4 Jalur Pendakian Gunung Arjuno Yang Siap Menyambut Kedatanganmu

oleh

Gunung Arjuno atau terkadang disebut juga dengan gunung Arjuna yang merupakan salah satu gunung yang berada di provinsi Jawa Timur. Gunung Arjuno ini memiliki ketinggian puncak mencapai 3.339 mdpl dan menempati posisi kedua tertinggi di Jawa Timur setelah gunung Semeru yang berada pada posisi pertama. Untuk jalur pendakian Gunung Arjuno ini bisa ditempuh atau dicapai dengan melewati 4 jalur pendakian seperti dibawah ini.

Ada 4 Jalur Pendakian Gunung Arjuno

Bagi para pendaki pastinya sudah tak asing lagi dengan Gunung Arjuno. Bagaimana tidak? gunung tertinggi kedua yang berada di Jawa Timur ini tentu sangat menarik perhatian khususnya bagi para pendaki gunung. Tapi tahukah Anda bahwa jalur pendakian Gunung Arjuno ini bisa dilewati dengan 4 jalur pendakian? Nah, jalur apa saja itu berikut bisa Anda lihat dan baca.

1. Jalur Tretes

Tretes adalah tempat wisata atau hutan wisata. Disana juga terdapat air terjun yang sangat indah yang dapat Anda lihat ketika Anda melewatinya yaitu air terjun kakek Bodo. Tak hanya itu saja, jalur ini memang banyak dipilih oleh para pendaki gunung karena memang jalur ini memiliki track yang bisa dibilang tidak terlalu menanjak. Selain itu dengan melewati jalur Tretes ini Anda juga dapat mendaki Gunung Welirang, karena nanti pada saat melewati jalur ini Anda akan menemukan sebuah persimpangan dimana Anda bisa menuju puncak Gunung Welirang pada saat di tengah-tengah perjalanan Anda.

Perjalanan dari Tretes menuju puncak Gunung Welirang bisa memakan waktu 7 sampai 8 jam. Nah, apabila Anda ingin melanjutkan perjalanan menuju Gunung Arjuno maka setelah Anda sampai di pucak Gunung Welirang Anda bisa berjalan turun sekitar kurang lebih 10 menit tepatnya ke arah selatan. Pada saat menuju gunung Arjuno Anda akan melewati hutan seperti hutan cemara dengan melewati juga sebuah jurang serta pinggiran gunung Kembar Idan dan Gunung Kembar II. Disini Anda akan berjalan selama 6 sampai 7 jam maka setelah itu Anda akan sampai pada puncak Arjuno.

1. Jalur Lawang

Jalur selanjutnya Anda bisa mendaki Gunung Arjuno dari kota Lawang. Tak hanya itu saja jalur ini merupakan jalur yang terbilang praktis karena kota Lawang sangat mudah sekali Anda tempuh baik itu dari arah Surabaya ataupun Malang. Selain itu puncak Gunung Arjuno ini juga dapat Anda tuju langsung dari arah ini. Pendakian ke puncak akan dimulai dari desa Wonorejo menuju ke perkebunan teh yang berada di desa Wonosari sejauh 3km. Disini perjalan yang Anda tempuh akan memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam maka setelah itu Anda akan sampai di Oro-Oro Ombo yang merupakan salah satu tempat berkemah.

Dari tempat ini menuju puncak akan membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan dan melewati hutan lebat yang disebut juga dengan hutan Lali Jiwo. Setelah Anda melewati hutan tersebut Anda juga akan melewati padang rumput yang jalanannya cukup menanjak atau curam. Mendekati puncak, Anda akan melewati batu-batu yang terbilang sangat banyak dan selain itu setelah melewati itu semua Anda nantinya juga akan menjumpai tanaman yang sangat indah serta Anda akan mencapai puncak Gunung Arjuno.

1. Jalur Purwosari

Jalur purwosari juga bisa Anda tempuh menuju Gunung Arjuno. Awal pendakian akan dimulai dari desa Tambak Watu dengan melewati jalan setapak. Setelah itu Anda juga akan melewati hutan Pinus yang tertata sangat rapi.  Setelah Anda berjalan selama 1 jam Anda akan menemukan sebuah Gua yaitu Gua Antaboga kemudian Anda juga akan menemukan Petilasan Eyang Abiyasa yang nantinya akan Anda tempuh selama perjalanan 1 jam 30 menit.

Lalu Anda akan berjalan lagi sekitar 10 menit hingga sampai ke Situs Eyang Saktri dimana tempat ini berupa cungkup tertutup yang menghadap ke barat dan terbuat dari kayu. Kemudian dari Situs Eyang Saktri menuju situs Eyang Semar Anda akan menempuh perjalanan 1 jam 15 menit. Tempat ini dikenal paling angker, jadi bagi Anda yang ingin menginap atau beristirahat di lokasi tersebut maka sebaiknya dihindari. Kemudian Anda bisa berjalan sekitar 8 sampai 9 jam setelah melewati beberapa lokasi maka Anda akan sampai ke Puncak Gunung Arjuno.

1. Jalur Batu

Jalur terakhir menuju Gunung Arjuno Anda bisa melewati jalur pendakian dari arah Batu. Jalur ini terletak di bagian sebelah barat Gunung Welirang yang juga merupakan salah satu jalur yang pastinya sangat menarik dan menyenangkan. Jika Anda melewati jalur ini maka Anda akan melihat panorama keindahan yang akan membuat Anda menjadi sangat senang dan pastinya tidak akan terlupakan.

Pendakian melewati jalur batu ini akan diawali dengan melewati jalur setapak, kemudian Anda akan memasuki hutan Rimbun. Setelah Anda menempuh perjalanan selama 6 jam, Anda akan sampai di sebuah persimpangan dimana jalan pada sebelah kiri bisa sampai di puncak Gunung Welirang jika Anda tempuh selama 2 jam kemudian pada jalur sebelah kanan apabila Anda tempuh selama 4 jam Anda bisa sampai pada puncak Gunung Arjuno dan pastinya setelah Anda melewati puncak Gunung Kembar I. Jadi jika dihitung maka total waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke puncak Gunung Arjuno dapat memakan waktu sekitar 10 jam apabila Anda melewati jalur Batu tersebut.

Diatas ada beberapa informasi mengenai jalur pendakian Gunung Arjuno yang dapat Anda tempuh dengan melewati 4 jalur seperti diatas.