Estimasi Biaya Mendaki Gunung Prau

oleh
Foto:penginapandieng.net

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Prau – Pendakian kali ini akan mencoba salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan trek pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Jawa Tengah masih memiliki sejumlah trek pendakian yang wajib kamu coba terutama bagi para pendaki gunung sejati.

Gunung Prau atau Gunung Prahu adalah salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang mana terletak di Lima kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Batang ,Banjar, Temanggung dan Kendal. Jika dilihat dari ketinggian gunung yang mencapi 2.565m dpl, gunung ini masih tergolong biasa dibandingkan dengan gunung berapi lainnya. Namun, jangan salah sepanjang trek terjal bebatuan dan berpasir dengan kemiringan ekstra akan menantang nyalimu selama melakukan pendakian di sana.

Baca Juga: Taman Nasional di Indonesia

Kini bagi kamu yang ingin mencoba menjajakan kaki untuk mencapai ketinggian Puncak Prau, berikut ada estimasi biaya mendaki Gunung Prau yang bisa kamu gunakan. Estimasi biaya di sini bisa menjadi perkiraan akan budget yang kamu butuhkan. Mulai dari awal keberangkatan, selama proses pendakian hingga perjalanan pulang kembali.

Estimasi Biaya Mendaki Gunung Prau

Sebagai salah satu lintas pendakian alam yang diburu oleh para pendaki, Gunung Prau memang memiliki sejumlah pesona yang begitu luas biasa. Puncak Gunung Prau yang merupakan padang rumput dengan pemandangan bukit dan sabana uang luas, menjadikan lokasi pendakian ini selalu menarik untuk dicoba. Tak heran jika banyak pendaki rela meluangkan waktunya demi mencapai Puncak Gunung Prau.

Baca Juga: 6 Jalur Pendakian Gunung Prau Yang Siap Kamu Coba

Jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Prau, setidaknya ada 3 jalur utama yang bisa kamu gunakan untuk mencapai Puncak Prau. Jalur pendakian tersebut meliputi, jalur Praten yang ada di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, jalur Kenjuran yang ada di Kecamatan Kendal, dan jalur Patak Banteng yang ada di Kecamatan Wonosobo.

Dari ketiga jalur tersebut, jalur Patak Banteng via Wonosobo menjadi salah satu jalur yang paling sering digunakan dan lebih ramai dibandingkan dua jalur lainnya. Kini bagi kamu yang ingin mendaki Gunung Prau dalam waktu dekat ini. Maka berikut rincian daftar estimasi mendaki di Gunung Prau yang bisa kamu persiapkan.

Biaya Mendaki Ke Gunung Prau

Seperti biasa untuk bisa sampai ke lokasi pendakian Gunung Prau, kamu bisa menggunakan berbagai transportasi baik umum maupun pribadi. Namun kali ini kami lebih memilih untuk menggunakan alat transportasi umum dengan alasan lebih menghemat biaya. Perjalanan dimulai dari Pusat Ibukota Jakarta dengan menggunakan bus antar Provinsi dengan jurusan Jakarta – Wonosobo. Kamu bisa menggunakan bus Sinar Jaya dari terminal Lebak Bulus dengan tarif ekonomi sekitar Rp 80.000.

Setelah sampai di terminal Mendolo, Wonosobo perjalanan harus kamu lanjutkan dengan menggunakan mini bus menuju Patak Banteng. Untuk tarifnya sendiri sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000. Setelah itu untuk mencapai basecamp 1 atau gerbang jalur Patak Banteng. Kamu bisa menggunakan jasa ojek setempat dengan tarif rata-rata sekitar Rp 15.000. Tergantung negosiasi yang kamu lakukan dengan Bapak tukang ojeknya.

Selanjutnya kamu bisa langsung bergegas untuk melakukan pendaftaran Simaksi. Biaya pendaftarannya sendiri sekitar Rp 15.000/pendaki. Para pendaki wajib melakukan pendaftaran ini guna menjaga keamanan serta keselataman saat pendakian berlangsung.

Baca Juga: Daftar Gunung Berapi di Pulau Jawa Yang Perlu Kamu Tahu

Dengan daftar estimasi mendaki ke Gunung Prau di atas, maka kamu bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang. Tidak perlu takut akan budget yang terlalu tinggi. Karena dengan budget minimal pun kamu bisa mencoba melakukan pendakian ke Gunung Prau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *