Telaga Ngebel, Destinasi Wisata Primadonanya Kota Reog

oleh
Foto:@ekos.sj

Gunung.id, Ponorogo – Telaga Ngebel merupakan destinasi wisata andalan Kota Reog yang mana lokasinya berada di lereng Gunung  Wilis tepatnya di desa Ngebel dengan ketinggian kurang lebih 610 Mdpl sehingga kawasan wisata telaga ngebel memiliki udara yang sejuk sekitar 20 – 30 derajat celcius.

Foto:@samuel_kondang

Di danau ngebel juga ada ritual larung sesaji yang dilaksanakan di bulan Asura biasanya prosesi ini sebagai penutupan rangkain acara di bulan asura di kota Ponorogo, jika sobat ingin menyasikkan larung sesaji di ngebel bisa datang di bulan asura. Dari pesona indahnya telaga ngebel dan budaya larungan di telaga ngebel ada cerita mistis didalamnya seperti Kota Magetan dimana Telaga Sarangan juga mempunyai cerita awal muasal adanya telaga tersebut, Ngebel juga punya cerita yang sama.

Sejarah Terbentuknya Telaga Ngebel:

Cerita terbentuknya telaga ngebel adalah pada Zaman dahulu kala Patih dari kerajaan Bantaran Angin melakukan semedi di daerah Ngebel dengan wujug seekor ular dan pada saat melakukan semedi ada warga yang sedang ke ladang dan menemukan seekor ular, ular tersebut adalah jelmaan dari sang patih, warga yang menemukan ular tersebut langsung membawa ke Desa tempat tinggalnya. Singkat cerita ular yang dibawah warga tadi mau dijadikan santapan buat masyarakat desa karena ular tersebut memilki ukuran yang besar akan tetapi sebelum memotong ular dari jelmaan patih tersbut langsung berubah wujud menjadi anak-anak.

Dari perubahan tersbut warga desa panik dan terkejud akan perubahan ular menjadi Anak manusia, dari sini munculah ide sang Anak membuat sebuah Sayembara dimana bila ada orang yang bisa mencabut lidi yang saya tancapkan ini berarti sakti dan akan mendapatkan imbalan dari sang Patih (wujud anak kecil). Akan tetapi dari semua warga desa tidak ada yang bisa mencabut lidi tersebut hanya sang anak yang bisa mencabut lidi yang ditancapkan, setelah itu muncul sumber air yang melober di daerah tersbut sehingga membentuk Telaga Ngebel.

Bagi sobat yang ingin mendengar lebih banyak perihal telaga ngebel bisa datang langsung ke Ponorogo dan berwisata di telaga ngebel.

Berikut Fasilitas, Lokasi dan harga tiket masuk telaga ngebel:

Fasilitas Telaga Ngebel Ponorogo:
Kamar Mandi
Kantin
Penyewaan Pelampung
Mushola
Toilet
Parkir
Hotel
Pasar
Alat Pancing
Berkuda
Foto Area
NB: Segala fasilitas diatas tidak semua Free hanya ada beberapa yang Free.

Harga Tiket Masuk Telaga Ngebel Ponorogo 2018:

No Keterangan Harga
1 Tiket Masuk Wisata Rp.10.000
2 Tiket Masuk Mobil Rp.2.500
3 Tiket Masuk Sepeda Motor Rp.2.000
4 Tiket Masuk Bus Rp.10.000
5 Parkir Mobil Rp.5.000
6 Parkir Motor Rp.2.000
7 Parkir Bus Rp.10.000
8 Keliling Ngebel Naik Kuda Rp.30.000/Putaran
9 Keliling Ngebel Speed Boat Rp. 40.000/Putrn

Demikian informasi tentang telaga ngebel Ponorogo, semoga informasi yang kita berikan bermanfaat ia sob selalu jaga kebersihan area wisata yang kamu kunjungi dengan cara kecil dengan dimulai tidak membuang sampah sembarangan.

Please rate this