Gunung Dempok, Spot Cantik Menatap Gunung di Jawa Tengah

oleh
Foto: @fennyliaa

Apakah Anda pernah mengunjungi Gunung Dempok? Jika belum, maka Anda harus menjadikan Gunung Dempok sebagai salah satu destinasi menarik yang harus Anda jelajah. Gunung Dempok tidak hanya mampu menarik minat wisatawan namun juga mampu menarik para pecinta pendaki untuk dapat menjelajah gunung tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai Gunung Dempok.

Baca Juga: Informasi Lengkap Pendakian Gunung Andong Magelang

Apa itu Gunung Dempok?
Gunung Dempok merupakan salah satu jenis gunung yang sering dijadikan sebagai tempat menjelajah bagi para pendaki. Gunung ini berada di Provinsi Magelang, Jawa Tengah. Banyak orang lebih senang menyebut Gunung Dempok sebagai Kukusan Dua. Hal ini dikarenakan, gunung ini berada diantara Kukusan Dua. Pada dasarnya, gunung ini dikelola oleh masyarakat Magelang sendiri yang berada di dusun Wonokerto.

Akses Termudah Menuju Gunung Dempok
Akses menuju ke Gunung Dempok sangatlah mudah. Jika Anda berada di Kota Yogyakarta, maka Anda dapat memulai perjalanan Anda menuju ke Jalan Godean menuju ke Jembatan Sungai Progo. Setelah itu, Anda harus menuju ke perempatan Kenteng dan menuju belok kanan. Setelah Anda sampai, maka Anda diharuskan untuk berbelok ke kiri dari perempatan Dekso, dan dari pasar Anda harus belok kanan menuju ke Kebun Teh Nglinggo.
Akan tetapi, jika Anda menggunakan angkutan umum atau kendaraan umum, maka Anda diharuskan untuk menuju ke Terminal Giwangan, Yogyakarta. Lalu, Anda dapat menaiki bus dengan jurusan Wates. Setelah itu Anda turun dari Terminal Wates dan dilanjutkan dengan menyewa ojek. Selain dengan menggunakan bus, Anda juga dapat menggunakan kereta api dengan naik dari Stasiun Tugu, Yogyakarta menuju ke Stasiun Wates. Setelah turun dari Stasiun Wates, maka Anda dapat melanjutkan dengan menaiki ojek.

Baca Juga: 6 Jalur Pendakian Gunung Prau Yang Siap Kamu Coba

Untuk menuju ke Gunung Kukusan, maka Anda diharuskan untuk menuju ke Dusun Wonokerto, Magelang. Pengunjung juga diharuskan untuk melalui Desa Wisata Nglinggo yang berada di Kulonprogo, Yogyakarta. Setelah itu, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di lahan parkir yang tersedia jika Anda menggunakan kendaraan pribadi Anda.

Biaya Masuk Gunung Dempok
Untuk dapat masuk di Gunung Dempok, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat banyak. Anda hanya mengeluarkan biaya Rp 3000,00 setiap orang untuk dapat masuk di Desa Wisata Nglinggo dan biaya Rp 2000,00 untuk masuk ke Gunung Dempok. Setelah itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi Anda, maka Anda harus menitipkannya dengan biaya Rp 2000,00

Waktu Terbaik Mengunjungi Gunung Dempok
Gunung Dempok merupakan salah satu gunung yang cukup menarik. Tidak salah jika banyak orang tertarik untuk mengunjungi gunung ini. Jika Anda ingin untuk mengunjungi Gunung Dempok, maka lebih baik pada pagi hari. Hal ini dikarenakan, kemungkinan Anda akan mendapatkan mampu melihat 6 gunung besar di Jawa Tengah makin besar. Hal ini berlawanan jika Anda melihat Gunung Dempok pada waktu senja. Selain itu,udara di Gunung Dempok pada pagi hari begitu sejuk dan menyegarkan.

Jalur Pendakian Gunung Dempok
Jika Anda menginginkan untuk menuju ke Gunung Dempok, maka Anda diharuskan untuk menuju ke sebelah utara dari Gunung Kukusan Magelang. Anda dapat mengakses Gunung Dempok dengan melalui dua cara. Cara pertama adalah Anda harus melalui jalan yang menurun dan cukup curam dari Gunung Kukusan. Sedangkan cara kedua adalah dengan melewati jalan setapak yang landai dari pertigaan jalan yang berdekatan dengan pos retribusi masuk. Untuk menghindari dari dampak kecelakaan, Anda dapat mengambil dari jalan setapak yang landai dibandingkan harus menuruni jalan yang curam.

Dari area parkir kendaraan, maka Anda harus berjalan menuju ke puncak ke kiri menuju Puncak Dempok yang lebih rendah. Sedangkan, jika Anda menuju ke jalan setapak sebelah kanan di Puncak Kendeng, maka Anda akan menemukan puncak yang paling tinggi. Walaupun begitu, kedua puncak tersebut memiliki pemandangan yang sangat mengagumkan.

Spot Menarik di Sekitar Gunung Dempok
Terdapat berbagai hal menarik yang dapat Anda temukan di Gunung Dempok. Beberapa spot menarik dapat Anda temukan dengan mudah selain Anda dapat melakukan pendakian. Berikut beberapa spot menarik yang ada di sekitar Gunung Dempok.

1. Panorama Keindahan Gunung Dempok
Hal menarik pertama yang akan Anda temukan di Gunung Dempok adalah Anda akan dapat dengan mudah untuk menyaksikan penorama keindahan dari Gunung Dempok. Jika Anda berada di puncak Gunung Dempok, maka Anda dapat dengan mudah untuk menemukan dan melihat Puncak Gunung Kukusan. Hal inilah yang membuat Anda dapat dengan mudah untuk melihat keindahan dari puncak Gunung Dempok.

2. Memburu Sunrise
Sunrise memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan. Jika Anda menginginkan untuk mendapatkan sunrise yang menakjubkan, maka Anda dapat melihatnya dari Gunung Dempok. Banyak orang yang datang di lokasi Gunung Dempok untuk melihat dan berburu mentari pagi atau sunrise yang menakjubkan. Biasanya, mereka menggunakan mobil pribadi mereka untuk melihat sunrise dari puncak ataupun kaki Gunung Dempok.

3. Menikmati Kebun Teh Gunung Dempok
Setelah Anda lelah menjelajah Gunung Dempok, maka Anda dapat menikmati keindahan dan kesegaran dari kebun teh di Gunung Dempok. Seperti yang Anda ketahui bahwa Gunung Dempok memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, salah satunya adalah melalui kebun teh Gunung Dempok. Di kaki Gunung Dempok, Anda dapat dengan mudah untuk menyaksikan keindahan kota pagar alam berupa kebun teh yang sangat indah. Menarik bukan?

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang Gunung Dempok. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi dan menjelajah Gunung Dempok? Eksplor Gunung Dempok dan temukan berbagai keindahan yang tersimpan di dalamnya.

Please rate this