Informasi Lengkap dan Biaya Mendaki Gunung Trusmadi

oleh

Untuk anda para pendaki yang ingin mendaki ke Gunung Trus Madi, kami punya informasi yang akan sangat berguna bagi anda. Gunung Trus Madi adalah gunung yang terletak di negara Malaysia, tepatnya di negara bagian Sabah. Gunung yang menjadi gunung tertinggi nomor dua di Malaysia ini – setelah Gunung Kibabalu, memiliki tinggi 2642 mdpl. Meskipun begitu, track yang harus anda lalui lebih menantang dibandingkan dengan Gunung Kinabalu yang tingginya 4095 mdpl. Langsung saja, di bawah ini kami membagikan anda tentang tips dan Biaya Pendakian Gunung Trusmadi.

Baca Juga: Warung Mbok Yem, Warung Tertinggi di Indonesia Sang Penunggu Puncak Lawu

Mendaki Ke Gunung Trus Madi

Jika anda sangat antusias untuk mendaki gunung yang terletak di Sabah Malaysia ini, pastinya anda tidak akan kecewa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, fasilitas yang tersedia di gunung ini juga lebih lengkap. Selain itu, jalur trekking juga jelas. Di sisi lain, ada banyak flora yang memiliki keindahan tersendiri. Anda bisa melihat bunga kantong semar di area Gunung Trus Madi. Untuk jalur pendakian, ada tiga titik start yang bisa anda pilih yaitu jalur Kaingaran dari Tambunan, jalur Mannan dari Keningau, dan jalur Mastan dari Sook.

Di sini, kami memberikan informasi tentang jalur pendakian dari Tambunan. Kenapa? Karena jalur Kaingaran dari Tambunan lebih baik dibandingkan dengan jalur pendakian lainnya. Oleh karena itu, jalur ini menjadi jalur favorit bagi para pendaki yang ingin ke puncak Gunung Trus Madi. Alasan lain yang membuat anda akan memilih jalur Kaingaran adalah jarak trekking yang lebih pendek dari yang lain, yaitu 4,9 km. Jika anda ingin menikmati alam lebih lama, and abisa memilih jalur Mannan atau jalur mastan. Lama perjalanan yang ditempuh untuk jalur Kaingaran adalah 2 hari 1 malam.

Untuk jalur terlama adalah jalur Mastan, yaitu perlu waktu total sekitar 4 hari 3 malam untuk bisa ke puncak dan kembali lagi. Bahkan, ketika pergi ke base camp, kita harus menempuh jarak 103 km dengan mobil 4WD. Berbeda dengan jalur Kaingaran yang hanya menempuh jarak 27 km. Untuk trekking-nya sendiri juga menempuh jarak 11.6 km.

Mendaki Melalui Jalur Kaingaran

Bicara tentang Jalur Kaingaran, jalur dari Tambunan ini adalah jalur yang menjadi pilihan pendaki. Ada 2 tempat yang bisa digunakan sebagai titik peristirahatan pendaki. Yang pertama adalah Mirad Irad Base Camp dan yang kedua adalah Rest House yang terletak di 2,9 km sebelum puncak. Untuk akomodasi yang tersedia di Base Camp sendiri yaitu bisa menampung 24 orang. Di sini, anda harus membayar 10 RM per kepala tau kalau dikonversikan jadi rupiah sekitar 300 ribuan. Namun, jika anda membawa tenda, anda hanya cukup membayar 10 RM. Tapi, jika anda ingin memesan kamar di Base Camp, anda harus memesan setidaknya sebulan sebelum hari H.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu, Jalur Favorit Kamu Yang Mana

Berapa biaya pendakian ke Gunung Trus Madi?

Nah, pastinya harga untuk pendaki lokal dengan pendaki mancanegara dikenakan tarif yang berbeda. Seperti yang kita tahu, kebanyakan memang diterapkan tarif yang seperti ini. Bisa dibilang diskriminasi harga, tapi kita harus menghormati tanah orang lain. Untuk izin pendakian anda harus membayar 80 RM dan 15 RM untuk masuk ke gunung ini. Karena harus menggunakan mobil 4WD untuk ke titik awal, anda harus mambayar 100 RM. Untuk akomodasi, anda harus menyiapkan 100 RM. Satu lagi biaya yang harus anda keluarkan, yaitu untuk guide. Di sini, anda harus memberikan bayaran setidaknya 200 RM untuk guide yang akan menemani anda sepanjang perjalanan menuju puncak.

Nah, setelah mengetahui Biaya Pendakian Gunung Trusmadi, mungkin anda harus menyiapkan sekitar 1,5 juta untuk biaya pendakian saja. Untuk perjalanan anda ke Negeri Jiran ini, mungkin anda bisa mengestimasikan sendiri. Poinnya, saat anda ke Gunung Trus Madi, anda sudah tahu berapa yang harus anda siapkan.

Please rate this