Jalur Pendakian Gunung Ciremai via Palutungan

oleh -140 views
Foto: @arrafyfauzan

Gunung.id, Kuningan – Pendakian gunung ciremai memang memiliki keunikan tersendiri pasalanya banyak pendaki yang suka bercerita tentang misteri di Gunung Ciremai dari ada penampakan, tida boleh buang air kecil sembarangan hingga suara menyeramkan di Goa Walet.

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 Mdpl dan merupakan gunung teringgi di Jawa Barat atapnya Jabar kalo orang bilang mah, bila kamu ingin melakukan pendakian gunung ini banyak sebenaranya jalur pendakian gunung ciremai bisa lewat Linggar, Palutungan, Apuy dan Linggasana, ke empat jalur ini resmi dan legal karena sudah tercantum mesra di website resmi Taman Nasionla Gunung Ciremai. Kali ini kita akan bahas sedikit saja gak usah banyak-banyak nanti mabok bacanya perihal jalur pendakian gunung ciremai lewat palutungan, bagi kamu yang baru mengenal dunia pendakian serta ingin mencoba mendaki gunung ciremai jalur ini sangat diajurkan karena cukup bersahabat dengan pendaki pemula dibandung jalur linggar dan linggasana 11 12 dengan Apuy jalur Palutungan.

Untuk bisa sampai di kuningan bagi kamu yang dari luar kota misalnya Jakarta, Bandung atau Surabaya bisa menggunakan bus ke Kuningan dan untuk tarif bus Jakarta -Kuningan berkisaran 80k setelah sampai kuningan kamu naik angkot menuju bascame patulungan dengan biaya ongkos naik angkot kurang lebih 20k , lokasi tepatnya jalur ini berada di Dusun Palutungan, Desa Cisantana, Kec.Cigugur, Kuningan, Jawa Barat.

Loading...

Setelah kamu samapi di bascame Patulungan kamu segera mengurus simaksi pendakian gunung ciremai dimana untuk restirbusi atau tiket masuk pendakian gunung ciremai sebesar 50k dan harga ini termasuk makan sekali mau diambil mau nanjak apa habis nanjak enakin saja yang penting dapat jatah nasih 😀 . Setalah selesai mengurus simaksi lest Go .. go kita mulai mendaki gunung ciremai yang indah ini.

Foto:@kanianuryanti_

Estimasi waktu pendakian via palutungan:

Pendakian Via Palutungan
1 Pos 1 Pos 2 30 menit
2 Pos 2 (Kuta) – Pos 3 (Pangguyangan Badak) 50 menit
3 Pos 3 Pos 4 (Arban) 50  menit
4 Pos 4 – Pos 5 (Tanjakan Asoy) 30 menit
5 Pos 5 – Pos 6 (Pasanggrahan) 60 menit
6 Pos 6 -Pos 7 (Sanghyang Ropo) 55menit
7 Pos 7 – Pos 8 Goa Walet 60 menit
8 Pos 8 – Puncak Ciremai 30 menit

Untuk bisa sampai ke puncak ciremai membutuhkan waktu kurang lebih 6 -8 jam semua ini teragntung fisik dan mental para pendaki itu sendiri, melengka pendakian kamu ke ciremai jangan lupa mampir di destinasi wisata sekitar patulungan semisal air terjun putri atau disebut curug putri.

Demikian infor singkat perihal jalur pendakian gunung ciremai via Patulungan, semoga infotmasi sedikit ini dapat membantu buat kamu yang mau melakukan pendakian gunung ciremai dalam waktu dekat. Ingat ia selalu jaga kebersihan gunung dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta tidak boleh vadalisme (oret-oretan).