3 Jalur Pendakian Gunung Blego Parang Magetan

oleh

Gunung.id Parang Magetan – Gunung Blego merupakan gunung yang terletak di daerah Magetan tepatnya di Parang sebelah selatan Magetan kurang lebih berjarak 21km dari pusat Kota Magetan, karena ketinggian lebih 600mdpl Blego bisa dikatakan sebuah Gunung ia 😀 kalo dibawah itu baru dikatakan bukit . Gunung Blego tidak jauh beda ketinggianya dengan Gunung Batu yang ada di Jonggol, Bogor. Untuk melakukan pendakian Gunung Blego ada beberapa Jalur Pendakian Gunung Blego yang dapat kamu pilih.

Jalur Pendakian Gunung Blego diantaranya adalah dengan melewati desa sayutan sebuah desa yang berlokasi paling selatan Magetan sih kidul dewe batase Wonogiri atau bisa melakukan pendakian gunung blego melalui desa Ngunut (Sombo ) yang berlokasi barat gunung blego atau dengan naik motor via Tronoso kamu bisa langsung ke Tlogo Wurung.

Loading...

Dari ketiga jalur pendakian gunung blego mari kita ulas sedikit dari 3 jalur tersebut dimulai dengan desa seh kidul dewe yaitu Sayutan yang mana untuk bisa sampai desa sayutan sebenarnya dari Magetan lewat parang -trosono -sayutan sepertinya jalur ini lebih cocok untuk warga Ponorogo atau wonogiri yang ingin mendaki gunung blego. Untuk jalur pendakian gunung blego via Sombo kamu bisa mengakses jalan dari parang (Taman Garuda) -ngunut-Sombo  untuk waktu pendakian gunung blego via sombo kurang lebih 2 jam perjalanan kebanykan warga melakukan pendakian kesini di bulan Ramadhan. Sedangkan untuk jalur pendakian gunung blego via Trosono sepertinya sudah bagus karena sudah di buat jalan makadam yaitu jalan bebatuan yang sampai ke Tlgo wurung (Kawah Tidak Jadi) jadi untuk akses dari trosono cukup mudah bisa mengendari motor atau mobil khusus.

Dari 3 jalur pendakian tersebut kamu bisa memilih mana yang menurut kamu enak mau lewat Sombo, Sayutan opo Trosono tergantung minat kamu sob.

Untuk view diatas puncak yang diberi nama pertapan kamu bisa melihat Wonogiri, Ponorogo, Desa Parang dan Gunung Lawu dari puncak Pertapan Gunung Blego. Untuk pendakian gunung blego enaknya pagi sudah di puncak ia karena ngejar sunrise kalo untuk sunset kalah sama Lawu kurang top namun sunrise cukup memanjakan mata.

Please rate this