Bukit Nanggi, Akses dan Tempat Camping Paling Kece di Lombok

oleh
Foto: @adhy_nata

Pulau Lombok sendiri bukan hanya kaya karena memiliki wisata pantai yang sangat populer, namun sebenarnya gugusan buktinya juga benar – benar sangat indah sehingga bisa menjadi destinasi wajib yang bisa kamu kunjungi. Dan salah satu objek wisata yang saat ini yang saat ini memang sedang banyak sekali peminatnya adalah wisata di kawasan Gunung Nangi atau lebih dikenal dengan nama Bukit Nangi yang ada di Lombok.

Baca Juga: Danau Segara Anak, Yang Bikin Susah Move On -Indahnya Kebangetan!

Dimana Lokasi Bukit Nanggi?
Bukit Nangi ini berada di kawasan timur dari Geopark Nasional Gunung Rinjani. Bukit ini sebenarnya adalah salah satu dari lima wisata alam yang berupa bukit yang berada di ketinggian 2300 mdpl. Dan bias dikatakan jika ini adalah salah satu bukit tertinggi yang ada di Sembalun Lombok.

Baca Juga: Gunung Inerie, Piramida Yang Mengagumkan di Bumi Flores!

Saat sobat gunung berada di puncak dari Bukit Nangi ini maka kamu bisa menikmati keindahan dari hamparan awan putih yang sangat penawaran, jika saat sore maka sampai puncak akan ada bonus jingga yang bisa anda temukan. Hamparan awan ini akan lebih cantik ketika anda melihatnya di pagi hari saat akan matahari terbit. Inilah yang membuat kawasan Bukit Nangi menjadi salah satu lokasi dengan sebutan “Negeri di Atas Awan”

Trekking ke Bukit Nanggi
Untuk sampai ke puncak bukit nangi, maka anda bisa melakukan proses pendakian hingga 4 jam jika jalanan dalam keadaan mulus dan setidaknya ada orang yang memberikan petunjuk jalan untuk anda bisa sampai ke Bukit Nangi. Namun jika tidak ada, maka setidaknya nanti akan memakan waktu hingga 6 jam lebih, apalagi jika kamu memang sering berhenti untuk istirahat sambil melihat pemandangan indah dari hamparan padang savana, air terjun Banjer dan juga hamparan hutannya. Ini akan menjadi momen yang tidak akan pernah anda lupakan ketika trekking ke bukit nanggi.

Agar berbeda dengan melakukan pendakian ke bukit rendah, melakukan trekking ke Gunung Nangi ini sebenarnya mengharuskan untuk memiliki kondisi fisik yang baik. Itulah mengapa sebagian besar pendaki ke bukit ini tidak banyak seperti bukit – bukit lainnya. Namun, Pada saat anda sudah sampai ke puncak bukit, maka semua rasa lelah dan letih anda selama 4 hingga 6 jam saat melakukan perjalanan trekking akan hilang begitu saja. Karena dari puncak anda akan melihat pemandangan indah yang akan menghilangkan semua rasa letih dan lelah anda dan anda akan seketika lupa dengan rute pendakian anda. Karena ketika anda melihat di sekeliling maka anda akan melihat panorama indah yang sangat indah.

Nuansa Indah Pagi dan Sore di Bukit Nanggi

Foto: @lomboktourupdate

Saat berada di Bukit Nangi ada dua momen yang tidak boleh anda lewatkan yaitu ketika matahari akan terbit. Ini adalah pemandangan melihat sunrise yang benar – benar sangat mengagumkan. Kamu akan melihat matahari mulai muncul perlahan dari balik gunung di Pulau Sumbawa. Selanjutnya akan mulai menyinari lautan yang membentang. Satu persatu pandangan akan mulai menyapu di kawasan sekeliling, anda akan melihat pemandangan dari view desa di sekitarnya. Lalu mulai bagian ujung timurnya anda akan menemukan jejeran kampung penduduk dengan pemandangan yang Indah.

Foto: @nyamblok

Moment kedua yang tidak bisa anda lupakan dan tidak boleh anda lewatkan adalah ketika senja akan mulai menghampiri, anda akan melihat semburat matahari yang akan mulai untuk meninggalkan langit biru untuk bisa bersembunyi dalam kombinasi rasa kagum saat anda melihat. Suasana sore di atas bukit Nanggi sangat menyentuh karena perlahan matahari akan mulai hilang di balik Gunung Rinjani, membuatnya terlihat sangat mempesona. Hanya saja untuk melihat kedua moment ini anda harus datang di momen yang tepat, jangan datang ketika musim dingin karena iklimnya akan benar – benar sangat dingin dan tidak akan bersahabat dengan kamu.

Jika ingin mendapatkan moment yang kece sesuai dengan keinginan pastinya kamu harus gelar tiket atau camping di bukit nanggi untuk menangkap memori yang sesuai dengan plan awal liburan ke gunung nanggi (bukit nanggi).

Foto: @_tanfatan

Jarak tempuh dari Lombok ke Bukit Nanggi
Untuk trekking dengan Bukit Nangi ini kamu setidaknya memerlukan waktu sekitar 4 hingga 6 jam perjalanan saat anda trekking. Bukit Nangi sendiri memberikan pemandangan panorama alam yang sangat indah sehingga siapapun akan benar – benar sangat takjub dan tentu saja anda akan ingin kembali lagi. Karena faktanya dari sini anda bisa melihat Gunung Rinjani sebagai salah satu perhatian yang bisa membuat anda merasa nyaman.

Untuk rute perjalanan dari Lombok ini anda bisa menempuh dari kota Mataram dengan mengambil jalur Bertais lalu menuju ke Masbagik selanjutnya ke Aikmel dan Seula hingga sampai ke Sembalun. Kamu bisa menuju ke lokasi dengan menggunakan kendaraan roda empat dengan jarak sekitar 1,5 hingga 2 jam. Sesampai di Desa Sembalun maka anda bisa melanjutkan ke Sembalun Bumbung, setelah itu anda bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki. Walaupun memang ada banyak sekali pengunjung wisatawan domestik hingga mancanegara, hanya saja untuk akses menuju ke puncak bukit ini memang tidak terlalu bagus dan bisa dikatakan cukup sulit.

Yang harus menjadi bahan pertimbangan adalah jika kamu adalah pemula dan ingin naik Gunung Nangi maka mungkin perjalanan akan lebih lama jika dibandingkan dengan yang sudah biasa. Apalagi jika dalam kondisi hujan, maka ada beberapa ruas jalan yang sangat licin, sehingga ada baiknya saat kamu ingin mengunjungi bukit ini kunjungilah saat musim panas sehingga akan lebih nyaman untuk anda menikmati semuanya. Mulai dari perjalanan, pemandangan hingga keindahan ketika di puncak akan terbayarkan dengan maksimal ketika anda sampai saat musim panas.

Please rate this