Tips dan Biaya Mendaki Gunung Kinabalu Malaysia

oleh

Bagi anda para anak gunung yang ingin pergi ke Gunung Kinabalu, kami memiliki informasi tentang Biaya Pendakian Gunung Kinabalu yang akan sangat berguna bagi anda. Gunung yang terletak di negara tetangga ini – Sabah Malaysia, menjadi salah satu gunung yang ingin ditaklukan oleh para pendaki. Dengan ketinggian 4095 mdpl, gunung ini akan memberikan pemandangan yang sangat indah di puncaknya. Nah, jika anda benar-benar ingin mendaki gunung ini, anda bisa membaca informasi yang kami bagikan di bawah ini. Langsung saja, berikut biaya dan tips mendaki Gunung Kinabalu.

Baca Juga: 4 Tips Pendakian Gunung Rinjani yang Harus Diketahui

Loading...

Tips Mendaki Gunung Kinabalu

Meskipun tingginya melebihi Kerinci dan Semeru, namun track yang anda lalui tidak sesulit gunung di Indonesia itu. Di sini, tidak diperlukan suatu keahlian khusus yang harus dimiliki oleh pendaki. Bahkan, untuk para pendaki pemula pun juga bisa mendaki gunung yang satu ini. Hal terpenting yang harus ditekankan adalah stamina. Untuk pengelolaan dan administrasi, pendakian ke gunung ini tidak ribet karena sudah diatur dengan baik. Oleh karena, kita bisa menuju ke sana tanpa harus menggunakan jasa atau agen perjalanan.

  1. Pertama, kita bisa menyiapkan uang sekitar 3-4 jutaan untuk pergi ke Gunung Kinabalu. Kemudian kita bisa mengontak pengelola gunung ini yaitu SSL. Di sini, baik pendaki mandiri atau agen perjalanan harus mengontak SSL untuk melakukan reservasi. Seperti jika kita ke Gunung Semeru saat ini. Untuk biaya administrasi yang harus dibayar, anda harus menyiapkan sekitar 150 RM.
  2. Tips dari kami jika anda ingin mendapatkan tarif yang lebih murah, anda bisa memilih tanggal off-season, yaitu di bulan Januari hingga Februari. Namun, anda harus menyiapkan segala keperluan untuk menghadapi cuaca hujan di bulan tersebut.
  3. Untuk kemudahan akomodasi selama pendakian, kita bisa mengontak SSL untuk langsung memesan semuanya. Biaya yang harus dikeluarkan adalah sekitar 330 RM. Anda akan disediakan penginapan selama pendakian anda ke Gunung Kinabalu. Semua biaya meliputi konsumsi juga.
  4. Jika ingin transportasi yang lebih murah, kita bisa menggunakan jurus umum yaitu booking tiket pesawat jauh-jauh hari. Benar sekali, harga akan lebih terjangkau. Selain itu, kalau ada promo pastinya akan mengurangi pengeluaran kita, kan? Biasanya harga tiket yang bisa kita dapatkan adalah 500 ribu rupiah, dengan maskapai Air Asia.
  5. Karena pendakian harus dilaksanakan pagi hari, sebaiknya kita datang sebelum hari H untuk mendaki. Kenapa? Karena jika telat, semua yang telah kita bayar ke pihak SSL akan hangus. Jadi, untuk berjaga-jaga, kita harus datang sehari sebelum berangkat mendaki.
  6. Gunakan Bus

Karena letak Taman Nasional terbilang jauh dari bandara, maka kita harus menaiki transportasi untuk menuju ke sana. Nah, kami menyarankan anda untuk naik bus untuk mengurangi pengeluaran. Dibandingkan dengan transportasi menggunakan taksi, harganya bisa 36 kali lipat. Jika dengan bus hanya butuh 5 RM, anda harus membayar 180 jika menggunakan taksi.

  1. Pergi Bertiga Lebih Baik

Karena anda harus menyewa guide untuk menemani dan membantu anda saat mendaki, pastinya ada harga yang harus di bayar. Di ini, seorang guide hanya bisa menemani 3 orang saat pendakian. Jadi, jika bertiga maka kita bisa patungan.

Baca Juga: Inilah 7 Puncak Gunung Tertinggi Di Indonesia yang Perlu Ditaklukan

Untuk gambaran rincian Biaya Pendakian Gunung Kinabalu, bisa di lihat di bawah ini.

Akomodasi 2 hari 1 malam 1,2 juta

Administrasi 350 ribu

Tiket pesawat PP 1 juta

Bus PP 100 ribu

Tiket masuk 55 ribu

Asuransi 25 ribu

Guide 175 ribu

Total 3-4 jutaan.

Demikian informasi tentang biaya mendaki gunung kinabalu Malaysia, jika kamu ingin mendaki gunung tertinggi di Malaysia ini kamu harus mempersiapkan biaya yang sudah di rincikan diatas.

Please rate this