Kisah Misteri Gunung Wilis Yang Terkenal di Kalangan Pendaki

oleh

Gunung Wilis merupakan gunung yang berada di perbatasan 6 kabupaten sekaligus. Dengan ketinggian 2.552 mdpl, menjadikan gunung yang satu ini cocok untuk pendakian. Terlebih lagi dengan suasana alamnya yang masih asri. Namun banyak alasan gunung ini sepi akan pendaki, salah satunya adalah cerita misteri Gunung Wilis yang masih sakral dan berbau mistis.

Kisah Gunung Wilis terdahulu

Di jaman masa penjajahan Belanda, ada seseorang yang mendirikan padepokan yang diberi nama Sedepok di kawasan puncak Gunung Wilis. Ki Ageng Ngaliman adalah pendirinya. Di padepokan tersebut, beliau memiliki beberapa murid dan melatihya. Salah satu pelatihannya adalah latihan fisik, mental dan spiritual. Hal ini dilakukan agar bisa melawan para penjaja Belanda yang berusaha mencapuri urusan kerajaan Surakarta.

Kunjungan Jendral Sudirman ke Gunung Wilis

Konon katanya sebelum melakukan penyerangan menuju Yogyakarta. Jendral Sudirman pernah menggunakan Gunung Wilis sebagai jalan pintas dalam melakukan penyergapan di tanggal 11 maret. Beliau melakukan pendakian Gunung Wilis melalui Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Ular berukutan besar yang menjaga Gunung Wilis

Konon katanya, Gunung Wilis dijaga oleh ular yang berukuran sangat besar dan tidak terukur besarnya. Setiap harinya, ular tersebut dengan rutin mengelilingi dan menyusuri kawasan Gunung Wilis, mulai dari puncak sampai lereng Gunung Wilis. Namun tidak sembarang orang bisa melihat adanya ular yang satu ini. Pasalnya, ular ini tidak bisa dilihat oleh mata telanjang saja. Hanya beberapa orang tertentu dan memiliki kekuatan khusus yang bisa melihat penampakan dari sosok ular tersebut.

Sang Petapa di Goa Gunung Wilis

Gunung Wilis memiliki goa gaib yang ada di bawah puncak di bagian barat. Goa tersebut diapit oleh dua air terjun. Konon katanya di depan gua tersebut ada sosok lelaki dengan wajah yang hitam dan menyerupai munyuk atau monyet. Beliau terlihat sedang bersemedi di sepajang hari. Sama halnya dengan ular raksasa penunggu Gunung Wilis, sang petapa ini tidak bisa dilihat oleh sembarangan orang. Hanya orang dengan kemampuan tertentu yang bisa melihatnya.

Adanya sosok putri Kerajaan Mataram di Gunung Wilis

Banyak masyarakat sekitar Gunung Wilis yang mengaku pernah melihat penampakan sosok putri Kerajaan Mataram. Di mana putri tersebut sering terlihat berlalu lalang di kawasan Gunung Wilis. Diketahui bahwa sang putri dari Kerajaan Mataram karena pakaian yang dikenakan saat menapakan diri. Di mana, ia menggunakan jarik dengan warna dasar coklat muda dan ada motid kain Klitik kuning gading. Konon, pakaian tersebut hanya bisa digunakan oleh para bangsawan dan putri dari Kerajaan Mataram.

Pemandangan Gunung Wilis

Mungkin belum ada banyak kata yang bisa menggambarkan pesona dari Gunung Wilis itu sendiri. Pasalnya, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang sangat aduhai dan jarang kalian temui di gunung manapun. Hutan yang masih asri, jalur pendakian yang bersih tanpa sampah serta alam yang masih perawan merupakan gambaran keindahan Gunung Wilis.

Jalur pendakian Gunung Wilis

Untuk menuju puncak Wilis sendiri bisa melalui berbagai arah, seperti Kecamatan Mojo untuk arah dari sebelah timur. Kemudian ada Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungaggung yang memulai pendakian dari sebalah selatan. Ada juga dari utara yang memulai dari Kabupaten Nganjuk. Sedangkan sebelah barat, pendakian bisa dimulai dari Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Madiun.

Itulah beberapa cerita misteri Gunung Wilis yang masih cukup kental dan mistis. Keangkeran Gunung Wilis yanga belum diketahui menjadi alasan gunung ini sepi dari pendakian.

Please rate this