Bukit Wonomulyo Poncol Magetan, Tempat Asik Untuk Camping

oleh

Gunung di Magetan memang cukup banyak yang paling populer adalah gunung lawu yang mana terkenal kemistisannya dikalangan pendaki, namun walau mistis lawu tetap menggoda untuk didaki baik pendaki maupun masyarakat lokal di lereng kaki gunung lawu.

Jika sobat gunung ingin merasakan yang lain saat tandang di Magetan tidak hanya mendaki gunung lawu bisa melipir ke arah barat daya ada sebuah perkampungan yang adem ayem tentrem loh jinawi berada di kaki gunung kendil, kukusan, Argo tengah dan Argo Cupu .

Kawasan desa wisata wonomulyo bisa menjadi target salah satu tempat camping di Magetan yang kece badai, seperti apa view di bukit wonomulyo dari area camp.

Foto: Arif Suparmanto

Selain kamu bisa menikmati view perkampungan wonomulyo dari atas bukit kamu juga bisa menengok beberapa destinasi wisata disekitar seperti air terjun tirtosari, Tirto Jiwo, Lembah Geni Langit dan Goa Ngolangu dll. Memang dusun wonomulyo memiliki potensi wisata yang bagus dan sampai saat ini masih dalam perkembangan pemda Magetan, dusun ini berada diketinggian 1300 Mdpl dengan suhu rata-rata 16 -23 derajat celcius pokonya adem terus walau siang hari,  cocok banget buat camcer bersama keluarga, teman bahkan gebetan.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Favorit Kamu Yang Mana?

Transportasi menuju desa wisata wonomulyo cukup mudah dari pusat kota bisa arahkan kendaraan kamu menuju rute telaga sarangan setelah bertemu dengan pasar plaosan lurus dikit silahkan pelan -pelan tengok kiri ada pertigaan untuk menuju poncol ambil kiri ikutin jalan rata tersebut mentok sampai ketemu polsek poncok dipertigaan poncol terus ambil kanan patokan pasar poncol dan sebelah kiri ada SMKN 1 Poncol sudha lurus saja sampai mentok lurus kamu akan menemukan desa yang keren, kamu juga bakal melewati lembah genilangit yang jalanya khas banget turun kemudian ketemu jembatan kecil kemudian naik banget belok-belok terus baru nanti ketemu dusun wonomulyo. Jika kamu berasal dari Wonogiri bisa langsung saja enak karena poncol langsung berbatasan dengan jateng ambil Jl.puhpelem sampai ketemu Gonggang kemudian pertigaan genilangit atas ambil kiri nanti akan ketemu lembah genilangit, untuk dari Madiun atau PO bisa ambil jalur Madiun – Lembeyan – Parang – Poncol – lokasi.

Baca Juga: Telaga Sarangan Magetan, Wisata Eksotis di Lereng Gunung Lawu

Jadi kalo ke lawu jangan sampai lupa mampir kesini dari bascame cemoro sewu turun saja kebawah nanti lewati jalan raya sarangan kalo pengen ngopi dulu di Mbah Djoe Resort atau camping mehong bisa mencoba Mojosemi Forest Park atau wisata dulu ke Telaga Sarangan baru deh ke Desa wisata wonomulyo tidak jauh dari sarangan paling 30 menit cuma turun doank ke pasar plaosan sebelum pasar ada pertigaan atau setelag pertigaan ngerong lurus arah pasar pelan-pelan saja nanti lihat kanan jalan ada pertigaan ke arah poncol dan ikutin rute seperti yang sudah diterangkan diatas tadi.

Baca Juga: The Lawu Park, Destinasi Wisata Kuliner Hist di Karanganyar

Di magetan memang cukup banyak bukit dan gunung jadi 1 atau 2 hari rasanya tidak cukup untuk explore Magetan jadi kamu sisihkan waktu agak longgar bisa main ke Lawu kemudian mampir gunung -gunung kecil selain lawu yang ada di administrasi Magetan.