Gunung Bismo, Jalur Pendakian dan Estimasi Biaya Lengkap Disini

oleh
Foto: @fatimahfadhiilah

Gunung Bismo memang tidak terkenal seperti gunung Prau, namun gunung ini sudah secara resmi dibuka untuk umum karena pada tanggal 20 Juli 2019 Gubernur Jawa Tengah , Bapak Ganjar Pranowo telah membuka jalur pendakian Gunung Bromo secara simbolis.

Baca Juga: Informasi Lengkap! Transportasi Ke Dieng Naik Kereta Api Dari Jakarta

Gununung Bismo berlokasi di Desa Campursari dan Desa Sikunang , Kabupaten Wonosobo dengan ketingian 2.338Mdpl. Pos pendakian yang diresmikan Bapak Gubernur yaitu jalur pendakian via Silandak, tepatnya berada di Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Untuk sobat gunung yang ingin merasakan indahnya puncak gunung Bisma bisa melewati jalur resmi yang telah ditetapkan atau dibuka secara umum oleh orang nomor satu Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Keindahan Sunrise Gunung Pakuwojo

Selain jalur dari Silandak kamu juga bisa mendaki gunung bismod dari bascame Deroduwur, untuk kontak personya jalur ini bisa hubungi 083126640286 atau 081216834497

Estimasi waktu pendakian gunung bismo kurang lebih memakan waktu 2-4 jam tergantung fisik pendaki itu sendiri namun kebanyakan pendaki menghabiskan waktu 3 jam untuk bisa sampai di puncak tertinggi gunung bismo. Gunung bisma sendiri masih dalam kawasan pegunungan Dieng jadi setelah kamu naik gunung ini bisa mampir ke dieng juga.

Jalur Pendakian pertama atau disebut Dewa Brata dominasi oleh track yang cukup landai dengan pemandangan sekitar yang menggoda yang ditubuhi ilalang di jalur tracking.

Untuk pos kedua (Hutan Pakis) kamu akan mengeluarkan keringat bahwasanya jalur atau pos dua kamu akan dihadapkan dengan jalur tracking yang menanjak dengan samping kiri kanan pepohonan yang rindang

Untuk pos tiga gunung bismo kurang lebih tidak begitu berbeda dengan pos dua.

Setelah kamu melewati pos 2 dan pos 3 maka kamu akan bertemu dengan yang namanya trowongan mesra khas gunung Bismo, jangan lupa selfie disini ia 😀

Setelah melewati trowongan mesra kamu akan bertemu dengan pos 4 atau disebut juga dengan area camp guung bismo, disini kamu akan istirahat sebelum summit ke puncak gunung bismo.

Foto: @erna_ibibahc
Pemandangan/View gunung bismo, via @elmanderz

Foto – foto lain biar kamu makin pengen kesini:

Foto: @firmansyah_hzr

Untuk bisa sampai ke bascame dari pusat kota bisa langsung menuju Mojotengah arah makam Mbah Muntaha. (Alun Alun Wonosobo) – Pertigaan argipeni – Ambil kiri – Arah unsiq – Lurus – Pertigaan kalibeber – Ambil lurus nanti sampai di Mojotengah jika masih ragu bisa tanya2 ke pada warga, kalo naik angkot bisa dari Alun -alun wonosobo yaitu sebuah mobil L300 biaya kurang lebih 10k/user. Jika sobat gunung ingin santai bisa koordinasi dengan teman atau ojek saja dari alun-alun sampai ke bascame kurang lebih biaya 30k/user.