Rekomendasi Gunung Yang Wajib Kamu Daki di Akhir Tahun

oleh

Banyak hal yang bisa kita lakukan jika menginjak akhir tahun, bagi para pendaki mungkin sebagian besar waktu liburan akhir tahun atau tahun baruan digunakan untuk mencari informasi/rekomendasi gunung yang bisa di daki, karena di liburan akhir tahun memang waktu yang pas untuk berpetualang.

Baca Juga: Koki Gunung Kebanyakan Cowok? Mitos atau Fakta

Gunung yang bisa dijadikan tempat camping atau mendaki di akhir tahun tentunya banyak karena pada dasarnya setiap individu juga memiliki kreteria yang berbeda tentunya dari segi expektasi masing-masing pendaki, jadi wajar jika satu suka ini dan satu suka yang itu manusia memang tercipta memiliki karakter serta sifat yang beda namun itu menjadi tolak ukur agar bisa saling mengisi satu sama lain tentunya.

Loading...

Baca Juga: Pendaki Gunung Masa Kini Dipengaruhi Eksistensi di Media Sosial?

Dari berbagai aspek dan tujuan yang dimiliki seorang pendaki melakukan sebuah pendakian ke suatu gunung pasti sudah ada plan tertentu mungkin ke gunung ini mau begini dan ke gunung ini membutuhkan waktu yang singkat dan ke gunung ini memang jauh makanya harus di ambil di masa liburan tahu baru dan masih banyak lainn yang menyertai tujuan mereka para pendaki, akan tetapi pada dasarnya setiap pendaki harus tahu dan sadar jika mendaki harus taap pada suatu regulasi di suatu kawasan dalam hal ini taman nasional atau cagar alam atau gunung yang akan didaki dengan tujuan agar kondisi gunung tetap terjaga kelestariannya tidak berbuat yang tidak-tidak di gunung makanya jiwa cinta alam harus melekat pada setiap diri para pendaki, yang tahu salah harap di tegur dan bagi yang ditegur jangan melonjak kamu harus sadar bahwa hal yang kamu lakukan adalah salah makanya teman yang lain menegur kamu, ingat alam ini milik bersama menjaganya juga harus sama-sama.

Semakian banyak pendaki yang melakukan pendakian ke suatu gunung maka dampaknya ada dua yang pokok yaitu dampak kerusakan dan dampak perbaikan ekonomi sebenarnya masih banyak aspek yang lainnya namun secara umum dua itu yang cukup terlihat dimana kerusakan tentunya dilakukan oleh para pendaki yang memiliki wawasan yang kurang maka disini dibutuhkan orang yang sadar betul akan kelangsungan ekosistem alam Negeri ini jika ada yang buah sampah sembarangan misalnya yang tahu harap di tegur atau menulis tidak pada tempat atau merusak yang lainnya, perlu kamu tahu sob sampah seperti botol aqua, tisu basah, sterofoam, plastik dkk itu sangat lama sekali terurai jadi kamu harus baca disni perihal ini (Berapa Lama Sampah Plastik Terurai ) selanjutnya perihal hal baik jika melakukan pendakian tentunya kamu para pendaki menyumbang pendapatan daerah suatu gunung tersebut karena kamu mendaki tentunya membayar atau lebih dikenal dengan SIMAKSI, selain utu juga dampak positifnya bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga lokal sehingga perputaran uang masih aman di dalam negeri. Dari semua hal itu maka menjadi pendaki yang peduli itu sangat bagus karena kamu secara tidak sadar sudah membangun karakter yang baik serta menjaga kelangsungan ekosistem alam negeri tercinta.

Baca Juga: Peraturan Tentang Simaksi Yang Perlu Kamu Tahu Sobat Gunung

Wah sudah terlalu banyak sepertinya ini tulisanya semoga dengan diatas yang pendaki keren makin tambah keren yang kurang keren monggo bisa tampil keren ingat gunung milik bersama mari kita jaga bersama-sama, nah sebenarnya kita tadi mau memberikan informsi tentang gunung yang bisa dijadikan target tahun baru malah kebanyakan kata sambutan, langsung saja mungkin daftar gunung dibawah ini bisa kamu jadikan ajuan nanti saat mau mendaki di akhir tahun bersama temen kerja, pacar, keluarga atau temen RT kamu 😀 .

  • Gunung Rinjani
Dok.Irwan

Gunung satu ini memang menjadi magnet bagi para pendaki, dengan berbagai daya tariknya gunung ini menjadi menu wajib bagi kamu pendaki sejati untuk melakukan pendakian di akhir tahu bahwasanya setelah gempa santer terdengar akan ditutup sampai tahun 2020 namun bulan ini pihak Taman Nasional Gunung Rinjani resmi membuka untuk umum,  tentunya dengan quota terbatas jadi kamu harus sikap dan cepat jika ingin kesini.

  • Gunung Kerinci
Image:sandysarif.blogspot.com

Menu selanjutnya adalah gunung kerinci sebagai gunung berapi tertinggi di Sumatera, kebanyakan pendaki gunung ini juga masuk list atau menu wajib akhir tahun.

  • Gunung Semeru
Suasana Camping di Ranu Kumbolo Gunung Semeru (Foto@qibaqib)

Tentunya gunung ini adalah menu wajib juga bagi kamu para pendaki sejati, gunung semeru merupakan tempat bersemanyamnya para dewa dengan segala misteri gunung semeru yang menyelimutinya makin tertantang menginjakkan kaki di bumi para Dewa, tempat favorit pendaki adalah Ranu Kumbolo atau Oro -Oro Ombo yang menjadi spot ciamik selain puncak Mahameru.

  • Gunung Latimojong
Image:otonomi.co.id

Salah satu gunung masuk seven summit Indonesia, gunung latimojong merupakan incaran bagi para pendaki namun tentunya kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mendaki gunung ini terutama masalah biaya 😀

  • Gunung Tambora
foto:Deni Sugandi

Gunung tambora juga salah satu gunung di Indonesia yang masuk list gunung yang wajib di daki dimusim liburan akhir tahun, gunung ini memiliki misteri yang super dasyat terutama saat gunung ini meletus.

  • Gunung Prau
Foto:@ryangustiawanputra

Baru-baru ini gunung prau memberlakukan bahwa untuk para pendaki yang melakukan pendakian dilarang membawa tisu basah dan hal ini juga berujung beruntun ke gunung di jawa tengah lainnya yang memberlakukan hal sama. Gunung prau juga bisa menjadi pilihan terfavorit untuk menikmati akhir tahun dengan waktu pendakian yang cukup singkat kamu akan mendapatkan view yang menawan dan tentunya pasti rame gunung satu ini, kalo gak mau rame bisa mengalihkan ke gunung pakuwojo viewnya juga sebelas dua belas sama prau.

  • Gunung Lawu

Gunung lawu adalah salah satu yang bisa kamu pilih juga untuk menikmati gemerlap pergantian malam di akhir tahun , gunung lawu merupakan gunung di tengah pulau jawa karena berada di perbatasan Jatim dan Jateng serta wisata sekitar lereng lawu juga lumayan banyak semisal Grojogan Sewu, Candi Cetho, Srambang Park, Telaga Sarangan dll.

  • Gunung Merbabu
Image:jejakmatabackpacker.com

Kenapa tidak memilih gunung lain? mungkin beberapa point yang menentukan merbabu masuk daftar semisal jalurnya yang keren dengan padang savana menggoda plus view sekitar juga keren, mungkin bagi para pendaki diluar jawa kebanykan mendaki gunung di jateng sekalian biasa di sebut Tripel S (Sindoro, Sumbing & Slamet) tapi merbabu juga bisa dicoba ia sob.

Demikian deretan gunung yang kita rekomendasikan untuk didaki saat tahun baru nanti, semoga list diatas bermanfaat ia sob ingat selalu persiapkan dengan baik sebelum mendaki gunung karena mendaki merupakan suatu kegiatan yang extrem. Selamat mendaki sob

Please rate this