Biaya Mendaki Gunung Everest

oleh

 

Via:Nepalexpedition.net

Biaya pendakian Gunung Everest tidaklah murah, sebab biaya mendaki ini nomor 1 termahal di dunia. Namun walaupun mahal masih banyak orang yang berlomba-lomba untuk menaklukkan gunung ini, hal ini sangatlah wajar sebab gunung ini merupakan gunung tertinggi di dunia. Namun mendaki gunung ini tidaklah mudah, sebab nyawa Anda juga menjadi taruhan jika tidak didukung dengan persiapan yang matang. Hal ini terbukti dengan banyaknya korban jiwa pada gunung ini, namun banyaknya para pendaki gunung ini membuat pemasukan negara Nepal bertambah sebanyak US$4 juta per tahunnya. Belum lagi berbagai operator pendakian yang mematok harga beragam untuk menarik perhatian para pendaki, semakin mahal biaya pendakian tentunya semakin lengkap pula fasilitas yang diberikan namun hal itu percuma jika Anda tidak melakukan persiapan. Sebab cuaca di gunung ini sangatlah ekstrim sehingga dapat mengancam nyawa.

Baca Juga: Daftar Gunung Tertinggi di Dunia Yang Perlu Kamu Ketahui

Berkenalan dengan Gunung Everest

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia, dimana puncak gunung ini menandakan perbatasan antara Tibet dan Nepal. Karena diklaim sebagai gunung tertinggi di dunia, tidak heran jika setiap tahunnya gunung ini menyedot ratusan para pendaki untuk menaklukkan puncaknya. Namun untuk sampai ke puncak gunung ini tidaklah mudah sebab diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit agar Anda sukses mencapai puncak, salah satunya adalah Anda harus menetap selama 2 bulan didekat gunung untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar. Sebab karena termasuk gunung tertinggi maka suhu di gunung ini sangatlah tinggi, tidak heran jika banyak orang yang meninggal akibat kedinginan. Jadi tidak heran jika diperlukan persiapan yang sangat matang jauh sebelum menaklukkan salah satu puncak tertinggi di dunia ini, apalagi kebanggaan yang akan Anda dapatkan akan sesuai dengan pengorbanan yang dilakukan. Apalagi terdapat beberapa persyaratan yang ditetapkan sebelum Anda mendaki gunung ini, salah satunya adalah sudah memiliki pengalaman mendaki gunung Denali, Aconcagua, atau Cho Oyu. Tujuan ditetapkannya persyaratan ini untuk melihat kekuatan fisik Anda apakah tahan dengan cuaca dingin yang ekstrem serta tubuh tahan untuk menjangkau tempat yang tinggi. Sebab terdapat zona di gunung ini dimana tidak terdapat oksigen di dalamnya, sehingga tidak mudah untuk mendaki gunung yang tidak memiliki oksigen, cuaca dingin, serta trek yang curam. Karena itu tingkat kewaspadaan yang tinggi harus sangat diperlukan agar selamat saat pergi maupun pulang setelah mendaki puncak.

Baca Juga: Inilah 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia (Seven Summit Indonesia)

Biaya yang diperlukan untuk mendaki

Biaya yang diperlukan untuk mendaki gunung ini tidaklah murah, sebab untuk mendapatkan tiket masuk ke gunung ini agar sampai ke puncak maka Anda harus merogoh kocek hingga US$11.000 per orangnya atau setara dengan Rp 145.000.000. Tidak heran jika pemasukan negara sangat banyak dari tiket masuk ini, apalagi uang tersebut belum termasuk dengan biaya lainnya seperti biaya sherpa, tiket pesawat, oksigen, makanan, dan peralatan mendaki yang jika ditotalkan mencapai US$ 45.000. Hal ini tentunya tidak membuat sembarangan orang bisa mendaki gunung ini, tidak heran jika kebanyakan para pendaki adalah kalangan kaya dari Eropa maupun Amerika. Atau bisa saja para pendaki biasa yang mendapatkan sponsor, tidak heran jika biaya mendaki gunung ini nomor 1 paling mahal di dunia. Tetapi walaupun mahal tidak sedikit orang yang berkurang minatnya untuk berkunjung ke gunung ini, jadi apabila Anda berminat maka jauh hari harus menyiapkan biaya pendakian Gunung Everest.

Please rate this