Gunung Pulosari, Wisata Alam Andalan Pandeglang Banten

oleh
Foto:http://petualangbijak.blogspot.com

Gunung.id, Banten – Siapa yang tidak tahu keberadaan Gunung Pulosari yang sudah hist dikalangan pendaki area Banten raya. Walau belum pernah mengalami erupsi status gunung ini adalah gunung aktif dimana terdapat kawah yang menunjukkan aktifitas gunung Pulosari.

Baca Juga: 3 Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango

Foto: @yopiharyandi

Gunung Pulosari sendiri memiliki ketinggian 1346 Mdpl, banyak pendaki yang menyamakan jalur treknya seperti gunung cikuray namun dibeberapa spot setelah kawah  ada beberapa trek yang landai jadi tidak sama seperti cikuray via pemancar yang hampir tidak ada bonus sampai ke puncak gunungnya. Menurut sejarah gunung pulosari adalah gunung yang dikeramatkan oleh penduduk sekitar sebab Sunan Gunung Jati dan putranya pernah tandang ke sini sebelum menaklukan kerajaan Banten Girang ditambah adanya bola api yang menunjukkan para pendaki yang tersesat serta suara misterius yang menyelimuti dikala malam hari.

Bagi kamu yang ingin melakukan pendakian ke gunung pulosari sangat mudah rutenya , yang tinggal di Jakarta, Bogor atau Bandung bisa naik kereta atau bus nah untuk kamu yang kebetulan tinggal di Jakarta bisa naik bus jurusan labuhan kemudian turun di pertigaan Mengger (ongkos 40k) dari sini kamu bisa lanjutkan naik angkot ke pasar pari (ongkos 6k) dari pasar pari naik ojek sampai bascame (20k)  , untuk kamu yang naik kereta bisa turun bisa turun di rangkas kemudian ke terminal Mandala menuju ke Padeglang – Pasar Pari dan ikutin rute yang sama dengan angkot diatas.

Setelah kamu sampai di bascame segera urus simaksi atau retribusi masuk gunung pulosari dengan membayar sebesar 10k/user untuk lebih jelasnya kamu bisa kontak penjaganya perihal tiket masuk gunung pulosari dengan nomor yang dapat dihubungi berikut ini: 0812 1375 7960 .

Estimasi waktu pendakian gunung pulosari dari tempat perizinan ke puncak membutuhkan waktu kurang lebih 3 -4 jam tergantung fisik dan mental para pendaki, untuk kamu yang suka mendaki tentunya waktu segitu tidak terlalu lama. Hal yang menjadi daya tarik gunung ini adalah adanya curug putri yang tidak jauh dari bascame seperti foto dibawah ini sebagai tempat beristirahat dikala sudah capek berjalan.

Foto:Hendi Jefri

Selain curug kamu juga akan disuguhkan kawah gunung pulosari yang mana untuk dapat menikmati kawah dari air terjun putri dibutuhkan kurang lebih trekking 1,5 jam lamanya.

Foto:@mulyadi_yadi1211

Kawah gunung pulosari juga dijadikan para pendaki tempat area camp , untuk mencapai puncaknya kamu bisa memilih jalur yang biasa atau terjal sesuaikan fisik kamu saja atau mau campe saja menikmati indahnya kawah pulosari paginya baru summit ke puncak dengan estimasi waktu sampai puncak dari kawah kurang lebih 60 menit , Kawah gunung pulosari berada di ketingian 1070 Mdpl dan terdapat pedagang yang menyajikan makanan ringan disini jadi bagi pendaki yang logistiknya habis bisa jajan.

Demikian informasi singkat tentang Gunung Pulosari dari jalur pendakian, estimasi waktu serta transportasi menuju bascame gunung pulosari semoga informasi sedikit ini dapat membantu buat kamu yang ingin melakukan pendakian ke gunung pulosari dalam waktu dekat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *