Gunung Karang, Akses dan Jalur Pendakian Lengkap Disini!

oleh
Foto: @lofotopicture

Indonesia dipenuhi dengan banyaknya gunung-gunung di daratannya baik yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi atau dalam masa istirahat. Salah satu gunung yang ada di Indonesia dan masuk ke dalam status istirahat adalah Gunung Karang. Gunung ini adalah gunung yang paling tinggi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Dengan ketinggian 1.778 di atas permukaan laut, dibandingkan dengan gunung lainnya di Kabupaten Pandeglang, maka tentunya Gunung Karang ini adalah gunung yang paling tinggi. Meski statusnya istirahat namun demikian Gunung Karang masih berpotensi untuk meletus. Puncak Gunung Karang disebut sebagai Sumur Tujuh. Gunung Karang ini menjadi gunung yang digunakan sebagai lokasi ziarah juga oleh para wisatawan.

Foto: @makymujahid

Baca Juga: Gunung Luhur, Negeri Atas Awannya Banten Yang Viral

Ada banyak wisatawan yang juga melakukan pendakian di Gunung Karang tersebut. Namun untuk Anda yang ingin melakukan pendakian di Gunung Karang maka sebaiknya Anda membawa perlengkapan dan segala kebutuhan dengan lengkap. Karena di sekitar lokasi pos pendakian Gunung Karang belum ada fasilitas pelayanan umum yang menjual perlengkapan mendaki sama sekali dan tidak ada fasilitas lainnya yang dikelola oleh pemerintah. Namun ada banyak warga sekitar yang menjajakan makanan dan tempat menginap di rumahnya untuk para pendaki di Gunung Karang. Jika Anda memiliki keinginan untuk berwisata ke Gunung Karang maka berikut ini ada beberapa informasi mengenai Gunung Karang:

Baca Juga: Gunung Pulosari, Wisata Alam Andalan Pandeglang Banten

Akses Menuju Ke Gunung Karang
Gunung Karang adalah gunung di Banten yang aksesnya termasuk mudah. Jika Anda berangkat dari daerah Jakarta, maka Anda bisa mencapainya sekitar 2 jam perjalanan. Anda bisa menuju ke sana dengan menggunakan bus atau pun kendaraan pribadi juga memungkinkan untuk digunakan agar Anda bisa menuju ke Gunung Karang. Tapi sekali lagi karena di Gunung Karang belum ada fasilitas wisatawan yang memadai maka dari itu sebaiknya sebelum Anda mencapai Gunung Karang, Anda beli semua keperluan yang mungkin Anda butuhkan saat berada di sana.

Jalur Pendakian Ke Gunung Karang
Apabila Anda berminat untuk melakukan pendakian di Gunung Karang maka ada dua jalur yang biasanya digunakan oleh para pendaki. Pertama ada Trayek Barat atau jalur Kaduengang. Trek ini adalah trek yang paling sering digunakan oleh para pendaki yang datang ke Gunung Karang. Mengapa trek barat ini menjadi favorit di kalangan pendaki? Hal tersebut dikarenakan trek pendakian ini cukup pendek waktu pendakiannya namun termasuk menantang juga jalannya. Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pendakian gunung tidak perlu khawatir karena meski menantang namun trek ini cukup aman untuk dilewati oleh siapa saja. Sebelum Anda mendaki sebaiknya Anda periksa bagaimana cuacanya, jika terasa tidak memungkinkan maka sebaiknya ditunda dulu pendakiannya sampai cuaca kembali membaik. Biasanya jika Anda menggunakan trek barat untuk mendaki, maka Anda bisa mencapai puncak Sumur Tujuh sekitar 4 sampai 6 jam.

Kemudian trayek kedua yang tersedia di Gunung Karang adalah trayek Selatan atau trek Pagerwatu, trek ini termasuk trek yang lebih landai dan tidak terlalu menantang seperti trek barat, namun demikian jika Anda menggunakan trek selatan Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai puncak. Waktu yang akan Anda butuhkan untuk mencapai puncak melalui trek selatan adalah sekitar 7 hingga 8 jam. Tentunya sangat melelahkan untuk mendaki selama itu. Maka dari itulah kebanyakan pendaki lebih suka menggunakan trek barat.

Foto: @yaserabdillah_

Spot Wisata Di Dekat Gunung Karang
Ada beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi saat Anda menuju ke Gunung Karang. Karena gunung ini termasuk subur kaki gunungnya maka ada beberapa spot wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di sana. Sepertinya bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang sudah berada di Gunung Karang dan ingin menikmati keindahan alam di sekitarnya. Pertama, ada Kampung Domba yang letaknya berada tepat di hutan lindung yang ada di lereng Gunung Karang, ketinggian Kampung Domba ini adalah sekitar 250 meter hingga 700 meter di atas permukaan laut. Karena cukup tinggi maka dari itu suhu di sana termasuk dingin. Daya tarik wisata yang ada di Kampung Domba adalah keindahan pemandangannya yang tak kalah dari keindahan pemandangan di Puncak Bogor.

Kemudian ada juga Pemandian Air Panas Cisolong yang merupakan sumber mata air belerang yang berada di kawasan Gunung Karang. Dengan suhu udara yang dingin mandi air panas tentunya adalah hal yang sangat menyenangkan. Pemandian Air Panas Cisolong ini bisa ditempuh dengan jarak 10 km dari Pandeglang. Satu lagi tempat wisata yang berada di dekat Gunung Karang adalah Kolam Renang Cikoromoy, yang jaraknya 12 km dari Pandeglang. Di kolam renang alam ini airnya sungguh jernih dengan pemandangan Gunung Karang yang indah.

Tips Berkunjung Ke Gunung Karang
Apabila Anda datang ke Gunung Karang untuk mendaki maka tentunya Anda harus menyiapkan fisik Anda sebaik mungkin untuk menghadapi jalur pendakian yang akan Anda tempuh dalam waktu yang lama. Anda juga harus melapor ke petugas di awal jalur pendakian dan sebaiknya bertanya apa saja yang harus Anda waspadai serta persiapkan untuk menghadapi jalur pendakian. Bawalah macam-macam keperluan yang sebaiknya sudah Anda beli sebelum memasuki kawasan Gunung Karang, karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di sekitar Gunung Karang belum ada fasilitas umum untuk wisatawan yang menyediakan perlengkapan mendaki. Kemudian saat mendaki hormatilah alam yang ada di Gunung Karang, jangan merusak dan berbuat seenaknya yang merugikan alam di sekitar.

Please rate this