Oro Oro Ombo, Bunga Verbana Mekar Penambah Eksotis Gunung Semeru

oleh

Ketika melakuan pendakian gunung semeru pastinya kamu akan melewati tahapan yaitu melewati tiap pos dari mulai satu, dua,tiga dan sampai klimaksnya puncak Mahameru. Oro-oro Ombo adalah padang savana di gunung semeru yang berada di gunung semeru setelah tanjakan cinta dan tentunya ranu kumbolo.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Semeru

Bunga Verbana di Oro oro Ombo Gunung Semeru (Dok.Dendy Saputra)

Pada bulan April – Mei biasanya oro oro ombo ditumbuhi bunga yang super keren yaitu Bunga Verbana yang berwarna ungu menghiasi perjalanan kamu sebelum kamu sampai di cemoro kandang dan kalimati tempat area camp terakhir di gunung semeru.

Oro oro Ombo akan berubah lautan berwarna ungun jika bunga Verbana bermekaran di pulan April -Mei, jadi jika kamu ingin melakukan pendakian gunung lalu bulan April -Mei adalah waktu terbaik untuk menikmati lautan bunga verbana di oro-oro ombo serta dapat kamu jadikan moment yang paling favorit saat mendaki semeru. Bunga Verbana cukup tinggi hampir melampau tinggi Manusia pada umumnya berkisar 1 -2 meter.

Baca Juga:Misteri Gunung Semeru, Paku Buminya Pulau Jawa

Bunga verbana memang bagus dilihat secara kasat mata, namun perlu sobat gunung tahu tanaman ini adalah tergolong invasif, sehingga dampaknya adalah mengancam spesies tumbuhan asli di gunung semeru itu sendiri dan perlu di catat! Bunga Verbana tidak boleh di petik atau di bawa pulang oleh para pendaki ditakutkan butir-butir bunga verbana akan jatuh di jalur trekking yang nantinya bisa jadi akan tumbuh di jalur trekking .

Gunung semeru memang menjadi magnet bagi para pendaki lokal bahwasanya semenjak ada film 5 cm sepertinya gunung ini menjadi incaran para pendaki benar atau tidak? hanya kamu para pendaki yang bisa jawab apa motivasi saat mendaki gunung lawu apa karena memang benar menikmati alam atau terpengaruh film tersebut, namun hal tersebut secara manusiawi waja saja kok karena pada dasarnya manusia kan pengen tahu dan butuh liburan.

Jalur pendakian gunung semeru sendiri yang paling populer melewati desa Ranu Pane titik awal untuk melakukan pendakian dan tentunya kamu harus mengurus simaksi sebelum mendaki. Untuk bisa sampai di puncak para dewa dari bascame pendakian diperlukan kurang lebih waktu trekking 10 -12 jam perjalanan.

Please rate this