Pendakian Gunung Anjasmoro dari Cangar dan Wonosalam Jombang

oleh -347 views
Foto:@lisdatrijianto

Gunung.id, Mojokerto – Gunung Anjasmoro merupakan gugusan pegunungan yang membentang di 3 Kabupaten meliputi Mojokerto, Jombang dan Kota Batu (Malang). Ketinggian gunung anjasmoro 2282 Mdpl yang mana untuk bisa samai puncak kamu bisa menggunkan 2 jalur pendakian yaitu via canger dan Wonosalam.

Baca Juga: 4 Jalur Pendakian Gunung Arjuno Yang Siap Menyambut Kedatanganmu

Untuk kamu yang berminat mendaki gunung anjamoro kita akan memberikan informasi sedikit tentang jalur pendakian gunung anjasmoro yang pertama adalah jalur cangar yang mana ini masuk Taman Hutan Raya Raden Soeryo atau disebut bekenya Tahura R.Soeryo , Tahura masuk kawasan Mojokerto, Malang, Pasuruan ,Jombang dan Batu. Tahura juga menjadi titik awal pendakian gunung Arjuno, Welirang dan Anjasmoro dan untuk pendakian ke Anjasmoro via cangar dikenakan biaya retribusi sebesar 10k untuk warga Indonesia raya dan 25k untuk warga asing.

Loading...

Pendakian gunung anjasmoro via cangar kamu bisa hub. Bapak Eko (082234604229) beliau ini adalah penjaga pos pendakian di Tahura dan untuk melakukan pendakian yang belum pernah kesini bisa menghubungi Bapak Marsudi (082335865182) beliau yang sering naik turun ke punak anjasmoro. Tis pendakian ke gunung anjasmoro via cangar gunakan sepatu gunung model mid weigth Boot pasalnya jalur pendakian via cangar sangat rimbun kamu akan melewati semak sepanjang jalur maka dari itu sangat disarankan menggunakan sepatu jenis Boot agar lebih safety, selain itu kamu harus memakai jaket gunung, dan tidak lupa celana gunung usahakan yang panjang . Pendakian gunung anjasmoro menghabiskan waktu kurang lebih 2,5 jam dari pabrik jamur (Cangar) .

Foto:@fergie_al

Untuk  jalur kedua yaitu via wonosalam Jombang  lebih tepatnya berada di Carangwulung, Segunung, Jombang. Untuk bisa sampai dititik awal pendakian bagi yang dari luar kota misalnya Jakarta, Bandung atau surabaya bisa naik bus menuju Jombang untuk kamu yang dari Jakarta naik kereta saja yang dari Bandung sama kereta saja turun di Surabaya juga boleh kemudian lanjut dengan bus menuju Jombang kalo tidak mau ke surabaya yang langsung ke Jombang monggo tiket kereta Jakarta -Jombang 104k (gayabarumalam) setelah sampai jombang bisa ojek ke desa Segunung titik awal pendakian , jarak ST.Jombang ke desa Segunung kurang lebih 39Km dapat ditempuh dengan waktu sejam perjalanan ongkos ojek silahkan tawar kurang lebih 50k. Patokan untuk menemukan pos pendakian adalah Masjid Jabal Nur. Jika sudah sampai di pos pendakian kamu selanjutnya mengurus simaksi pendakian gunung anjasmoro yang mana kamu harus membayar retrisbusi sebesar 5k untuk pendakian dan parkir motor jika bawa motor dikenakan 10k.

Pendakian gunung anjasmoro via Carangwulung berbeda dari cangar kalo dari sini sudah ada nama-nama pos dari satu sampai ke puncak jadi tracknya sudah jelas.

Baca Juga: Gunung Joko Munjung (Puncak Watu Jengger) Mojokerto

Berikut estimasi pendakian gunung anjasmoro via Carangwulung:

No Pendakian Gunung Anjasmoro Waktu Mendaki
Pendakian Via Wonosalam
1 Bascame – Pos 1 (Kancil) 40 menit
2 Pos 1 -pos 2 (Salwa) 50 menit
3 Pos2 – pos 3 (Bambu) 60  menit
4 Pos 3 -Pos 4(Puncak Bayangan) 70 menit
5 Pos 4 – Puncak Anjasmoro 20 menit

Dari tabel diatas untuk bisa sampai di puncak gunung anjasmoro dari wonosalam kurang lebih memakan waktu 3 -4 jam tracking.

Baca Juga: 5 Jalur Pendakian Gunung Rinjani, Yang Siap Kamu Coba

Demikian infor singkat tentang pendakian gunung anjasmoro, semoga info ini dapat membantu buat kamu yang lagi nyari informasi tentang jalur pendakian gunung anjasmoro via cangar mapun dari wonosalam. Selalu jaga kebersihan gunung yang kamu daki karena alam ini milik bersama dengan kita selalu menjaga ekosistem alam akan memberikan dampak yang positif tentunya misalnya memberi candangan air yang luar biasa.