Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kelimutu NTT

oleh
Image:liburanlombok.com

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kelimutu NTT – Selain terkenal dengan Gunung Rinjani yang ada di Nusa Tenggara Barat, Indonesia bagian timur juga masih memiliki satu lokasi pendakian favorite yaitu berada di Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu adalah salah satu gunung berapi Indonesia yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di Gunung Kelimutu inilah kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Tiga Warna atau yang biasa disebut Danau Kelimutu, NTT.

Kecantikan danau inilah yang membuat Gunung Kelimutu selalu diburu oleh para wisatawan terutama di kalangan pendaki baik lokal maupun mancanegara. Selain itu, jika mendaki ke Gunung Kelimutu kamu juga bisa menyaksikan keindahan pesona alam dari puncak tertingginya. Untuk kamu yang ingin menyaksikan keindahan Danau Tiga Warna yang ada di Gunung Kelimutu NTT. Berikut estimasi biaya mendaki Gunung Kelimutu NTT.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Kelimutu NTT

Sebenarnya dilihat dari ketinggian gunung, Gunung Kelimutu NTT hanya memiliki ketinggian sekitar 1.639m dpl. Memang tidak terlalu tinggi, namun untuk bisa mencapai puncaknya, kamu harus siap dengan kondisi fisik yang prima karena akan banyak menguras tenaga. Medannya yang terjal dengan kemiringan yang hampir datar disertai bebatuan membuat kondisi fisik menjadi jaminan untuk bisa sampai kepuncak tertinggi Kelimutu.

Sebelum membahas mengenai estimasi biaya mendaki Gunung Kelimutu NTT, berikut rute perjalanan yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke Kawasan Gunung Kelimutu. Ada banyak rute yang bisa kamu lalui, baik dari ujung barat maupun ujung timur Pulau Flores.

Jika dari arah barat, para wisatawan bisa menempuh jalur dari Labuan Bajo, yang ditempuh dengan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Sape Sumbawa. Rute ini juga bisa ditempuh dari Bandara Denpasar menuju Bandara Komodo yang ada di Labuan Bajo. Setelah itu wisatawan bisa langsung menuju Kabupaten Ende.

Sedangkan jika dari arah timur kamu bisa mengambil rute dari Bandara Kupang menuju Kabupaten Ende. Atau bisa juga dari Bandara Kupang menuju Maumere kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Ende. Dari Ende kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Moni. Untuk kamu yang ingin ke sana, maka pilihan rute bisa kamu tentukan lewat mana saja. Untuk biayanya sendiri, berikut rincian daftar estimasi mendaki di Gunung Kelimutu NTT.

Biaya Mendaki Ke Gunung Kelimutu NTT

Perjalanan dimulai dari Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan mengambil rute Jakarta – Kupang, kemudian turun di Bandara Kupang. Untuk maskapai ekonomi kamu bisa menggunakan Batik Air dengan tarif Rp 900.000. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kabupaten Ende dengan memesan tiket sebesar Rp 400.000 – Rp 500.000.

Setelah sampai ke Ende, kamu bisa langsung menuju Desa Moni (Desa terdekat dari Gunung Kelimutu). Kamu bisa menggunakan taxi, bus, ojek atau bisa juga sewa kendaraan. Namun jika ingin lebih mudah kamu bisa menggunakan taxi dengan tarif rata-rata sekitar Rp 50.000 – Rp 60.000. Setelah sampai di Moni, kamu bisa mencari penginapan sementara, untuk harga penginapan di sana cukup bervariasi dari harga termurah Rp 50.000 hingga yang termahal.

Untuk para pendaki diwajibkan untuk melakukan pendaftaran di Simaksi, di sana kamu akan dikenakan tiket masuk Gunung Kelimutu sebesar Rp 7.500/orang (wisatawan domestik). Sementara untuk tiket manca biasanya lebih mahal.

Dengan daftar rincian estimasi biaya mendaki di Gunung Kelimutu NTT tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan mulai dari awal keberangkatan, saat pendakian, hingga kepulangan nanti. Biaya di atas belum termasuk biaya kebutuhan lain seperti makan, perlengkapan dan kebutuhan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *