Keindahan Sunrise Gunung Pakuwojo

oleh
Foto: Herue Arye‎

Gunung.id, Wonosobo – Ingin menikmati sunrise seperti di Gunung Prau? kamu bisa mencoba pendakian gunung pakuwojo yang masih satu lokasi yaitu di Wonosobo, Gunung Pakuwojo sendiri mempunyai ketinggian 2395 Mdpl dimana kamu bisa mendaki gunung ini dengan jalur pendakian yaitu jalur Desa Parikesit, Desa Tieng, dan Desa Sembungan.

Dari 3 jalur pendakian gunung pakuwojo memiliki estimasi waktu tracking berbeda serta view juga berbeda tentunya dimana bila kamu mendaki gunung pakuwojo via parikesit akan memakan waktu 3- 3 jam dan jalur ini sangat direkomendasikan karena memiliki view yang tidak kalah dengan Prau yaitu baground gunung Sindoro, Prau, Unggaran, Merbabu, dan Gunung Ngajir, jika kamu memilih waktu yang lebih relatif singkat kamu bisa lewa Desa Sembungan dengan waktu tempuh 1,5 jam saja dan terakhir jika kamu dari Tieng akan memakan waktu 2 jam pendakian.

Gunung pakuwojo bisa jadi alternatif bila Prau penuh mengingat zaman now gunung adalah tempat wisata jadi pakuwojo solusinya bila ingin mendapatkan view serupa kayak Prau namun ketenangan akan kau dapatkan di Gunung Pakuowojo. Gunung pakuwojo masih di huni oleh flora & fauna yang ciamik pula contohnya Bunga Api, Pakis Haji, Eldewis Jawa, Pakis Gunung, Cantingi Ungu, Bunga Turuwara, Kantong Semar, Buah Berry, Lumut Paku, Akasia (Flora) dan untuk fauna di antaranya Burung Pentet, Kutilang, tekukur, Jalak, Demyak, elang, kijang.

Loading...

Transportasi menuju bascame gunung pakuwojo bila dari Jakarta, Surabaya atau Bandung  bisa naik kereta menuju wonosobo atau bisa naik bus tergantung kamu mau pilih moda transpotasi apa untuk menuju wonosobo, jika sudah sampai di wonosobo kamu bisa menuju ke desa parikesit jalur rekomended untuk pendakian gunung pakuwojo, untuk menuju parikesit dari pusat kota hanya memerlukan 30 menit perjalanan saja dan untuk tiket atau retribusi pendakian sebesar 5k, bila kamu mengendarai motor maka biaya parkir dikenakan 5k dan mobil 10k.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Jawa Yang Perlu Kamu Tahu

Berikut Estimasi Biaya Pendakian Gunung Pakuwojo:

No Bus Kereta Ket
1 Jakarta – Wonosobo 80k -100k 285k-380k gambir
2 Surabaya- Wonosobo 90k-110k 140k SBY-Solo -Wonosobo
3 Bandung -Wonosobo 135k 124k
4 Ojek 15k
5 Tiket Pendakian 5k
6 Parkir 5k/motor 10k/mobil

Track gunung pakuwojo didominasi oleh perkebunan warga dan bebatuan lama pendakian dibuat santai memakan waktu 3 jam dan area camp cukup memadai di area puncak gunung pakuwojo, kenapa kamu harus mendaki gunung pakuwojo lewat parikesit karena memiliki sunrise yang memukai sesuai yang kita singgung diatas tidak kalah dengan Gunung Prau.

Demikian informasi sedikit perihal jalur pendakian gunung pakuwojo serta estimasi biaya serta waktu pendakian gunung pakuwojo bagi kamu para pendaki yang tertarik ingin mencoba jalur track gunung pakuwojo monggo mumpung masih sepi.

Please rate this