan itu apa saja, mungkin ada beberapa yang sudah tahu semisal Gunung Lawu karena gunung satu ini cukup terkenal dan menjadi deretan gunung di Indonesia yang wajib di daki karena banyak misteri gunung lawu menjadi magnet sebagian orang untuk lebih tahu perihal Lawu. Salah satu daya tarik lagi di gunung ini adalah adanya warung tertinggi di Indonesia yaitu Warung Mbok Yem yang sudah ada sejak tahun 1980 an.

Deretan gunung di Magetan cukup banyak namun kita akan memulai dari yang paling hits dan terkenal saja :

  • Gunung Lawu

Gunung Lawu memang menawarkan pemandangan yang menggoda disepanjang jalur track, selain itu juga gunung ini memiliki sejarah yang cukup kental dengan kerajaan masa lampau. Daya tarik lain juga di kawasan sekitar gunung lawu juga terdapat berbagai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika berniat mendaki gunung lawu ada beberapa jalur pendakian diantaranya jalur pendakian gunung lawu via cemoro sewu, cemoro kandang, cetho, Jogorogo dari ke empat jalur tersebut memiliki destinasi wisata berbebeda misal kamu mendaki via cemoro sewu dimana masuk administarsi Magetan kamu bisa mampir di Telaga Sarangan, Mbah Djoe Resort, Mojosemi, Air Terjun Tirta Sari dll

  • Gunung Blego

Gunung Blego yang banyak digunakan warga lokal khususnya wong Parang dijadikan pelarian saat wulan poso, mendakinya di saat bulan puasa malah camping semalem nanti jam 8 an turun, namun sekarng juga sudah bisa kamu daki dengan berbagai arah ada banyak jalur pendakian gunung blego yang bisa kamu pilih. Lokasi gunung blego berada di parang sebelah selatan Magetan.

  • Gunung Bancak

Untuk gunung satu ini berada di Parang, Lembeyan dan Gorang Gareng masuk tiga kecamatan namun untuk jalur pendakian gunung bancak kebanyak melalu desa sundul, Parang karena sudah ada jalan sampai kaki gunung yang terdapat petilasan yang setiap hari tertentu banyak pengujungnya, misteri gunung ini sudah terkanal di kalangan orang yang percaya akan pesugihan.

  • Gunung Kukusan

Gunung Kukusan masuk dalam deretan pegunungan yanga ada di Poncol tepatnya desa genilangit, wonomulyo abnyak pegunungan di area ini, selain gunung juga terdapat air terjun yang cukup banyak.

  • Gunung Bungkuk

Gunung Bungkuk masuk dalam wilayah Parang, eh parang banyak gunung ia sob . Gunung satu ini tidak begitu istimewa hanya ada sebuah telapak raksasa di puncak gunung ini mau lihat? yuk ke Bungkuk dulu 😀

  • Gunung Argo Tengah

Gunung Argo Tengah sesuai bahasan menganai kukusan tidak jauh beda karena gunung ini satu deretan.

  • Gunung Kendil

Gunung Kendil juga masuk deretan pegunungan yang ada di Poncol, hal yang harus kamu siapkan kesini adalah memiliki kamera walau cuma HP karena sepanjang jalur kesini cukup bagus pemandangan sekitaranya sayang jika sekali-kali kamu tidak berhenti sejenak untuk melepas penat sambil menghirup udara segar di poncol Magetan.

  • Gunung Argo Cupu

Gunung Argo Cupu juga masih satu lingkup dengan pegunungan yang ada di Poncol, mau jelasin apalagi tapi kalo mau tahu ia datang saja ke sini 😀 .

  • Gunung Sidoramping

Gunung Sidoramping merupakan gunung yang cukup tinggi yang berlokasi di kawasan wisata Telaga Sarangan.

Dari 8 gunung yang ada di Magetan apakah sudah pernah kamu daki? jika senior dalam dunia pendakian mungkin lawu sudah ia namun untuk gunung yang lain mungkin belum karena ketinggian ke 7 gunung yang lain tidak terlalu tinggi namun yang paling agak lumayan adalah gunung blego sudah ada jalur sampai puncak pertapaan pakai kendaraan.

Demikian informasi tentang gunung di Magetan, semoga informasi ini dapat membantu memberikan pentunjuk tentang gunung yang ada di Kabupaten Magetan dan hendak melakuakn aktifitas luar ruang misal mendaki atau sekedar camping saja. Ingat selalu jaga alam bumi pertiwi dengan selalu membuang sampah pada tempatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *