Lava Pijar Berguguran, Merapi Berstatus Waspada

oleh

Gunung Merapi kembali mengalami guguran lava pijar semalam. Tercatat enam kali lava pijar meluncur dari kawah Merapi mengarah ke hulu Kali Gendol dengan jarak luncur 600 meter. Pagi ini pukul 09.45 WIB, kondisi puncak Merapi tertutup kabut. Kondisi tersebut terlihat dari Bukit Klangon, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman yang berjarak sekitar 4-5 kilometer dari puncak Merapi. Namun cuaca di sekitar lereng cukup cerah.

Baca Juga: Percaya, Tidak Percaya, Misteri Gunung Merapi Masih di Percayai Pendaki

Diberitakan sebelumnya, semalam Gunung Merapi kembali mengalami guguran lava pijar. Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Kaliurang, Kabupaten Sleman mencatat telah terjadi 6 kali guguran lava dari puncak Merapi.

Teramati dari PGM Kaliurang pada Minggu (13/1/19), sejak pukul 19.50 hingga 21.21 WIB terjadi enam kali guguran lava dari puncak Merapi ke arah hulu Kali Gendol. Jarak luncur masing-masing diperkirakan sejauh antara 200-600 meter dengan durasi 35-86 detik.

Baca Juga: Air terjun Kedung Kayang, Pesona Keindahan Lereng Gunung Merapi

“Jarak luncur tergolong masih aman jadi masyarakat diimbau tetap tenang,” jelasnya.

Saat ini Gunung Merapi berstatus Waspada (Level II) dengan radius bahaya 3 kilometer dari puncak. Pada wilayah radius bahaya itu dilarang untuk aktivitas apapun bagi penduduk.

Please rate this