Nama dan Posisi Ketika Dalam Barisan Pendakian Beserta Tugasnya

oleh
Image: @alatpendaki

Kegiatan mendaki gunung memang sangat populer belakangan ini hampir tiap gunung di Indonesia sudah pasti ada yang mendaki terutama gunung yang sangat menjadi primadona adalah gunung prau. Namun jika kamu ingin lebih menantang gunung seperti Slamet, Ciremai, Semeru, Rinjani, Kerinci, Latimojong atau bahkan Jayawijaya tentu perlu teknik pendakian khususnya agar bisa menggapai puncaknya.

Baca Juga: Berapa Lama Sampah Terurai? Pendaki Wajib Baca !

Aktfitas mendaki memang bagus untuk tubuh manusia karena semua organ bergerak mengakibatkan semua fungsi tubuh berjalan sesuai fungsinya, untuk itu sobat gunung perlu tahu bahwa mendaki juga perlu tekin dan juga kerjasama kelompok dalam arti posisi dan tugas setiap individu pendaki, berikut barisan mendaki gunung dimulai dari depan sampai belakang serta apa saja sih fungsi dan kerjanya:

Loading...
  • NAVIGATOR
    Posisi navigator berada di paling depan barisan dimana fungsi utama navigator dalam dunia pndakian yaitu sebagai petunjuk jalan bisa dibilang guide, mengecek bagaimana jalur yang ada didepan apakah aman sambil koordinasi dengan leader. Tanggung jawab seorang navigator sangat berat karena berada di paling depan secara langsung semua yang ada dibelakng mengikuti jejak sang navigator jika salah track bisa bahaya makanya bisa dibilang seorang navigator punya beban tanggung jawab tinggi dalam kelompok pendakian.
  • LEADER
    Dalam team pendakian tugas seorang leader adalah yang paling berat karena semua tindakan dan putusan ada ditangan seorang leader dengan catatan berdikusi dengan teman yang lain dalam kelompok tersebut. Orang yang biasanya menjadi leader adalah orang yang sangat mengerti akan dunia pendakian serta memiliki ketahanan tubuh yang mumpuni.
  • CHEF
    Untuk kamu yang suka laper tentu keberadaan seorang chef sangat diperlukan karena tanpa chef kamu bakal tidak bisa makan enak waktu pendakian, jadi pilihnya chef yang benar-benar pandai dalam mengolah logistik yang kita bawa. Chef itu berat karena saat pendaki lain santai atau ngerest atau rokok’an doi selalu bekerja untuk membuat masakan bagi kelompoknya.
  • LOGISTIK
    Peran logistik sangatlah fital, jadi jika menjadi seperti gunung semeru atau gunung leuser yang perlu berhari-hari maka barang bawaan berupa makanan harus diatur sedemikian rupa tentu agar cukup untuk waktu pendakian berlangsung. Tugas seorang pembawa logistik cukup berat karena berkaitan dengan makanan biasanya bawa tas gunung cukup besar dan selalu koordinasi dengan Chef perihal apa saja yang akan dibawa dalam pendakian tersebut.
  • FOLLOWER
    Follower biasanya adalah orang baru dalam pendakian jadi doi hanya mengikut saja karena baru tidak tahu medan dan pengetahuan perihal dunia pendakian, posisi bebas dimana saja namun harus di depan sweeper.
  • SWEEPER
    Tugas utama seorang sweeper adalah memastikan tidak ada rombongan yang tertinggal makanya doi berada paling belakang jika ada anggota yang kenapa-kenapa siap untuk memberikan informasi kepada leader. Memastikan semua dalam keadaan baik dari segi anggota pendakian, barang bawaan dll.

Demikian kurang lebih barisan dalam melakukan pendakian gunung, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Selalu jaga alam ini dengan baik dengan cara kecil bawa sampah saat mendaki gunung serta tidak berbuat vadalisme.

Please rate this