Beberapa Alasan Kenapa Kamu Tidak Diharuskan Mendaki Gunung

oleh

Mendaki gunung memang sudah menjadi trend akhir-akhir ini bahkan sudah menjadi seperti gaya hidup 😀 kalo tidak menginjakkan kaki di gunung incaranya seperti hidup kurang lengkap. Tapi saat melakukan pendakian ke suatu gunung dengan track yang cukup nyesek misalnya seperti gunung ciremai via Linggar mungkin kebanyakan pendaki junior akan bilang ”kapok gue nanjak gunung, abis ini enggak -enggak lagi deh” tapi nyatanya nanjak lagi 😀 kalo pernah terbesit perkataan dalam hati seperti ini kita sama waktu dulu masih muda 😀 .

Baca Juga: Berapa Lama Sampah Terurai? Pendaki Wajib Baca !

Aktifitas pendakian memang dibutuhkan fisik terutama yang cukup extra , tidak hanya fisik saja namun pengetahuan personal juga harus mumpuni karena hidup di alam bebas itu tidak seperti kita dirumah yang disuguhin camilan di kulkas, laper berat tinggal pesen gojek , ngantuk tinggal ngampar di kamar namun saat mendaki gunung kamu harus tahu pengetahusan dasar hidup di alam bebas misalnya seperti persiapan mendaki gunung yang meliputi peralatan mendaki gunung itu apa saja, cara berjalan saat mendaki gunung  dll.

Loading...

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Lawu, Favorit Kamu Yang Mana?

Namun perlu sobat gunung tahu bahwasannya pada saat tertentu kita tidak boleh atau tidak disarankan untuk mendaki gunung loh, kenapa? berikut beberapa alasan kenapa kamu tidak diharuskan mendaki gunung:

  • Pada Saat Musim Kemarau

Sobat gunung mesti sudah pada faham akan musim yang satu ini, kenapa kamu tidak dibolehkan mendaki saat kemarau banget salah satu fenomena sebuah gunung dan hutan disemua NKRI kering dan hal ini sangat berpotensi kebakaran disebabkan oleh faktor alam ataupun kecerobohan oleh oknum tertentu namun kebanyakan yang tejadi kebakaran tahun ini memang faktor Human.  Maka dari itu buat para pendaki sangat tidak disarankan mendaki diwaktu musim kemarau kalo terjadi kebakaran namun jangan sampai ia akan berdampak fatal pada diri individual dan para pihak terkait untuk berkerja evakuasi dan pemadaman kebakran. Jadi jika kamu tetep kekeh nanjak selalu wasapada dan ingat jangan berbuat yang tidak-tidak seperti membuang putung rokok sembarangan, ninggalin titik api sembarang dll agar tidak terjadi kebakaran.

  • Pada Saat Musim Penghujan

Berbeda dengan musim kemarau yang ditakutkan terjadi kebakaran maka musim penghujan juga menjadi penyebab kenapa kamu tidak harus mendaki gunung, sebab musabab kamu tidak disarankan mendaki saat musim hujan karena track basah tentu ini menyulitkan kita dan estimasi waktu pendakian jadi molor jauhh selain itu juga fisik kamu juga akan mudah down karena dingin beruuuuu yang lebih parah lagi adanya petir lohhh ngeri ini dan musabab lain adalah kamu akan kehilangan moment untuk mendapatkan panorama yang kece badai kalo mendaki musim hujan. Namun jika tetep kekeh pengen nanjak yud hati2 ia jaga kesehatan kamu dan persiapkan matang -matang.

  • Pada Saat Musim Pancaroba

Saat kamu melakukan pendakian dimusim pancaroba tentu kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang terutama P3K karena musim ini rentan akan penyakit menyerang tubuh kita jadi persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum penyakit menerba kita. Selain itu musim pancaroba juga kadang -kadang badai menghadang dalam perjalanan pendakian kamu jadi kamu juga harus bawa peralatan ektra misalnya tendanya keren biar anti badai.

  • Kondisi Fisik Kurang Mumpuni

Tentu hal ini harus kamu tahan dan sabar karena kamu lagi gak enak badan masak ia maksainn, istirahat beruuu jangan nakal.. kalo tetep kekeh tetep mbokmu tidak mengizinkan kamu mendaki :p

  • Persiapan Kurang Matang

Perlu sobat gunung tahu sebelum mendaki gunung tentu kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai fisik, peralatan, pengetahuan dll jika kamu kurang dari list wajib mendaki lebih baik jangan beruuuu nanti resiko. Namun jika tetep kekeh wajib hukumnya bawa temen yang sudah familiar gunung yang dituju dan bila peralatan kurang memadai ada banyak jasa sewa alat pendaki.

Demikian kurang lebih beberapa alasan mengapa kamu tidak disarankan mendaki gunung di saat -saat musim tertentu sesuai yang kita jelaskan sedikit diatas, jika ada tambhan dimohonkan suhu gunung bisa komen .

Please rate this