Informasi Lengkap Pendakian Gunung Prau

oleh -183 views
Foto:@milan2707b

Gunung,id, Wonosobo – Dataran tinggi Dieng memang salah satu magnet bagi para traveler salah satunya adanya gunung prau atau gunung perahu ini , banyak pendaki dari manapun baik lokal maupun mancanegara tandang untuk melakukan pendakian gunung prau. Yang bikin ngebet adalah sunrise gunung prau yang menawan dengan background gunung sekitar misalnya Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu di sisi timur.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Foto:@ryangustiawanputra

Pendakian gunung prau tidak hanya tentang sunrise dan view gunung di sekitarnya masih tidak kalah adalah adanya bukit teletubies serta gundukan bukit-bukit yang menambah indahnya gunung prau tidak heran gunung ini selalu penuh jika liburan datang, jangan harap kamu datang weekend pendakinya sedikit sangat disarankan kesini weekday biar lebih sahdu. Banyak pendaki yang melakukan pendakian khususnya pemula pasti ingin menjuapai yang namnya bunga abadi yaitu Eldewis namun kamu akan murung jika ke prau pasalnya tidak ada bunga yang kamu cari namun tenang sebagai pegantinya adalah berjubel bunga lonte sore di gunung prau. Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian 2.565 Mdpl yang mana memiliki jalur pendakian lumayan banyak ada 8 jalur pendakian namun hanya 6 yang diperuntukkan untuk umum 2 lainnya adalah jalur untuk konservasi.

Loading...

Transpotasi menuju titik pendakian bila kamu dari Jakarta, Bandung atau Surabaya bahkan luar jawa bisa menggunakan angkutan darat baik bus maupun kereta bila yang berasal dari luar jawa disarankan naik pesawat saja biar menghemat waktu , untuk tiket pesawat misalnya Makasar -Joga kena 760k dengan maskapai Citilink dan bila kamu naik bus dari Jakarta banyak yang mengarah ke Wonosobo  misalnya bus sinar jaya, bus pahal kencana dan malino putra tinggal pilih sesuka kamu kisaran tarifnya 90k-140k tergantung jenis busnya nah untuk armada terakhir dengan menggunakan kereta kamu bisa turun ke Purwokerti kemudian lanjut ke Wonosobo dengan harga tiket Jakarta -Wonosobo berkisar 67k-220k namun jika ingin irit bisa naik kerera serayu dari senin cuma 67k saja. Setelah sudah sampai di Wonosobo kamu bisa langsung menuju jalur pendakian gunung prau yang paling banyak digunakan yaitu patak benteng untuk bisa sampai kesini naik angkot atau pesen ojek online saja kalo angkot kisaran ongkosnya 20k-20k (mini bus) dan langkah selanjutnya setelah sampai tentunya kamu harus mengurus simaksi pendakian yang mana kamu harus memenuhi syarat pendakain yaitu sehat, membawa perkengkapan hiking dll untuk retribusi pendakian gunung prau dikenakan biaya 15k/user.

Jalur pendakian gunung prau atau gunung perahu memang banyak namun patak benteng adalah jalur paling banyak dilalui jadi mending lewat sini kalo mau lewat yang lain nanti jika sudah sesi kedua kamu ke prau coba satu-satu dulu biar tahu baru yang lain. Apabila kamu mendaki gunung prau di weekend dan penuh karena kamu tidak suka begitu ramau bisa kamu alingkan ke Gunung Pakuwojo yang mana untuk sunrise tidak kalah dengan gunung prau.

Demikian kurang lebih informasi tentang pendakian gunung prau, dibalik indahnya gunung perahu juga menyimpak misteri yang cukup ngeri namun semua itu adalah sajian duniawi mari kita nikmati dengan porsi kita sendiri-sendiri . Selamat menikmati indahnya pagi di gunung prau selalu jaga kebersihan gunung jangan buang sampah sembarangan serta ingat jagan vadalisme.