Misteri Gunung Merbabu

oleh
Ilustrasi Misteri Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan gunung aktif yang disukai oleh banyak pendaki. Pasalnya panorama indah Gunung Merbabu sangat mempesona. Tentu saja, pendaki sudah akrab dengan cerita misteri Gunung Merbabu. Berikut ini sejumlah cerita mistis dari Gunung Merbabu.

Sosok macan gaib

Masyarakat sekitar Gunung Merbabu percaya, gunung ini sudah tidak memiliki macan. Namun banyak pendaki yang percaya dan bahkan mendengarnya sendiri bahwa ada suara auman macan. Tapi tidak nampak wujud aslinya.

Bahkan di tahun 2008 silam ada pendaki wanita yang meninggal dengan bekas terkaman dan gigitan hewan buas, seperti macan. Padahal, masyakarat percaya sudah tidak ada habitat macan loreng di Gunung Merbabu.

Baca : 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Hantu gadis pendaki gunung

Konon katanya ada sosok hantu gadis pendaki yang menampakan dirinya di antara para pendaki. Diceritakan, saat itu Budi terpisah dengan rekannya saat di Pos 1. Di mana dirinya yang sedang berselfie tidak sadar sudah terpisah dengan rombongan. Beberapa saat barulah Budi sadar dan berusaha untuk mengejar rombongannya.

Saat mengejar temannya, dirinya bertemu dengan seorang gadis dengan atribut pandaki. Gadis tersebut mengaku juga ketinggalan rombongannya. Merasa senasib, akhirnya mereka melanjutkan perjalanan sembari mengobrol.

Kejadian aneh mulai sering dirasakan. Misalnya saja, sudah hampir 4 jam, Budi tidak mencapai pos berikutnya. Akhirnya, dia memutuskan mendirikan tenda dan bermalam. Gadis tersebut tidur di dalam tenda dan Budi di luar dengan sleeping bag. Saat subuh, gadis tersebut berpamitan untuk melanjutkan perjalanan.

Saat Budi terbangung, dia kaget karena posisinya yang berada di pinggir tebing. Lantas, ia bergegas membereskan tenda. Tidak jauh ada tas milik gadis tersebut. Jadi Budi membawanya, mungkin saja ketemu di puncak. Namun dirinya tidak bertemu gadis tersebut di puncak. Bahkan temannya bilang tidak ada pendaki lain selain rombongannya.

Maka Budi mengantarkan tas tersebut menuju alamat yang ada pada tanda pengenal tersebut. Saat sampai di rumah gadis, Budi terkejut sebab gadis yang menemaninya adalah pendaki yang hilang dari tahun 2009 dan bahkan jasadnya tidak pernah ditemukan.

Hantu minta gendong yang mengganggu

Gunung Merbabu juga memiliki pasar setan, di area Pasar Dieng. Ada banyak cerita mistis menyelimuti area ini saat Anda ingin menuju puncak Kentheng Songo. Salah satu yang cukup bikin bulu kuduk merinding adalah hantu yang minta gendong. Memang tidak terlihat wujudnya, namun pendaki yang menggendong hantu ini akan merasa berat tidak wajar pada bagian punggung dan pundak.

Watu Gubug

Saat Anda melalui jalur Thekelan, Anda akan menjumpai tumpukan batu – batuan yang besar dan membentuk layaknya pintu gua. Tumpukan batu ini dinamakan dengan Watu Gubug. Melihatnya saja, Anda sudah bisa berspekulasi bahwa pintu tersebut hanya bisa dimasuki oleh satu orang saja. Namun nyatanya, kadang pintu Watu Gubug tersebut bisa dimasuki lebih dari satu orang.

Usut punya usut, pintu Watu Gubug tersebut merupakan pintu menuju alam gaib. Bagi pendaki yang bisa masuk ke dalam gua kecil tersebut, artinya bahwa penjaga kerajaan gaib merestui manusia tersebut. Namun tidak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Ada juga beberapa orang yang tidak bisa memasuki pintu Watu Gubung tersebut.

Itulah sejumlah cerita misteri Gunung Merbabu yang masih senter terdengar di kalangan pendaki. Percaya tidak percaya semua kembali pada diri masing – masing. Ingat puncak bukan tujuan, melainkan pulang ke rumah adalah tujuan dari pendakian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *