Gunung Merapi Meletus, Tinggi Kolom Mencapai 2000 M

oleh
Gunung merapi meletus
Image: BPPTKG

Gunung Merapi kembali meletus pada Sabtu (28/3/2020) pagi. Erupsi tercatat terjadi pada pukul 05.21 WIB. “Rekaman erupsi Gunung Merapi tanggal 28 Maret 2020 pukul 05:21 WIB dari sisi selatan dan tenggara,” tulis Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam akun Instagramnya, Sabtu.

Baca Juga: Daftar Gunung di Indonesia Tutup Karena Dampak Virus Corona

BPPTKG dalam akun Twitternya menyebut, tinggi kolom letusan Sabtu pagi ini mencapai 2.000 meter dari puncak. “Erupsi tercatat di seismogram dgn amplitudo 50 mm dan durasi 180 detik. Teramati tinggi kolom erupsi 2.000 m. Arah angin saat erupsi ke Barat,” tulis BPPTKG soal letusan Gunung Merapi.

Baca Juga: Daftar Gunung di Indonesia, Lokasi dan Ketinggiannya Lengkap disini!

BPPTKG mengimbau warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. “Tetap tenang nggih Warga Merapi, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 km dari puncak Merapi,” pinta BPPTKG.

Saat ini, BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau Waspada. Untuk sementara, BPPTKG tidak merekomendasikan kegiatan pendakian, kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan mitigasi bencana.

Sebelumnya, gunung api teraktif di Pulau Jawa itu telah mengalami erupsi dua kali pada Jumat 27 Maret 2020.

Please rate this