Percaya, Tidak Percaya, Misteri Gunung Merapi Masih di Percayai Pendaki

oleh

Misteri Gunung Merapi – Siapa yang tidak kenal dengan Merapi? Salah satu Gunung di Pulau Jawa ini seringkali mengalami erupsi. Selain itu, banyak sekali misteri Gunung Merapi yang berkaitan dengan alam gaib dan kerajaan jin.

Kyai Petruk

Dalam kerajaan Merapi ada beberapa tokoh sakti dengan namanya masing – masing yang sudah sangat terkenal di masyarakat sekitar Gunung Merapi. Salah satu tokoh tersebut adalah Kyai Petruk. Kyai petruk sendiri memiliki tanggung jawab untuk melindungi warga sekitar Gunung Merapi. Maka dari itu, penampakan Kyai Petruk menjadi pertanda bahwa Merapi akan meletus.

Hal ini sama dengan letusan Gunung Merapi yang terjadi tahun 2010 silam. Di mana ada gumpalan awan yang membentuk wajah Kyai Petruk. Bahkan berhasil diabadikan oleh beberapa warga asal Magelang. Hal ini benar adanya pada bulan Oktober dan November, Gunung Merapi meletus.

Pasar Bubrah

Pasar Bubrah menjadi area peristirahatan para pendaki sebelum ke puncak Gunung Merapi. Pasar Bubrah menjadi area yang cukup luas untuk mendirikan tenda dan didominasi oleh pasir dan bebatuan sisa letusan Merapi.

Konon katanya, tempat ini dipercaya sebagai tempat paling angker di Gunung Merapi. Seperti namanya, Pasar Bubrah menjadi pasar besar dari Kerajaan Merapi. Di mana, batu – batu yang berserakan merupakan warung, meja atau kursi makhluk halus.

Maka ada peraturan bagi para pendaki untuk selalu berlaku sopan di tempat ini. Jika tidak berkelakuan baik, maka mereka tidak akan segan – segan untuk menculik pendaki tersebut. Banyak pendaki yang mengalami kejadian mistis ini. Di mana mereka benar – benar mendengar suara yang ramai layaknya pasar di tempat tersebut saat malam hari.

Keraton Merapi

Gunung Merapi dipercaya memiliki Keraton Merapi didalamnya yang merupakan kerjaan para jin. Bahkan Keraton Merapi sudah ada dari jaman Kerajaan Mataram. Konon, Kerajaan Mataram dan Keraton Merapi memiliki hubungan yang erat pada masa lalu. Legenda mengatakan bahwa Keraton Merapi membantu Kerajaan Mataram melalui letusannya untuk mengalahkan Kerajaan Panjang.

Karena jasanya itulah, maka hingga saat ini warga sekitar Gunung Merapi sering memberikan upeti dalam bentuk ritual keagamaan. Salah satunya adalah ritual selamatan labuhan yang diadakan setiap setahun sekali yakni pada tanggal 30 rajab.

Bungker Kaliadem

Ada sebuah bungker di desa Kaliadem yang telah perok – poranda akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010. Bungker ini dulunya digunakan sebagai tempat berlindung dari letusan. Konon sering terdengar suara tangisan. Di tambah lagi dengan suasana yang seram dan mencengkam di dalam bungker tersebut.

Gunung Wutoh

Misteri Gunung Merapi tidak terlepas dengan cerita dari Gunung Wutoh. Gunung Wutoh dipercaya masyarakat sekitar sebagi pintu masuk Keraton Merapi dan dijaga oleh Nyai Gadung Melati. Di mana dirinya merupakan pemimpin pasukan wanita Gunung Merapi dan bertugas menjaga kelesatarian Gunung Merapi. Banyak pendaki yang pernah bertemu dengan Nyai Gadung Melati.

Puncak Garuda dan batu Erri

Tahun 2015 yang lalu ada tragedi yang cukup mengejutkan, di mana Erri Yunanto yang terjatuh ke kawah Merapi. Saat kejadian dirinya memang berfoto di atas batu, namun sayang dia terpeleset dan jatuh ke dalam kawah.

Sejak peristiwa tersebut banyak yang percaya bahwa batu yang dipijak oleh Erri tersebut merupakan Puncak Garuda yang hilang saat letusan tahun 2010 silam. Pasalnya, batu tersebut mirip dengan puncak Garuda. Dari situlah, hal gaib berbau mistis mulai bermunculan. Bagimana mungkin, puncak yang sudah hilang bisa muncul kembali?

Please rate this