3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

oleh

Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango – Gunung Gede Pangrango adalah salah satu gunung yang paling di minati oleh Pendaki, sebab lokasi gunung ini berada di dekat kawasan Jantung Kota (Jakarta) maka tidak heran tiap weekend selalu penuh dengan aktifitas pendakian oleh penikmat alam bebas (Pecinta Alam). Selain gunung gede pangrango Gunung Prau adalah menjadi incaran pendaki karena dengan tidak begitu lama mendaki mendapatkan view yang menawan bisa menjadi obat pelipur lara bagi kamu yang didera rindu membahana. Gunung Gede Pangarongan masuk kawasan Taman Nasional Gede Pangrango yang mana telah diresmikan sejak tahun 1980 dan termasuk taman nasional tertua di Indonesia dalam kawasan Gunung Jawa Barat.

Untuk estimasi biaya pendakian Gunung Gede lumayan mengurus kantong sebab selain kamu mempersiapkan fisik kamu juga harus berlatih bagaimana agar tetap bertahan di alam bebas dengan logistik yang sudah ditetapkan tiap personal, jangan sampai terlalu banyak membawa logistik karena bisa memangkas tenaga kamu di jalur pendakian nanti, akan tetapi Zaman Now sudah banyak tersedia makanan di Puncak Gunung Gede 😀 jadi untuk problem ini teratasi dengan cara menambah uang saku pendakian.

Baca Juga: Jalur Pendakian Gunung Lawu

Untuk kamu yang ingin mendaki gunung gede pangrango perhatikan kesiapan fisik,mental, pengetahuan dan dana tentunya agar pendakian kamu berjalan sesuai rencana, selamat, aman sampai rumah dengan selamat sentosa. Berikut jalur pendakian gunung gede pangrango:

  • Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Cibodas

Jalur pendakian via Cibodas adalah jalur paling banyak diminati oleh pendaki karena dengan peraturan yang baru diwajibkan para pendaki untuk melakukan cek up (kesehatan) di TNGGP, estimasi waktu pendakian gunung gede via cibodas memakan waktu kurang lebih 7 -10 jam perjalan tergantung speed dan kekuatan personal pendaki. berikut estimasi waktu perjalanan via cibodas ke puncak Gede dan Pangrango

Cibodas (pendaftaran) – Pondok Pemandangan (70 menit)

Pondok Pemandangan – Kandang Batu ( 120menit)

Kandang Batu – Kandang Badak (60 Menit)

Kandang Badak -Puncak Gede (2.958 Mdpl) dan Pangrango (3.019 Mdpl) (120 menit)

  • Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Gunung Putri

Untuk kamu yang ingin mempersingkat waktu jalur pendakian via gunung putri bisa jadi alternatif karena jika kamu melakukan pendakian gunung gede pangrango via Putri asumsi waktu cukup cepat sekitar 6 – 8 jam saja akan tetapi dengan medan cukup terjal dan jarang yang landai.

Bascame Gunung Putri – Buntut Lutung (120 menit)

Buntut Lutung – Simpang Maleber (90 menit)

Simpang Maleber – Surken ( 60menit)

Surken – Puncak Gede ( 30 menit)

  • Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Selabintana Sukabumi

Untuk jalur satu ini adalah jalur terpanjang yang ada, ingin menikmati indahnya Gede Pangrango bisa via Selabintana jalur panjang dan menawan, tidak jauh beda dengan Putri nanti jika via Putri ketemunya di Surken tempat buka tenda saat mau summit ke puncak Gede atau Pangrango. Bagi kamu yang belum begitu faham jalur Selabitana tidak disarankan melewati sini ia sob karena medan cukup menantang banyak pacet dan menyusuri sungai,hutan namun jika ingin tantangan silahkan mencoba dengan estimasi waktu kurang lebih 9 -12 jam perjalanan.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Demikian informasi sedikit perihal jalur pendakian gunung gede pangrango yang kita bisa berikan, semoga informasi sedikit membantu buat teman-teman yang mau melakukan pendakian Gunung Gede Pangrango dalam waktu dekat ini. Salam Lestari budayakan bawa sampah turun dan buag pada tempatnya ”Gunung Bukan Tempat Sampah” -TrashBag- .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *