Warung Mbok Yem, Warung Tertinggi di Indonesia Sang Penunggu Puncak Lawu

oleh
Foto:@jacksodron

Gunung.id, Gunung Lawu – Warung mbok yem sangat melegenda di kalangan pendaki, hampir semua pendaki yang sudah mendaki gunung lawu pasti sudah mengenal warung puncak lawu yang satu ini baik itu saat melakukan pendakian dari jalur cemoro sewu, Cemoro kandang, Cetho ataupun dari Jogorogo semua tumplek blek pasti pengen mampir ke Warung tertinggi di Indonesia ini.

Warung mbok yem di nobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia dimana warung mbok berada di ketinggian 3.150 Mdpl sedangkan untuk tinggi gunung lawu sendiri adalah 3.265 Mdpl, menu yang paling melegenda di warung ini adalah pecel jadi jika kamu kebetulan sedang mendaki gunung lawu dan kehabisan logistik bisa mempir ke warung mbok yem serta mencoba nasi pecel yang sudah terkenal di kalangan pendaki Indonesia.

Untuk kamu yang ingin melakukan pendakian gunung lawu bisa menggunakan jalur pendakian di antaranya:

Loading...

Dari ke empat jalur pendakian tersebut estimasi waktu untuk bisa sampai ke puncak berbeda-beda dan tentunya teragntung fisik si pendaki. Kembali topik utama tentang warung mbok yem yang memiliki sejarah yang cukup unik dimana pada tahun 1980-an Mbok Yem yang nama aslinya Wakiyem adalah seorang pencari akar-akaran untuk bahan dasar jamu sehingga Wakiyem yang familiar di panggil Mbok Yem sering berinteraksi dengan para pendaki, karena mbok yem sering ketemu serta melihat kondisi di puncak lawu yang belum ada yang jual makanan tercetuslah dalam benak mbok yem untuk membuka warung di puncak gunung lawu.

Foto:Apoet Regas

Awal buka warung di tahun 1980-an tersebut sampai sekarang mbok yem tetap eksis dan yang membuat takjub warung ini juga dijadikan tempat tinggal mbok yem jadi mbok yem tidur di warung ini. Pada waktu itu masih muda mbok yem membawa bahan dasar berjualan naik turun gunung lawu di bawa sendiri akan tetapi kini usia sudah mulai menua mbok yem lebih mempercayakan pada orang terdekatnya untuk membawakan bahan-bahan warungnya, mbok yem hanya turun gunung 3-4 kali saja dalam 1 tahun yaitu pada momen Idul Fitri, Idul Adha atau pada waktu saudara ada hajatan baru mbok yem turun gunung.

Tempat tinggal asli mbok yem adalah di daerah Poncol, poncol adalah kecamatan yang ada di Magetan sebelah selatan disana ada gunung juga walau tidak tinggi yaitu gunung blego dan gunung kukusan. bila kamu tertarik untuk mendaki kedua gunung yang masih satu kawasan Lawu monggo namun untuk gunung kukusan sepertinya jaarang didaki lain hal dengan gunung blego bisa bawa motor sampai atas.

Foto:Nurik Saputra

Warung mbok yem sangat ramai di bulan tertentu misalnya suroan banyak warga lokal sekitaran karanganyar, magetan, ngawi yang melakukan pendakian ke gunung lawu sehingga kebanyakan mampir walau hanya sekedar ngopi di warung mbok yem. Warung mbok yem menyediakan berbagai minuman, gorengan serta makanan namun makanan yang paling legend adalah nasi pecelnya dimana kamu bisa menikmati menu ini hanya membayar 10rb saja, bagaimana? tertarik untuk mencoba menu andalah warung tertinggi di Indonesia ini. Selain nasi pecel di bulan suro mbok yem juga menyajikan menu lain loh sob yaitu Soto, menu ini hadir hanya saat ulan suro saja.

Demikian ulasan tentang warung mbok yem yang legendaris serta dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia, banyak warung di gunung namun warung mbok yem tetap yang melegenda.

Please rate this