Estimasi Biaya Mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua

oleh -12.608 views
Image: Team Wanadri

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Jaya Wijaya – Siapa tak kenal dengan nama Puncak Jaya Wijaya? Salah satu rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia ini memang begitu populer di kalangan wisatawan bahkan bagi para pendaki. Gunung Jaya Wijaya adalah adalah pegunungan yang membujur di sepanjang Provinsi Papua, Indonesia. Jaya Wijaya memiliki ketinggian sekitar 4.884m dpl dengan puncak tertingginya bernama Puncak Jaya.

Gunung ini begitu istimewa, di mana puncak tertingginya terdapat sebuah salju abadi. Namun akibat pemanasan global yang semakin meningkat, jumlah salju yang ada di Puncak Jaya pun semakin menipis. Untuk kamu yang ingin menahklukan puncak tertinggi Indonesia, maka melakukan pendakian di Gunung Jaya Wijaya pun juga harus kamu perhatikan terutama dari segi biayanya. Berikut estimasi biaya mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Loading...

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Jaya Wijaya

Pernahkah kamu mendengar jika biaya pendakian di Gunung Jaya Wijaya Puncak Carstenz Papua adalah yang paling mahal di dunia? Untuk bisa mencapai Puncak Carstenz selain dibutuhkan kekuatan fisik serta mental, biaya pun juga perlu untuk diperhatikan. Pegunungan tertinggi di Indonesia yang mencakup tiga Kabupaten yaitu Mimika, Intan Jaya dan Puncak Jaya ini memang terkenal akan eksotismenya.

Namun di samping itu, biaya untuk menahklukan puncaknya pun juga terbilang sangat mahal. Jadi untuk para pendaki yang ingin menjajakan kakinya di puncak tertinggi Jaya Wijaya (Carstenz) harus menyiapkan modal dijauh-jauh hari sebelumnya. Mengapa biaya mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) sangat mahal?

Biaya mencapai Puncak Carstenz memang jauh lebih mahal dibandingkan pendakian di gunung-gunung lainnya. Hal ini disebabkan oleh ongkos transportasi yang terbilang mahal, selain itu biaya lainnya yang meliputi penginapan, sewa perlengkapan, makanan, biaya perizinan, hingga keperluan lain juga membutuhkan biaya yang sangat besar. Jika ingin tahu berapa biaya mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua. Berikut rincian estimasi biaya mendaki di Gunung Jaya Wijaya Papua.

Baca Juga: Gunung Kelimutu Yang Mempesona

Biaya Mendaki Ke Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua

Puncak Carstenz memang menjadi andalan di kalangan pendaki dibandingkan Puncak Jaya Wijaya lainnya. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, maka serangkaian perjalanan pun juga harus kamu lalui. Kali ini perjalanan akan dimulai dari Ibukota Jakarta menuju Timika – Papua.

Untuk transportasi awal kamu bisa menggunakan maskapai penerbangan menuju Timika. Untuk harga tiket pesawatnya sendiri yang paling murah sekitar Rp 1.807.000. Setibanya di Bandara Timika, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kabupaten Puncak Jaya dengan menggunakan armada pesawat lokal seperti AMA(Avition Mission Assocition) Atau Susi Air.

Transportasi menuju Puncak Jaya memang tergolong sangat sulit. Belum lengkapnya akomodasi membuat para pendaki kesulitan mencapai lokasi ini. Karena papua belum adanya infratruktur menuju lokasi bascame pendakian Gunung tertinggi di Indonesia ini dan bascame awal pendakian masuk dalam kawasan PT.Freeport maka dari itu tidak sembarangan orang bisa masuk dan harus punya izin memasuki area kawasan Freeport.

Baca Juga: Gunung di Jawa Barat

Jika sudah sampai ke Puncak Jaya, maka silahkan lanjutkan untuk melakukan pendaftaran ke Simaksi. Biasanya di tempat ini para pendaki banyak menyewa jasa angkut barang menuju Puncak Carstenz. Inilah yang membuat biaya mendaki ke Gunung Jaya Wijaya melonjak tinggi. Karena tidak mungkin semua barang dan perlengkapan pendakian akan kamu bawa sendiri.

Estimasi biaya mendaki Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua di atas, hanya untuk biaya transportasi keberangkatan saja. Kamu bisa menambahkan dengan biaya ongkos pulang nanti. Selain itu biaya juga akan membengkak di kebutuhan lainnya misalnya Biaya Perizinan, jasa angkut barang, penginapan sementara, biaya makanan, Porter, hingga biaya lainnya. Jadi siap-siap untuk menyediakan biaya yang lebih jika ingin melakukan pendakian di Gunung Jaya Wijaya (Carstenz) Papua.

Baca Juga:Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Simulasi biaya pendakian gunung tertinggi di Indonesia Cartenz Pyramid:

No Keterangan Price
1 Tiket     2.800.000
    2.800.000
2 Biaya Kelompok   35.000.000
3 Peralatan   10.000.000
Latihan Fisik
Pembekalan
Dll
Total  50.600.000

Biaya di atas adalah biaya minim yang harus dikeluarkan bagi para pendaki jika ingin melakukan pendakian Gunung Jayawijaya, untuk biaya kelompok diatas adalah biaya yang sudah diurus oleh jasa pendakian gunung Jayawijaya meliputi perizinan, Guide, Transportasi selama di Papua dll. Untuk mendaki gunung Jayawijaya diharuskan berkelompok dan sudah mendapatkan izin dari Dinas terkait dalam ini jika sudah memakai Jasa tinggal para Atlit(pendaki) melakukan pembekalan serta pelatihan untuk fokus mengembleng kemampuan dan teknik mendaki Gunung.

Baca Juga: Gunung di Jawa Tengah

Jalur Pendakian Gunung Jayawijaya:


Ada dua opsi disini bila menggunakan Heli para pendaki bisa langsung ke Yellow Valley tapi dengan tambahan biaya yang sangat mahal tentunya. Semoga informasi perihal biaya pendakian gunung Jayawijaya (Cartenz Pyramid) ini bisa memberi gambaran jika nanti ingin mendaki Gunung tertinggi di Indonesia ini. Siapkan metal dan latihan serta dana baru membicarakan Puncak Cartenz.