Persyaratan Mendaki Gunung Prau, Berikut Syarat dan Ketentuannya

oleh
Foto: @twww.garr

Seperti gunung lawu, pendakian gunung prau juga memiliki persyaratan yang cukup ketat. Pada tanggal 6 Juli pendakian gunung prau resmi dibuka, eit tapi ingat ia jalur pendakian hanya bisa lewat jalur dieng artinya dari 6 jalur pendakian gunung prau hanya ini yang bisa menggapai puncak prau.

Baca Juga: Informasi Lengkap! Transportasi Ke Dieng Naik Kereta Api Dari Jakarta

Bagi kamu yang ingin mendaki gunung prau dalam waktu dekat harus memperhatikan aturan yang ada, seperti dibelakukannya ketentuan-ketentuan pendakian lawu yang dibuka lebih dulu. apa saja sih persyaratan pendakian gunung prau di tengah pandemi covid-19? berikut bisa kamu pahami sebelum mendaki:

Foto: @novemlawalata
  • Bagi para pendaki yang ingin mendaki gunung lawu ingat ia kamu harus bawa surat keterangan sehat minimal dari Puskemas jika terpaksa tidak bawa kamu bisa membuat di kawasan  dieng atau di pukesmas kejajar administrasi pembuatan surat sehat sebesar Rp.20.000. Nomor tlp. puskermas dieng (0286) 3320199 untuk kejajar di nomor (0286) 3326485 sebagai tambahan hari minggu tidak melayani pasien artinya tutup jadi ini bisa menjadi perhatian bagi semua pendaki, kalo weekend bawa dari rumah atau tempat tinggal kalian ia sob.
  • Bagi para pendaki harus membawa masker minimal 2 pcs serta wajib dipakai di area bascame atau kawasan Dieng dan membawa sarung tangan sebanyak 2 pcs.
  • Pendaki wajib membawa handseniteser mandiri dimana setiap pendaki harus membawa minimal 1 botol, jadi jika kamu berkelompok sejumlah 5 orang atau lebih berarti setiap orang bawa satu handsenitezer, hal ini juga berlaku untuk point satu ia sob
  • Semua pendaki setelah tiba cuci tangan untuk mematuhi protokol kesehatan serta di cek peralatan pendakian satu persatu jika kurang tidak boleh diizinkan mendaki misalnya berkelmpok 3 orang membawa SB cuma dua tidak diizinkan naik kamu harus penuhi safety hiking dulu bisa menyewa di basecamp.
  • Pihak bascame akan mengecek suhu tubuh jika melebihi suhu normal (37,5) maka pendaki dilarang mendaki
  • Pendaki wajib memenuhi alat yang safety (peralatan) seperti yang sudah disinggung point sebelumnya, hal ini perlu diperhatikan mengingat untuk keselamatan bersama.
  • Pendaki memiliki fisik yang kuat artinya tidak ada gangguan kesehatan disaat mau mendaki, sehat walafiat jasmani rohani.
  • Tenda dirikan tidak boleh berdampingan minimal jaga jarak 1-2 M dan tidak boleh gabung dengan rombongan lainnya
  • Kapasitas tenda bila mana muat 4 orang tendanya berarti diisi 2 orang artinya maksimal 50% dari kapasitas.
  • Jam operasional mulai 07.00-17.00
  • Semua pendaki wajib meninggalkan identitas (KTP, SIM, BPJS, Kartu Pelajar dll) salah satu ia bukan hanya ketua rombongan.
  • Pengambilan identitas maksimal pukul 22.00 diluar jam itu harus ambil keesokan harinya
  • Pendaki hanya yang tinggal di kawasan Jateng dan DIY

Yuk agendakan pendakian kamu ke gunung prau dan ingat persyaratan di atas harus kamu penuhi dan selalu taat pada aturan yang ada dan selalu terapkan safety ia dalam pendakian kamu. Oai sob untuk uji coba pendakian ini berlaku 30 hari kedepan jika berjalan dengan baik, maka jalur lain akan dibuka dan daearah lain juga bisa mendaki gunung prau misalnya orang Bandung, Sub, JKT dll.

 

Please rate this