Misteri Gunung Semeru, Paku Buminya Pulau Jawa

oleh

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa dan menjadi tujuan pendakian. Bukan sebagai gunung tertinggi saja, Gunung Semeru menyimpan banyak keindahan di dalamnya, sebut saja Ranukumbolo. Namanya gunung, banyak misteri Gunung Semeru yang beredar saat pendakian dan masih dipercaya hingga saat ini, seperti berikut ini.

Penunggu wanita di Ranukumbolo

Loading...

Danau yang indah dan cantik di Gunung Semeru, Ranukumbolo rupanya memiliki banyak cerita mistis di dalamnya. Salah satunya adalah hantu wanita penunggu Ranukumbolo. Banyak pendaki yang sering melihat hantu ini menampakan diri di tengah danau. Biasanya saat bulan pernama, hantu ini sering menampakan diri, disertai dengan kabut tebal. Mereka percaya bahwa hantu tersebut merupakan dewi penunggu Ranukumbolo.

Ikan mas Ranukumbolo

Bukan hanya sosok hantu wanita penunggu Ranukumbolo saja yang ada, konon katanya ada ikan mas yang tidak tahu asal usulnya. Banyak yang bilang ikan mas di sana adalah jelmaan dayang dari dewi penggunu Ranukumbolo.

Maka tidak heran ada larangan untuk memancing atau mandi di Ranukumbolo. Jika melanggar maka malapetaka akan datang atau hal – hal aneh akan menghampirimu.

Mbah Dipo si juru kunci

Sama halnya dengan kebanyakaan gunung di Indonesia, Gunung Semeru juga memiliki juru kunci yang bernama Mbah Dipo. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Mbah Dipo sendiri adalah orang pertama yang mengetahui kapan Gunung Semeru akan meletus. Mbah Dipo bertempat tinggal di area yang paling berbahaya saat letusan Gunung Semeru terjadi.

Namun saat ini, Mbah Dipo sudah tiada. Namun sebelum kepergiaanya, dirinya berpesan bahwa jika nantinya Gunung Semeru meletus jangan berlari ke arah desa Gunung Sawur namun berlari menuju arah sungai.

Kesurupan di Kelik

Area kelik merupakan area yang sering terjadi hal – hal mistis di dalamnya. Banyak pendaki juga yang tersesat dan bahkan terjatuh di area ini. Ada banyak sekali batu – batuan in memoriam yang menjadi tanda bahwa ada banyak orang yang meninggal di tempat tersebut. Bahkan di tempat ini juga sering banyak pendaki yang mengalami kesurupan.

Patung kembar kerajaan Majapahit di Arcopodo

Arcopodo merupakan area yang dilalui sebelum mencapai puncak Mahameru dan merupakan pos terakhir. Ada banyak cerita misteri yang menyelimuti area ini dan dipercaya oleh kebanyakan pendaki. Salah satunya adalah dua patung yang hanya bisa dilihat oleh orang – orang tertentu. Patung – patung tersebut dipercaya sudah ada di Arcopodo sejak jaman Kerajaan Majapahit dan dibangun oleh prajurit

Jika ada yang melihatnya juga memiliki beberapa versi. Ada yang bilang bahwa patung tersebut berukuran sangat besar sehingga dari kejauhan pun juga akan kelihatan. Ada juga yang bilang saat melihat patung tersebut hanya berukuran sebesar anak kecil saja.

Gunung Semeru adalah paku bumi Jawa

Gunung Semeru diyakini sebagai paku bumi Jawa. Misteri Gunung Semeru ini konon katanya tertulis di kitab kuno abad 15 yang bilang dulunya pulau Jawa masih terombang ambing di atas lautan. Maka dari itu, Sang Hyang Siwa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan Gunung Meru. Gunung ini merupakan gunung yang berasal dari India.

Gunung Meru dibawa Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura – kura raksasa serta Dewa Brahma yang menjelma sebagai ular raksasa. Konon, gunung Meru diletakkan pada sisi bagian barat pulau Jawa, namun membuatnya berat sebelah. Maka gunung ini dibagi menjadi dua, di mana Gunung Semeru di letakkan di bagian timur, sedangkan Gunung Penanggungan di bagian barat.