9 Rekomendasi Gunung Untuk Menikmati Tahun Baru 2020

oleh

Kegiatan akhir tahun atau sering disebut tahun baru memang begitu banyak, untuk para pendaki biasanya tahun baru digunakan untuk menjadwalkan pendakian ke gunung -gunung yang memiliki ketinggian yang cukup menguras tenaga, untuk itu kita akan memberikan rekomendasi gunung untuk tahun baru kalian mungkin daftar gunung ini sebagian besar adalah minat daa keinginan para pendaki untuk menghabiskan akhir tahunnya di ketinggian.

Baca Juga: Film Pendakian Gunung Bagus dan Menantang

Kenapa waktu tahun baru sangat ditunggu para pendaki? mungkin karena akhir tahun mendapatkan cuti yang cukup atau bahkan libur atau memang gunung yang diincar membutuhkan jam terbang yang cukup lama sehingga timing seperti tahun baru seperti ini menjadi waktu yang primadona bagi para pendaki tertentu.

Loading...

Berikut beberapa gunung rekomendasi untuk menikmati indahnya malam tahun baru:

  • Gunung Prau
Sunset gunung Prau , via : @muftimuhammad_

Gunung satu ini memang menjadi magnet bagi para pendaki, apalagi bagi yang ingin merasakan pesona keindahan sebuah gunung ditambah usernya baru ingin mengenal alam memang prau menjadi destinasi andalan bagi kaum para pendaki baru atau lama. Kawasan dieng memang banyak sekali gunung yang mengelilinginya salah satunya gunung prau ini namun belakangan gunung bismo menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki selain itu gunung pakuwojo juga menjdai alternatif jika prau penuh.

  • Gunung Rinjani
Dok.Irwan

Gunung satu ini memang menjadi magnet bagi para pendaki, dengan berbagai daya tariknya gunung ini menjadi menu wajib bagi kamu pendaki sejati untuk melakukan pendakian di akhir tahu bahwasanya setelah gempa santer terdengar akan ditutup sampai tahun 2020 namun bulan ini pihak Taman Nasional Gunung Rinjani resmi membuka untuk umum,  tentunya dengan quota terbatas jadi kamu harus sikap dan cepat jika ingin kesini.

  • Gunung Kerinci
Image:sandysarif.blogspot.com

Menu selanjutnya adalah gunung kerinci sebagai gunung berapi tertinggi di Sumatera, kebanyakan pendaki gunung ini juga masuk list atau menu wajib akhir tahun.

  • Gunung Semeru
Suasana Camping di Ranu Kumbolo Gunung Semeru (Foto@qibaqib)

Tentunya gunung ini adalah menu wajib juga bagi kamu para pendaki sejati, gunung semeru merupakan tempat bersemanyamnya para dewa dengan segala misteri gunung semeru yang menyelimutinya makin tertantang menginjakkan kaki di bumi para Dewa, tempat favorit pendaki adalah Ranu Kumbolo atau Oro -Oro Ombo yang menjadi spot ciamik selain puncak Mahameru.

  • Gunung Latimojong
Image:otonomi.co.id

Salah satu gunung masuk seven summit Indonesia, gunung latimojong merupakan incaran bagi para pendaki namun tentunya kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mendaki gunung ini terutama masalah biaya 😀

  • Gunung Tambora
foto:Deni Sugandi

Gunung tambora juga salah satu gunung di Indonesia yang masuk list gunung yang wajib di daki dimusim liburan akhir tahun, gunung ini memiliki misteri yang super dasyat terutama saat gunung ini meletus.

  • Gunung Prau
Foto:@ryangustiawanputra

Baru-baru ini gunung prau memberlakukan bahwa untuk para pendaki yang melakukan pendakian dilarang membawa tisu basah dan hal ini juga berujung beruntun ke gunung di jawa tengah lainnya yang memberlakukan hal sama. Gunung prau juga bisa menjadi pilihan terfavorit untuk menikmati akhir tahun dengan waktu pendakian yang cukup singkat kamu akan mendapatkan view yang menawan dan tentunya pasti rame gunung satu ini, kalo gak mau rame bisa mengalihkan ke gunung pakuwojo viewnya juga sebelas dua belas sama prau.

  • Gunung Lawu

Gunung lawu adalah salah satu yang bisa kamu pilih juga untuk menikmati gemerlap pergantian malam di akhir tahun , gunung lawu merupakan gunung di tengah pulau jawa karena berada di perbatasan Jatim dan Jateng serta wisata sekitar lereng lawu juga lumayan banyak semisal Grojogan Sewu, Candi Cetho, Srambang Park, Telaga Sarangan dll.

  • Gunung Merbabu
Image:jejakmatabackpacker.com

Kenapa tidak memilih gunung lain? mungkin beberapa point yang menentukan merbabu masuk daftar semisal jalurnya yang keren dengan padang savana menggoda plus view sekitar juga keren, mungkin bagi para pendaki diluar jawa kebanykan mendaki gunung di jateng sekalian biasa di sebut Tripel S (Sindoro, Sumbing & Slamet) tapi merbabu juga bisa dicoba ia sob.

Demikian deretan gunung yang kita rekomendasikan untuk didaki saat tahun baru nanti, semoga list diatas bermanfaat ia sob ingat selalu persiapkan dengan baik sebelum mendaki gunung karena mendaki merupakan suatu kegiatan yang extrem. Selamat mendaki sob

Please rate this